Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Kuliah di Universitas Putera Batam Bisa Mencicil

Selesaikan Pascasarjana lewat Kredit di Bank Putera Batam

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

MANAJEMEN Universitas Putera Batam (UPB) dan STMIK Putera Batam memberikan kemudahan bagi para mahasiswanya. Kepedulian tim kreatif UPB dan STMIK diberikan pada mahasiswa agar bisa mencicil biaya kuliah selama enam kali, dalam satu semester (enam bulan).

Univ Putera Batam. Ks 21 Juli 2011. F Suprizal Tanjung (20) image

Kampus UPB, Batuaji, Kamis 21 Juli 2011. F Suprizal Tanjung

‘’Kebijakan keringanan membayar uang kuliah dengan mencicil selama enam kali ini adalah satu-satunya di Provinsi Kepri,’’ sebut Rektor  UPB Ir Drs Adji Djojo MM di kampus UPB dan STMIK Putera Batam, Batuaji, Batam, Kamis (21/7/2011).

Univ Putera Batam. Ks 21 Juli 2011. F Suprizal Tanjung (33) image

Kampus UPB, Batuaji, Kamis 21 Juli 2011. F Suprizal Tanjung.

Adji yang sebentar lagi meraih gelar Doktor itu melanjutkan, kemudahan ini juga diberikan kepada 3.800 mahasiswa UPB dan STMIK lainnya. Begitu juga 1.100 alumnus UPB dan STMIK sudah merasakan manfaat dari keringanan mencicil biaya pendidikan yang dipersembahkan UPB dan STMIK untuk masyarakat di Bunda Tanah Melayu ini.

Adji yang juga pembina STMIK ini melanjutkan, lembaga ini mendapat juga dukungan penuh dari Pemprov Kepri. Terbukti, Wagubkepri HM Soerya Respationo memberikan beasiswa prestasi untuk delapan mahasiswa UPB/STMIK, di aula kampus UPB, Rabu malam (20/7/2011).

UPB dan STMIK papar Adji, memiliki slogan Pembelajaran Aktif Kreatif Tepat Waktu (PAKTW). Upaya nyata slogan pembelajaran tiada henti diwujudkan pula dengan memberikan kemudahan bagi mahasiswa pasca sarjana di STMIK Putera Batam. Mahasiswa dan calon mahasiswa pascasarjana bisa mendapatkan pendidikan S2 lewat kredit di Bank Pembangunan Rakyat (BPR) Putera Batam.

Total biaya kuliah di S2, kata Adji, hanya Rp32.260.000. Calon mahasiswa, bisa tidak membayar langsung, tapi membayar Rp1.360.000 per bulan lewat BPR Putera Batam.  Cicilan tersebut dibayar selama 20 kali (bulan). Mahasiswa S2 kuliah hanya kuliah selama tiga semester (18 bulan). Artinya, meski mahasiswa belum melunasi uang kuliah (cicilan), tapi mereka sudah bisa meraih gelar pascasarjana.

‘’Mana ada perguruan tinggi di Negeri Melayu ini yang memberikan kemudahan pembayaran/ cicilan biaya kuliah kepada mahasiswa S1 dan mahasiswa pascasarjana. Di STMIK Putera Batam dan UPB tidak hanya meraih keuntungan semata. Kita juga punya tanggungjawab moral membantu masyarakat dan mencerdaskan masyarakat lewat pendidikan berkualitas, sesuai standar nasional, namun tetap memadukannya dengan nilai-nilai sosial lewat beasiswa dan aneka kemudahan,’’ tegas Adji.

Untuk diketahui, papar Adji, sejarah UPB dimulai dari Akademi Bahasa Asing (ABK) dan STMIK Batam yang beroperasi  di Nagoya, pada November 2002 lalu. Lembaga tadi kemudian berkembang menjadi UPB sejak Agustus 2008 lalu. STMIK yang sekarang diketuai Tonny Wangdra dan UPB beberapa kali pindah kampus. Kini, lembaga pendidikan ini menempati gedung permanen seluas enam hektare di Batuaji, tepat di depan Mall Top 100 Tembesi, Batuaji, Batam.

Sekarang, sebut Adji, UPB memiliki beberapa program S1, dengan jurusan Sistem Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Administrasi Negara, Sastra Inggris, Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, dan Hukum. Ada juga prgoram Diploma 3,  dengan jurusan Bahasa Inggris.

Kemudian, STMIK Putera Batam, memiliki program sarjana S1 dengan jurusan, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi. Program diploma D3 dengan jurusan Manajemen Informatika, dan Komputerisasi Akuntansi. Lalu ada program pascasarjana dengan jurusan Manajemen Sistem Informasi.  Program ini , satu-satu ad di kepri.  ***

About these ads

May 20, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

1 Comment »

  1. terima kasih informasinya sangat bermanfaat,
    di UPB ini bisa tdk melanjutkan atau transfer dari D3 Ke S1 ?

    Comment by Nobel Kurniadi | January 2, 2014 | Reply


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: