Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

TPQ-MDA Darussalam Wisuda 44 Santri

Lembaga Pendidikan Reguler dan Islami Plus di Batam

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

TAMAN Pendidikan Alquran (TPQ) dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Darussalam Batam mengadakan acara Wisuda Santriwan dan Santriwati ke-10, di aula Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Darussalam, di Komplek Pendidikan Yayasan Darussalam Batam, Taman Jaya Asri, Batuaji, Minggu (27/5/2012 ). Jumlah kelulusan kali ini adalah 44 santri dari 360 santri yang sedang menimba ilmu di lembaga pendidikan ini.

Mengaji TPA Nurul Huda, Sa 19 Juni 2012, F Suprizal Tanjung image (2)

Sejak kecil, anak-anak Muslim diajarkan berdoa, salat, mengaji, dan berbagai akhlak Islami lainnya. Nampak, anak-anak belajar membaca dan menulis Alquran di Taman Pendidikan Alquran (TPA) Nurul Huda, di Kaveling Seitering  Blok E2 nomor 34, Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar, Selasa 19 Juni 2012. F Suprizal Tanjung

Hadir di acara ini Ketua Majelis Ilama Indonesia (MUI) Kepri HT Azhari Abbas, Camat Batuaji Drs Rinaldi, KAU Batuaji Budi Darmawan, Lurah Buliang Drs Kasenda, Ketua BMG Batuaji Safari Ramadhan, Sekretaris Korwil ESQ Kepri Drh Sugeng Riyadi, Ketua Yayasan Darussalam Drs Muchtarruddin,  pengurus Yayasan Darussalam, dan seluruh wali santri.

Kepala Sekolah TPQ–MDA  Riyanti dalam sambutannya menyebutkan, wisuda bukanlah tamat belajar di TPQ dan MDA. Ini merupakan syarat mencapai jenjang selanjutnya.

Muchtarruddin menyebutkan bahwa Yayasan Darussalam Batam berdiri tahun 1997. Kini mempunyai 95 guru dan 1.700-an siswa mulai tingkat Play Group (PG) sampai SMP IT. Sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Darussalam di samping mengandalkan pendidikan reguler (umum), juga mengutamakan akhlak, etika Islam, dan berbagai pendidikan Islam lainnya.

Muchtarruddin mengucapkan terimakasih pada wali santri yang mempercayakan anak-anaknya mendapatkan pendidikan reguler (umum) ditambah pendidikan Islami di Darussalam. Dari waktu ke waktu, Darussalam terus meningkatkan fasilitas dan kualitas sekolah. Kini, sekolah di Darussalam semakin diakui, dipilih masyarakat sebagai tempat menimba ilmu, dan diakui sebagai sekolah plus (punya nilai lebih, red) dibandingkan sekolah  lainnya di Batam, terutama Batuaji.

Untuk informasi, SD IT Darussalam 01 telah menutup pendaftaran tahun ajaran 2012-2013 pada Maret 2012 dengan daya tampung 6 lokal. Para guru di Darussalam lanjut Muchtarruddin terus di-up grade intelektualnya dalam berbagai pelatihan dan pendidikan. Dampaknya, guru semakin berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat untuk meluluskan siswa yang punya  intelektual tinggi, dan ber-akhlakul karimah.

Wawasan dan pengetahuan guru dan para wali semakin bertambah dengan ceramah Azhari Abbas yang menyampaikan cara mendidik anak sebagaimana dicontohkan para nabi dan rasul.

Sebelumnya, Darussalam Batam menggelar Pentas Seni dan Pelepasan Siswa Raudatul Athfal (RA) Darussalam ke-11, di aula Unrika Batuaji Batam, Sabtu  (26/5/2012). Siswa lulus berjumlah 230 siswa dari 323 siswa yang belajar baik TK-A maupun TK-B.

Kelulusan yang masuk ke SD pada tahun ini berjumlah 228 siswa dimana 60 persennya melanjutkan ke SD IT Darussalam Batam.

Untuk diketahui, sekolah RA Darussalam ini adalah salah satu Taman Kanak-Kanan (TK)  paling tua di Batam khususnya di Batuaji.

Acara dihadiri Ketua Pembina ESQ Kepri yang juga anggota DPRD Batam Rekaveny Suryo, Team Tabina Kepri, Ketua Ikatan Guru Raudatul Athfal (IGRA) Batam, Ketua Yayasan Darussalam Muchtarruddin, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darussalam Marno, imam Masjid Darussalam ustaz Rozikin, Kepala Sekolah RA Darussalam Liza Desi Listrantri, sejumlah guru, dan wali siswa.

Rekaveny Soeryo menambahkan, Darussalam telah berkerja sama dengan ESQ untuk pendidikan karakter di sekolah dan langsung mengadakan MoU dengan Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ 165). Kerja sama semakin mempekokoh posisi sekolah di Darussalam sebagai lembaga pendidikan terpercaya dan menjadi rujukan positif di sektor pendidikan. ***

About these ads

May 30, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: