Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

HPI Batam Masukkan Wisatawan Lebih Banyak

Dilantik 15 November di Golden View Hotel

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

KETUA Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Erwan dan Dewan Pimpan Daerah (DPD) HPI Provinsi Kepri Edi Surbakti akan melantik Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPI Kota Batam, Denni, di Golden View Hotel, Bengkonglaut, Selasa malam (15/11/2011) mendatang.

Golden View Hotel, Su 15 Juni 2013. F Suprizal Tanjung (23) image

Golden View Hotel, Bengkong Laut, Batam, Sabtu 15 Juni 2013. F Suprizal Tanjung

Namun sebelum pelantikan,  di tempat yang sama, DPC HPI Kota Batam, atau Indonesia Tour Guide Associaton (ITGA), akan melaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata (tour guide) yang diikuti sekitar 150 pemandu wisata kota Batam.

‘’Pelatihan  ini terselenggara atas dukungan penuh dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Drs Yusfa Hendri terhadap HPI Kota Batam,’’ sebut Denni di Graha Pena, Batam Centre, Kamis (10/11/2011).

Denni yang memimpin HPI Batam periode 2011-2015 itu menambahkan, pascapelatikan kepengurusan HPI Batam, pada Rabu-Jumat (16-18/11), Dinas Pariwiata dan Kebudayaan Batam, HPI Batam, dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) melanjutkan dengan menggelar Sertifikasi Tour Guide se Kota Batam.

‘’Sertifikasi ini penting untuk meningkatkan kemampuan pemandu wisata dalam melayani wisatawan mancanegara/ nusantara. Event ini juga akan bekal positif bagi pemandu wisata untuk menambah wawasan mereka tentang dunia pariwisata,’’ tegas Denni yang bisa berbahasa Korea dan Inggris tersebut.

Denni yang telah menggeluti profesi pemandu wisata sejak 1992 lalu di Batam itu melanjutkan, pemandu wisata mempunyai peran besar untuk memajukan dan menggerakkan sektor wisata di kota industri ini. Pada kota-kota besar di dunia, peran serta pemandu wisata benar-benar dirangkul dan diajak bekerjasama oleh pemerintah untuk memajukan dunia pariwisata.

‘’Kita berharap, sekitar 160 pemandu wisata di Batam bisa dilibatkan lebih aktif untuk menggerakkan sektor wisata di Batam. Dengan demikian, target kita memasukkan wisatawan lebih banyak di kota industri ini bisa terealisasi,’’ ujar Denni optimis.

Pada kesempatan tersebut, Denni juga meminta agar akses komunikasi dan gerakan mereka bisa lebih besar, terutama sekali saat berada di Bandara Hang Nadim Batam, dan pelabuhan-pelabuhan di Batam.

‘’Terus terang saja. Kita jadi tidak enak dengan para wisatawan karena tidak bisa bergerak leluasa di bandara dan pelabuhan. Dengan begitu, misi kita mengenalkan wisata belanja, wisata budaya di daerah ini jadi terkendala,’’ sebut Denni.

Menjawab tentang HPI Batam, Denni menyebutkan, dia terpilih sebagai ketua dalam Musyawarah Cabang (Muscab) HPI, di Hotel 89 Penuin Batam, Rabu (21/9/2011) lalu. Dalam Muscab yang dihadiri 100 peserta dan dibuka Drs Yusfa Hendri tersebut, dia meraih suara terbanyak dibandingkan enam calon ketua lainnya.  ***

May 19, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: