Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Mengunjungi Masjid Jabal Arafah Batam

Asman: Ingin Jadi Pusat Wisata Religi 

MASJID tak sekadar tempat ibadah. Bagi pengurus Masjid Jabal Arafah, masjid merupakan lokasi pemberdayaan ekonomi umat.

Masjid Jabal Arafah, Minggu 23 Nov 2014, F Suprizal Tanjung (5) image

Masjid Jabal Arafah, Minggu (23/11/2014). F Suprizal Tanjung

Rombongan wanita naik ke atas panggung nonpermanen yang dibangun di Masjid Jabal Arafah, Nagoya, Sabtu (17/11/2012). Jumlah mereka 18 yang mengenakan gamis berwarna merah bata dan kerudung dengan warna senada mereka menyanyikan lagu Assalamualaikum ciptaan Opick.

”Assalamualaikum..ya akhi.. ya ukhti. Assalamualaikum..ya akhi.. ya ukhti,” begitulah lantunan awal lagu yang keluar dari mulut mereka.

Setelah lagu itu, kelompok vokal tersebut menyanyikan beberapa lagu islami lain. Salah satu di antaranya adalah tembang Insya Allah yang dipopulerkan Maher Zein.

Penampilan para wanita itu merupakan bagian dari Konser Religi yang diadakan oleh kelompok ibu Majelis Taklim Masjid Jabal Arafah yang berkolaborasi dengan Melody Music Centre. Konser yang bertema Allah The Way of Love itu adalah bagian dari tiga hari perayaan tahun baru 1 Muharam 1434 Hijriah yang dilangsungkan oleh Masjid Jabal Arafah.

Sejak Jumat (16/11/2012) Masjid Jabal Arafah mengadakan berbagai kegiatan di lingkungan masjid menyambut hari besar itu. Di hari Jumat, di halaman depan masjid diadakan bazar yang menjual berbagai kebutuhan seperti makanan, pakaian, kosmetik, dan buku-buku Islam. Menurut Ketua Yayasan Jabal Arafah, Wirman, sebanyak 15 UKM yang ikut dalam bazar itu.

“Bazar akan berlangsung sampai hari Minggu (18/11),” ujar Wirman.

Selain bazar, yayasan juga mengadakan pengobatan gratis pada anak-anak yatim. Dua orang dokter, yakni dr Puardi Jarius dan dr Thamrin Aziz. Puardi adalah pensiunan pegawai Pemko Batam yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, sedangkan Thamrin adalah pensiunan Otorita Batam.

“Kami sering melayani pemeriksaan kesehatan yang diadakan Yayasan Jabal Arafah,” kata Puardi. Tak berhenti sampai di situ. Jumat malam, jemaah masjid kedatangan Khairul Alwan, doktor yang juga Dosen Pasca Sarjana di Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga dalam acara Tabliq Akbar.

Kepada jemaah, Khairul memberikan ceramah mengenai Konsultan Metode Holistik dan Manajemen Syariah.

Tak cuma saat Tablig Akbar, Khairul juga memberikan tausiyah di sela-sela Konser Musik Religi pada Sabtu (17/11). Perayaan Tahun Baru Islam itu terus berlangsung hingga Minggu (18/11). Hari itu diisi dengan Festival Nasyid tingkat SMU dan Mahasiswa se-Kota Batam. Acara hari itu diakhiri pergelaran fashion show oleh remaja Masjid Jabal Arafah.

Aneka kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dalam rangka peringatan 1 Muharam merupakan langkah awal untuk memperkenalkan identitas Masjid Jabal Arafah. Menurut Ketua Dewan Pensihat Yayasan Jabal Arafah, Asman Abnur, masjid ini tak hanya menjadi tempat ibadah.

“Dari awal membangun masjid ini, kami ingin membangun masjid yang tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi menjadi tempat kegiatan seni, budaya, pendidikan, dan ekonomi,” ujar Asman, Jumat (16/11).

Kegiatan-kegiatan itu memang tidak dilakukan di dalam masjid. Namun dengan halaman yang luas dan berundak, kegiatan-kegiatan itu bisa dillakukan di halaman masjid.

Pengurus Masjid Jabar Arafah melihat banyaknya masyarakat yang datang ke masjid sebagai kesempatan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Karena itu, secara sadar mereka mengembangkan interaksi masyarakat itu sebagai modal bagi pengembangan usaha kecil menengah yang nantinya berjualan di situ.

Pengurus masjid sendiri sudah memiliki ruang bagi usaha makanan menjajakan hidangan. Namun saat ini masih dilakukan saat jam salat Jumat. Di samping itu, ada juga mini market yang dikelola pengurus masjid.

“Untuk bazar, kami berencana menggelar bazar kebutuhan tiap Jumat,” tambah pria yang juga anggota DPR RI itu.

Karena keinginan untuk mengembangkan ekonomi jemaahnya, dalam acara Tablig Akbar mereka mengundang Khairul yang  memiliki konsep pemberdayaan masjid terhadap ekonomi umat.

Sebagai masjid yang baru berdiri, perlu konsep-konsep inovatif dari pengurus untuk mengundang masyarakat menggerakkan denyut kegiatan masjid. Konsep itulah yang mereka tampilkan selama tiga hari perayaan Tahun Baru Islam itu. Berbagai kegiatan seni bernuansa Islam untuk ibu dan remaja adalah salah satu alternatif mengundang masyarakat.

”Masjid itu harus ada kegiatan tak hanya waktu salat, tapi sepanjang waktu,”  kata Ketua Yayasan Jabal Arafah Wirman. Lewat Festival Nasyid dan fashion show busana Muslim, pengurus masjid ingin mengundang para remaja menikmati kegiatan di masjid.

Saat ini, masjid yang rencananya dapat menampung 2.600 jemaah, masih dalam proses pembangunan. Saat ini baru satu lantai masjid dari rencana tiga lantai. Meski demikian, masjid sudah bisa digunakan sekitar 1.000 jemaah saat salat Jumat.

Sentuhan-sentuhan berbeda akan menjadi identitas Masjid Jabal Arafah. Selain keinginannya untuk mengembangkan usaha kecil jemaahnya, perpaduan teknologi akan mewarnai arsitekur masjid. Salah satu yang paling sederhana adalah pemasangan tangga berjalan (eskalator) untuk menuju masjid yang letaknya di daerah berkontur miring itu.

Asman berharap, geliat kegiatan di samping aktivitas ibadah di Masjid Jabal Arafah dapat terus berlangsung. Hal tersebut, ditambah dengan arsitekturnya setelah rampung dibangun, mendorong Asman untuk bercita-cita.

“Kami berharap Masjid Jabal Arafah dapat menjadi ikon wisata religi di Batam,” pungkasnya.

Tulisan:  Yermia Riezky

About these ads

November 22, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: