Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Kuliah Gratis di Politeknik Negeri Batam

Lewat Program Bidik Misi 2011

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

POLITEKNIK Negeri Batam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pelajar SMA/SMK/Madrasah Aliyah (MA) sederajat lulusan 2010-2011, untuk kuliah gratis di Perguruan Tinggi Pemerintah (PTP) ini.

Kuliah gratis ini diberikan pihak Politeknik Batam kepada 30 mahasiswa dari Provinsi Kepri, juga dari daerah lain di Indonesia. Mahasiswa yang memenuhi syarat akan gratis Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dari semester pertama sampai tamat, dapat uang makan, uang saku, asuransi kesehatan, gratis asrama, dan lainnya.

”Pengiriman berkas langsung ke Politeknik dan pendaftaran melalui http://www.bidikmisi.dikti.go.id mulai Selasa (1/2) sampai Kamis (30/6). Seleksi Mei dan Juni, lalu pengumuman pada akhir Juli nanti,” sebut Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam, H Muhammad Zaenuddin SSi MSc, Jumat (8/4/2011).

Zaenuddin yang juga mantan anggota KPU Batam tersebut menambahkan, kesempatan kuliah gratis ini adalah program Bidik Misi 2011 untuk anak bangsa (pelajar) dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) RI. Biaya yang dialokasikan adalah Rp6 juta per semester untuk satu mahasiswa. Beasiswa akan diberikan Kemendiknas melalui PTP dalam hal ini Politeknik Negeri Batam.

Dilanjutkan Zaenuddin, untuk tingkat nasional, ada 20 ribu mahasiswa yang akan mendapat beasiswa Bidik Misi. Khusus Politeknik Batam, mendapat jatah 30 mahasiswa. Saat ini, sudah mendaftar sepuluh calon mahasiswa secara online di http://www.bidikmisi.dikti.go.id

Untuk mendapatkan kesempatan kuliah gratis di perguruan tinggi negeri pertama dan terbesar di Kepri ini, tegas Zaenuddin, syaratnya sangat mudah. Paling utama, calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, usia maksimal 21 tahun, punya potensi akademik (pintar) dan masuk 30 persen terbaik di sekolahnya.

Jika sudah memenuhi syarat tadi, ujar Zaenuddin, Kepala Sekolah (Kasek) mendaftarkan siswanya tadi secara online ke http://www.bidikmisi.dikti.go.id lalu mendapat Nomor Pendaftaran (NP). Kemudian, siswa juga diminta mendaftar sendiri secara online dan melengkapi berkas pendaftaran. Berkas tersebut misalnya, foto kopi raport, surat keterangan kurang mampu, peringkat di kelas, surat penghasilan orang tua, kartu keluarga, ijazah, dan lainnya.

”Bagi sekolah yang tidak punya jaringan internet, komunikasi, atau ingin lebih jelas program unggulan Kemendiknas ini, bisa menghubungi Ibu Hilda yang menangani masalah Bidik Misi di Politeknik Batam, atau di telpon 0778-4698-56,” ujar Zaenuddin.

Respon masyarakat, sekolah, dan juga pelajar se Kepri terhadap program ini, kata Zaenuddin, sangat tinggi. Sosialiasi sejak awal Februari lalu, selalu ditanggapi positif pihak sekolah, masyarakat dan juga siswa. Politeknik meminta, agar sekolah dan siswa tidak berlama-lama memenuhi syarat pendaftaran. Mahasiswa ini nantinya juga akan mendapat tambahan soft skill, seperti belajar etika, kedisiplinan, agama, dan juga ilmu pengetahuan lainnya di asramat Politeknik Negeri Batam yang data tampungnya 200 orang tersebut.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Batam DR Priyono Eko Sanyoto menambahkan, kalau sekolah masyarakat dan siswa cepat dan banyak mendafatar, maka pihak Politeknik Batam yang berdiri tahun 2001 ini akan meminta jatah lebih banyak kepada Mendiknas.

”Ini artinya, bisa lebih dari 30 orang siswa Kepri yang bisa kuliah gratis sampai tamat di Politeknik Negeri Batam. Tapi semua tergantung dari tanggapan sekolah, masyarakat (orang tua siswa, dan siswa terhadap program Bidik Misi 2011 ini,” tutup Eko. ***

May 19, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: