Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Politeknik Juara 1 Debat Bahasa Inggris

Selalu Juara 1 Hingga Babak Grand Final

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

UNTUK tingkat nasional, perguruan tinggi negeri pertama di Kepri, Politeknik Negeri Batam sudah identik sebagai juara robot.

Pada bidang verbal (lisan), Politeknik tidak kalah berprestasinya. Kali ini mahasiswa Polteknik, Jeanet Christanty Evans (Jurusan Akuntansi Manajemen) dan Erna Permata Sari (Jurusan Akuntansi) mengukuhkan keandalan  Politeknik dengan meraih juara 1 pada lomba National University English Debating Championship (NUEDC), di Hotel Pangeran Pekanbaru, Riau, Senin (14/5/29012) sampai Selasa (15/5/2012).

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam, H Muhammad Zaenuddin SSi MSc menyebutkan, hal membanggakan, Jeanet dan Erna bisa meraih posisi nomor 1 dalam event tingkat Kopertis Wilayah X (meliputi Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau). Padahal, di event ini, turut berlaga para mahasiswa dari 40 perguruan tinggi besar seperti Universitas Andalas (Sumbar), Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Riau, dan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta se Kopertis X.

‘’Ini luar biasa. Tim debate kita, Jeanet dan Erna selalu meraih posisi tertinggi dalam meraih skor sejak babak penyisihan hingga grand final,’’ sebut Muh Zaenuddin di Politeknik Batam, Jumat (18/5/2012).

Apalagi, kata Zaenuddin, selama empat tahun terakhir, perguruan tinggi di Kepri dan Jambi menjadi tim underdog (tidak diunggulkan, red). Tapi itu hanya kenangan berganti dengan prestasi.
Atas prestasi ini, Jeanet dan Erna diundang Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X Prof DR Damsar MA  untuk mengikuti upacara 17 Agustus 2012 di Padang, Sumbar.

Jeanet dan Erna selanjutnya kembali berlaga pada lomba yang sama (NUEDC) tingkat nasional di Bali, Senin (25/6/2012) dan Selasa (26/5/2012). Jika, kembali menang, dipastikan Jeanet dan Erna akan berlaga  pada NUEDC tingkat internasional.

Terkait kemenangan ini, Kopetis X Padang telah meminta Politeknik Batam menjadi tuan rumah lomba NUEDC pada Mei 2013 nanti.

Catatan prestasi lain adalah, Politeknik Batam akan berlaga pada Lomba Debat Bahasa Inggris (cikal bakal NUEDC) tingkat nasional di Politeknik Tual, Maluku, Sabtu (26/5/2012) sampai Minggu (27/5/2012). Di event ini akan diutus Jeanet Christanty Evans, Erna Permata Sari, Rizka Destiana.

Di samping itu, aroma kemenangan Politeknik Batam ini semakin mengental dengan meraih juara umum pada Kontes Robot di Medan, awal Mei 2012. Ini menjadi tiket bagi Politeknik untuk berlaga pada lomba yang sama tingkat nasional di ITB akhir Juni 2012.

Politeknik Batam juga mengirim tim (mahasiswa) terbaiknya pada Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) di Yogyakarta pertengahan Juni 2012. Sebelumnya, Politeknik Batam sudah lolos lomba Roket Komindo tingkat Kopertis X.

Atas prestasi ini, lanjut Zaenuddin, Politeknik Batam akan memberikan beasiswa berprestasi bagi anak didik mereka yang meraih berbagai prestasi di Lomba Robot, lomba NUEDC, dan lainnya.

Sementara itu, Pembina Tim Debat Politeknik Negeri Batam Erikson Togatorop menyebutkan, kemenangan demi kemenangan tadi mengukuhkan Politeknik Batam sebagai perguruan tinggi andal di Kepri. Politeknik Batam telah sejajar dengan politeknik yang ada di Kopertis X Sumbar, bahkan juga di Indonesia.  ***

Advertisements

May 20, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: