Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Silat Minang Rambah Dunia Internasional

Selamat siang sahabat silat semuanya.

Hanya sekedar uneg-uneg berbagi sedikit cerita tentang silat, salah satunya silat minang, bukan berarti silat -silat yang lainnya tidak lebih maju dan lebih baik dari silat minang, mohon maaf sebelumnya sahabat – sahabat pendekar nusantara lainnya.

silat-minang-emrq7iqb

Dua pendekar silat Minang sedang latihan.

Saat ini silat minang sudah merambah pesat pasaran internasional, terbukti diberbagai belahan negara-negara maju di dunia sudah banyak bermunculan pendekar-pendekar silat minang  yang berambut pirang dan bermata biru dari berbagai perguruan silat minang di luar negeri, salah satunya yang saya kenal yaitu saudara eric kruck yang waktu itu pernah berkunjung ke tempat saya bekerja dibandung karena kalau ga salah istrinya orang bandung,

kebetulan saya bekerja disebuah lembaga sosial yang menyantuni anak – anak yatim dan dhuafa, dan waktu itu Mr.eric ini juga ikut berpartisipasi menyumbangkan donasinya dilembaga sosial tempat saya berkiprah, udah jago dermawan lagi, dan dia menghibur anak – anak asuh kami dengan menampilkan atraksi silat minang di salah satu asrama kami di bandung, Mr.eric ini sudah sangat menjiwai dan menguasai silat harimau baringin sati dari sumatera barat ini,saya sebagai orang minang asli disamping bangga juga agak sedikit iri dengan keahlian silat minang dari Mr.eric ini,

beliau yang notabenenya orang asing saja bisa mencintai sedemikian rupa terhadap budaya minang budaya asli indonesia,bagaimana dengan kita kita sebagai generasi muda minang pada khususnya dan indonesia pada umumnya,harusnya kita malu dengan semangat mereka dalam belajar silat, bagaimana dengan kita sebagai putera – putera bangsa yang malah latah hanya menyukai beladiri orang asing dan memandang sebelah mata terhadap budaya asli bangsa kita, yang dianggap kunolah tidak elitlah dan lain sebagainya.

lama – lama silat akan diaku oleh orang lain sebagai budaya asli mereka sebagaimana yang sudah terjadi dengan kekayaan budaya kita yang lainnya yang diaku oleh tetangga kita sebagai milik mereka, kalau sudah seperti itu baru kita seperti kebakaran jenggot dan mendatangkan penyesalan dan kekecewaan yang mendalam kenapa kita lalai dalam menjaga harta kekayaan intelektual bangsa kita yang sudah diwariskan turun temurun dari zaman nenek moyang kita, ayo generasi muda bangsa mari bangkit bersama untuk mencintai produk asli bangsa kita dan kita lestarikan bersama-sama agar tidak hilang ditelan zaman atau diboyong kenegara lain dan diakui sebagai budaya bangsa lain.

sedikit informasi tentang perkembangan silek minang diluar negeri:

Penyebaran silek di luar negeri

* Malaysia : Penyebaran Silek Minangkabau di Negeri Malaysia terjadi terutama akibat migrasi  penduduk Minangkabau ke Malaka pada abad ke 16 dan juga karena adanya koloni Minangkabau di Negeri Sembilan. Silek Pangian, Sitaralak, Silek Luncur juga berkembang di negeri jiran ini. Silat Cekak, salah satu peguruan silat terbesar di Malaysia juga memiliki unsur-unsur aliran silek Minangkabau, seperti silek Luncua, Sitaralak, kuncian Kumango dan Lintau di dalam materi pelajarannya, Posisi Malaysia yang rawan dari serangan berbagai bangsa terutama bangsa Thai membuat mereka perlu merancang sistem beladiri efektif yang merupakan gabungan antara beladiri Aceh dan Minangkabau. Beberapa peguruan silat menggunakan nama Minang atau Minangkabau di dalam nama peguruannya

* Filipina : Penyebaran Islam ke Mindanao, yang dilakukan oleh Raja Baginda, keturunan Minangkabau dari Kepulauan Sulu pada tahun 1390. Penyebaran ini mungkin akan mengakibatkan penyebaran budaya Minangkabau, termasuk silat ke wilayah Mindanao. Bukti-buktinya masih perlu dikaji lebih dalam

* Brunei Darussalam : Penyebaran Silek ke Brunei seiring dengan perjalanan bangsawan dan penduduk Minangkabau ke Negeri Brunei. Kajian hubungan silek Minangkabau dan Brunei masih dibutuhkan, namun yang pasti, para pemuka kerajaan Brunei memiliki pertalian ranji dengan raja-raja di Minangkabau. Ada dugaan bahwa Awang Betatar, pendiri kerajaan Brunei (1363-1402) yang gagah berani berasal dari Minangkabau karena gelar-gelar dari saudara-saudara beliau mirip dengan gelar-gelar dari Minangkabau, namun catatan tertulis diketahui bahwa migrasi masyarakat Minangkabau berawal dari pemerintahan Sultan Nasruddin (Sultan Brunei ke-15) tahun 1690-1710 yang ditandai dengan tokoh yang bernama Dato Godam (Datuk Godam) atau Raja Umar dari keturunan Bandaro Tanjung Sungayang, Pagaruyung.

* Austria : Peguruan sileknya bernama PMG=Sentak, dikembangkan oleh Pandeka Mihar

* Spanyol : Peguruan sileknya bernama Harimau Minangkabau, dikembangkan oleh Guru Hanafi di kota Basque.

* Belanda :
o Silek Tuo  dikembangkan oleh Doeby Usman,
o Satria Muda, dikembang oleh Cherry dan Nick Smith pada 1971. Mereka  adalah murid dari dari Guru W. Thomson.
o Pauh Sembilan, Silat dari Pauh Sembilan Kota Padang,

* Hongkong : Peguruannya bernama Black Triangle Silat dikembangkan Pendekar Scott McQuaid. Pendekar Scott adalah termasuk dalam jalur waris dari guru Hanafi, sama dengan Guru de-Bordes di Ghana.

* Amerika Serikat :
o Bapak Waleed adalah salah satu tokoh yang mengembangkan silek Minangkabau di USA.
o Baringin Sakti yang dikembangkan oleh Guru Eric Kruk

* Perancis : Peguruannya bernama Saudara Kaum dikembangkan oleh Haji Syofyan Nadar. Peguruan ini juga memiliki guru mengajarkan silat dari Tanah Sunda seperti Maenpo Cianjur (Sabandar, Cikalong dan Cikaret)  dan Silat Garis Paksi.

* Ghana, Afrika : Peguruannya bernama Harimau Minangkabau dikembangkan oleh Guru de-Bordes yang belajar ke Guru Hanafi  dengan permainan silat harimau.
demikian sedikit uraian tentang silat minang di pentas dunia,mohon koreksinya kalau ada yang kurang tepat infonya dari para sesepuh silat minang,mohon maaf atas segala keterbatasan saya secara pribadi.
wassalam

http://sahabatsilat.com/forum/silat-diskusi-umum/silat-minang-di-panggung-dunia/?wap

About these ads

July 22, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: