Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

STIKES Mitra Bunda Persada Mengabdi ke Masyarakat

PBL di Galang Baru, Kecamatan Galang

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

MAHASISWA Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mitra Bunda Persada (MBP) Batam melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Air Lingka, Kampung Baru, dan Tanjung Pengapit, Kelurahan Galang Baru, Kecamatan Galang, Batam, Minggu (5/5/2013) sampai Sabtu (25/5/2013).

Nelli Roza, STIKES MBP, 4 Mei 2013 Sabtu, F Suprizal Tanjung (1) image

Nelli Roza. F Suprizal Tanjung

‘’Kegiatan ini diikuti 82 mahasiswa. Kita semua berangkat menggunakan kendaraan milik STIKES MBP yaitu dua bus, satu mobil untuk dosen, dan satu unit truk mengangkut barang-barang,’’ papar Ketua STIKES MBP Batam DR Mawardi Badar, di Lantai 4 kampus STIKES MBP Batam, Jalan Seraya nomor 1, Kota Batam, Sabtu (4/5/2013).

Program PBL lanjut Mawardi, mendapat respon sangat besar dan positif dan Lurah Kelurahan Galang Baru, Camat Kecamatan Galang, tokoh agama, dan tokoh masayrakat setempat.

Mereka menyambut baik kedatangan keluarga besar STIKES MBP yang jelas akan memberikan tindakan preventif, dan promotif (informasi, red) tentang kesehatan kepada masyarakat.

Mahasiswa yang ikut PBL papar Mawardi, berasal dari D-III Keperawatan, dan D-III Kebidanan. PBL dilakukan setelah mahasiswa selesai mengerjakan pendidikan (teori), dan praktek di kilinik kesehatan. Kemudian, mahasiswa memasuki masa PBL.

Pembantu I STIKES MBP Batam Nelli Roza SKp MKes menambahkan, secara jeneral, mahasiswa PBL mempunyai tugas umum, yaitu melakukan praktek dari hasil teori dan praktek klinik yang sudah mereka dapatkan selama ini.

‘’Kemudian, mahasiswa mencari masalah kesehatan di tengah masyarakat dan kemudian mencari jalan keluar dari masalah kesehatan tadi,’’ papar ibu tiga anak ini yang lahir di Sei Abang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) 19 Juli 1966 tersebut.

Nelli yang juga alumnus S1 di Fakultas Keperawatan, Universitas Indonesia (1996) dan S2 di Kesehatan Reproduksi/ KIA, Universitas Gajah Mada (lulus tahun 2005) itu menambahkan, di samping tugas umum, mahasiswa juga mempunyai tugas khusus.

Tugas tersebut papar si anak tunggal ini, setiap mahasiswa program studi (Prodi) Kebidanan melakukan Asuh Keluarga, meliputi ibu hamil, melahirkan, nifas, dan bayi pada satu keluarga. Sedangkan setiap mahasiswa Prodi Keperawatan memiliki tugas individu berupa Asuhan Keperawatan Keluarga yang dilakukan pada satu keluarga.

Koordinator PBL STIKES MBP Nahrul Hayat menambahkan, agar program in diterima lebih baik, akrab dan menyatu,  maka mahasiswa tinggal dengan masyarakat setempat. Dengan cara demikian, mahasiswa akan lebih tahu bagaimana kondisi kesehatan, masalah kesehatan masyarakat setempat. Ini tentu akan mempermudah mahasiswa mencari masalah kesehatan, sekaligus mencari solusi dari setiap masalah yang mereka temukan.

Untuk informasi, masyarakat Kepri, terutama calon mahasiswa yang berminat terhadap Prodi D-III Keperawatan, D-III Kebidanan, dan S-1 Keperawatan bisa mendaftar masuk pada gelombang II, ujian akan dilaksanakan 20 Juni 2013.

STIKES MBP yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Harapan Bunda, telah memiliki izin SK Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) RI No. 145/D/0/2009. STIKES MBP memiliki tiga program studi (Prodi) yaitu, D-III Keperawatan dan lulusannya bergelar AMKep, D-III Kebidanan bergelar AMKeb, dan S-1 Keperawatan. D-III Keperawatan dan D-III Kebidanan sudah beberapa kali mewisuda sarjananya. Khusus S-1 Keperawatan, tahun 2014 ini mewisuda sarjana pertama kalinya. ***

About these ads

May 5, 2013 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: