Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

SMAN1 Batam Barometer Pendidikan di Kepri

Rizkyanto Ketua Smansa Periode 2011-2014

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

ALUMNUS Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 (Smansa) Batam, Rizkyanto terpilih sebagai ketua Ikatan Alumni (Iluni) Smansa dalam Musyawarah Besar (Mubes) ketiga Iluni Smansa di Golden View Hotel, Bengkong, Minggu (8/5/2011).

‘’Acara yang dibuka staf ahli Wali Kota Batam, Makmur tersebut berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai 19.00 WIB,’’ papar panitia acara Taufik Akbar, di Batam Centre, Selasa (10/5/2011).

Hadir di acara yang mengambil tema Satu Tekat untuk Solidaritas Membangun Peruibahan ini, Kepala Sekolah Smansa Batam Lely Suryanti, dewan guru, siswa dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN1 Batam.

Dalam kegiatan yang berlangsung sedikit panas namun masih dalam suasana demokratis tersebut, kata Akbar, terdapat empat bakal calon (balon) yaitu, Yocke lulusan tahun 1993, Mayasari lulusan 2000, Vidya Kartika lulusan 2003, dan Rizkyanto lulusan 2006. Setelah melewai proses penjaringan, Mayasari mengundurkan diri. Calon ketua itu sendiri, harus didukung tiga angkatan.

‘’Dalam event ini terdapat 20 suara, terdiri dari 19 suara peserta Mubes ditambah satu suara OSIS. Masuk ke sesi pemilihan, Yocke dapat tiga suara, Vidya Kartina dapat lima suara, dan Rizkyanto dapat 12 suara. Otomatis, Rizkyanto terpilih jadi ketua,’’ papar Akbar.

Ketua terpilih Rizkyanto menambahkan, Smansa Batam berdiri sekitar tahun 1987. Kini terdapat lebih dari dua ribu alumnus. Mereka menyebar di berbagai kota kabupaten dan provinsi se Indonesia.

Berbagai sektor kehidupan, ujar Rizkyanto, telah diisi para alumnus. Mulai dari pengusaha, birokrat, politisi, polisi, TNI, dan lainnya. Potensi ini menjadikan Iluni Smansa Batam sangat diperhitungkan di Batam, dan Kepri para umumnya. Diperhitungkan saja tidak cukup.

Mereka ingin agar organisasi ini bisa menjadikan SMAN1 Batam sebagai barometer pendidikan di Kepri. Ini pekerjaan besar dan berat. Tapi, kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan pendidikan daerah Melayu ini bisa besar dan menjadi rujukan bagi kota, kabupaten, dan provinsi lain di Indonesia?

Sebagai ketua terpilih, Rizky mengaku merangkul semua angkatan, mantan pengurus Smansa, pengurus OSIS SMAN1, dewan guru untuk membesarkan SMAN1 Batam.

‘’Alumnus Smansa Batam banyak. Di daerah manapun kita berada, SMAN1 itu dikenal dan terkenal. Anak SMAN1 adalah orang-orang pilihan, pintar, kompak. Semua hal baik, ada di SMAN1. Kita ingin agar nama baik dan jumlah alumnus yang banyak tadi bisa memberikan kontribusi dan membawa manfaat bagi pembangunan SMAN1,  juga bagi Iluni Smansa Batam,’’ ujar Rizkyanto.

Membawa pengurus OSIS ikut Mubes Iluni Smansa adalah satu bukti nyata dari pengurus Iluni Smansa untuk meningkatkan wawasan adik-adik kelasnya. Rizky juga mengakui, ada beberapa program yang menyentuh masyarakat, memberikan manfaat bagi para Iluni Smansa, dan SMAN1 Batam.

‘’Pelatihan, seminar, bakti sosial, mengikuti berbagai event pendidikan yang digelar Pemko Batam, Pemprov Kepri adalah target yang akan kita realisasikan. Untuk hal ini, kita sangat mengharapkan dukungan masyarakat, tokoh pendidikan, Pemko Batam, Pemprov Kepri agar Iluni Smansa Batam, SMAN1 Batam bisa menjadi teladan bidang pendidikan, lulusannya mampu mewarnai pembangunan Batam dan Kepri ke depannya,’’ harap Rizkyanto. ***

May 19, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: