Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Sekolah Murah di SMK MHS Batam

Hanya Rp500 Ribu, Terakreditasi A

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

INGIN mendapatkan dan memasukkan anak ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Informasi Teknologi (IT) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berkualitas dengan uang masuk murah? Pilihan paling tepat ada di Multi High School (MHS) yang beralamat Jalan Kuda Laut Kaveling 121 Kelurahan Jodoh, Kecamatan Batuampar, Batam.

SMK MHS. Ru 22 Jan 2014. F Suprizal Tanjung image

Gerbang SMK MHS, di Jalan Kuda Laut Kaveling 121 Kelurahan Jodoh, Kecamatan Batuampar, Batam, Rabu (22/1 / 2014). F Suprizal Tanjung

Untuk SMP IT yang mulai beroperasi tahun 2011 itu, uang sekolahnya Rp250 ribu per bulan. Kini SMP IT hanya membuka dua kelas. Lalu, uang masuk SMK MHS yang mulai berdiri 21 April 2007 lalu itu Rp500 ribu. Uang sekolah jurusan Akunting SMK MHS Rp400 ribu per bulan, dan jurusan software Rp450 ribu per bulan.

SMK MHS yang berada di bawah naungan Yayasan Manunggal Cipta Rasa Karsa dan Karya  itu memiliki beberapa kelebihan. Beberapa di antaranya adalah, setiap pelajar mendapatkan komputer ketika belajar dan praktek. Tiap kelas yang berisi 26 pelajar tersebut memiliki Air Conditioning (AC), dan satu toilet. Memiliki empat laboratorium.

‘’Tahun 2012 ini, SMK MHS membuka jurusan hardware,’’ sebut Pembina Yayasan Manunggal Cipta Rasa Karsa dan Karya  Bambang Soediono, di SMK MHS, Selasa (31/1/2012).

Bambang yang juga mantan Ketua KONI Batam itu melanjutkan, murahnya pendidikan di SMP IT MHS dan SMK HMS bukan berarti mengabaikan kualitas. Murah tidak berarti murahan. Murah karena niat yayasan ini keras membantu Pemko Batam di bidang pendidikan. Murah karena lahan, dan gedung sekolah milik sendiri, bukan menyewa.

’’Jadi, kalau biaya sekolah itu tidak pantas mahal, ya kenapa harus ditinggikan. Itu jelas memberatkan masyarakat. Kita tidak melakukan itu,’’ papar Bambang.

Bambang menambahkan, mereka memiliki 24 guru, terdiri dari enam perempuan 17 lelaki dan mengajar 240 pelajar. Di lahan seluas satu hektare  ini terdapat musala, panggung teater, kantin, lapangan parkir, mess guru, dan lapangan olah raga.

Kepala SMP dan SMK MHS Eldiana SPd atau Yana menambahkan, sekolah mereka telah mendapatkan akretaditasi A dari Dinas Pendidikan Batam dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Tahun 2012 ini, mereka berupaya mendapatkan ISO TUV Rieanland 2008-9001 dari Jerman. ISO ini diberikan untuk sekolah yang memenuhi kualitas administrasi, program pendidikan, sistem pendidikan, pemilikan lahan, peralatan sekolah dan lainnya.

Ibu dua anak ini menambahkan, di SMK MHS, pelajar diajarkan cara membongkar dan memasang komputer, program komputer. Khusus program komputer, para pelajar telah mampu membuat program barang pada sebuah perusahaan, jadwal piket, jadwal belajar, jadwal mengajar guru, dan lainnya.

Pelajar di SMK MHS, lanjut alumnus jurusan Ekonomi di IKIP Padang (1996-2002) ini, mencatat beberapa prestasi. Arif mewakili Provinsi Kepri pada Lomba Kompetisi Siswa (LKS) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) tingkat nasional di Jakarta, Mei 2009 lalu.

‘’Kemudian, Yuliana juara kedua pada Lomba Kompetisi Siswa (LKS) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) se Kepri di Tanjungpinang pada Maret 2011 lalu. Yuliana kini melanjutkan pendidikan lebih tinggi di New Zealand,’’ sebut kepala sekolah kedua di SMK HMS dan masuk pada Januari 2010 lalu.  ***

About these ads

May 19, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: