Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Polresta Barelang Buka Pendaftaran Taruna Akpol

Untuk Lulusan SMU Dari 9 Mei Sampai 3 Juni 2011

BATAM (BP) - Inilah kesempatan berkarier  muda mudi Batam yang baru lulus SMU sederajad maupun Madrasah Aliyah (MA) atau yang tahun 2011 memasuki kelas III di kepolisian. Sebab, Kepolisian Resort Kota (Polresta) Barelang, membuka pendaftaran taruna Akademi Kepolisian 2011 dari 9 Mei sampai 3 Juni 2011.

“Hal tersebut sesuai surat telegram Kapolda Kepri dari Mabes Polri yang diturunkan ke Polresta Barelang melalui saya. Surat tersebut bernomor ST/301/V/2011, tertanggal 11 Mei 2011,” ujar Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polresta Barelang, Kompol Syahrial, Kamis (12/5).

Syahrial mengatakan, pendaftaran awal peserta ini, nantinya melalui sistem on-line. Setelah peserta mengisi data yang ada di pendaftaran on-line, otomatis akan mendapat nomor register pendaftaran.

“Peserta yang mendaftar nanti, bisa langsung buka di situs kami http://www.penerimaan.polri.go.id. Dalam sistem on-line, semua petunjuk sudah lengkap. Tinggal diikuti saja dan diisi,” kata perwira melati satu dipundak ini.

Kenapa pendaftaran dibuat secara on-line? Sebab, kata Syahrial, agar Mabes Polri bisa mengakses dan memantau seberapa besar pendaftar yang masuk dan animo masyarakat berminat berkarier di kepolisian.

“Setelah mendapat nomor register, peserta bisa langsung datang ke Polres-Polres atau langsung ke Polda Kepri untuk mendaftar dan mengambil nomor register pendaftaran dan membawa persyaratan administrasi seperti ijazah,” terangnya.

Bagi SMU nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal untuk jurusan IPA adalah 6,15. Sedangkan jurusan IPS minimal 7.00.  Untuk yang masih kelas III ditahun ini, nilai rata-rata rapor semester I untuk IPA minimal 7.00. Sedangkan IPS 7,25 yang sudah disahkan kepala sekolah.

“Usia pada saat pendaftaran Akpol minimal 16 tahun sampai dengan 21 tahun. Tinggi badan untuk pria minimal 163 centimeter, dan perempuan 160 centimeter,” jelasnya.

Syahrial mengatakan, peserta lulusan luar Batam, minimal harus sudah pernah berdomisili di Batam minimal 1 tahun dengan dibuktikan KTP dan KK Batam. Pendaftaran Akpol ini tak dipungut biaya apapun.

“Sebab itu sudah sesuai aturan mabes Polri yang menginginkan perekrutan yang bersih akuntabel dan transparan,’ jelasnya. (gas)

About these ads

August 22, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: