Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Tiga Detik Sukses Menjual Aneka Produk

Arrangga Gelar Seminar Marketing Nasional di I Hotel Batam

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam
 
MENJUAL produk barang dan jasa itu sangat mudah. Malah, dalam waktu tiga detik, aneka produk bisa langsung berpindah tangan ke konsumen (pembeli, red). Bagaimana konsumen bisa takluk dalam waktu tiga detik? Semua akan terwujud manakala sudah ada kepercayaan tinggi dari  konsumen.

Teknik dan strategi sukses menjual produk tadi bisa didapat dalam Seminar Marketing Terdahsyat 2012, The Marketing Secret, Everybody is Marketing, di I Hotel Batam, Sabtu (31/3/2012) mulai pukul 12.00 WIB sampai 17.30 WIB. Seminar sukses menjual produk tersebut akan diisi oleh  Marketing Bisnis Profesional Konsultan Bisnis Indonesia Arrangga SE MH CHT.

Arrangga, akrab dipanggil Rangga, merupakan Adjunct Lecturer and Business Coach for Lincolnshire University INT’L LLC Amerika Serikat (dosen bisnis dan marketing, red). Di kancah dunia marketing nasional, Rangga sudah tidak asing lagi. Alumnus GICI Batam Jakarta (S1), Jurusan Hukum Bisnis di Uniba (S2), calon mahasiswa S3 ini sudah malang melintang di seminar marketing di Surabaya, Medan, Pontianak, Palembang, Padang dan Jakarta.

Rangga menambahkan Batam satu dari delapan kota dalam event Roadshow 8 Kota Besar Indonesia yang menjadi lokasi Seminar Marketing Terdahsyat 2012. Kondisi ekonomi kota Batam (Kepri) yang relatif kondusif, menjadi alasannya membagikan trik, strategi, dan ilmu marketing.

Menurut Rangga, secara ringkas, untuk menjual produk, beberapa syaratnya adalah, marketer (karyawan, pedagang, wiraswasta, pengusaha, red) harus bisa membangun kepercayaan. Artinya, marketer haruslah benar-benar serius berusaha, baik itu dari izin usaha, tempat usaha, kelangsungan usaha, dan identitas marketer. Marketer  mampu membangun kebutuhan (memenuhi) pelanggan/ konsumen. Marketer harus tahu apa yang diinginkan pelanggan, misalnya variasi produk, kualitas produk, kemasan yang elok, dan lainnya.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini melanjutkan, marketer harus bisa membuat rappport atau menyesuaikan diri dengan pelanggan. Marketer tidak bersikap eksklusif, tidak menjauh, tidak sombong kepada pelanggan. Trik lain adalah mencari solusi dari keinginan dan keluhan pelanggan.  Hal-hal yang tidak disukai, hal-hal yang disenangi dievaluasi dan dicarikan solusinya. Ini untuk menghasilkan pruduk barang dan jasa lebih baik nantinya.

‘’Klimaks dari ini semua, marketer harus membuat closing the sales, atau menutup penjualan dan membuat pelanggan percaya dan mau membeli barang atau jasa-nya. Agar orang mau membeli barang dan jasa kita, tentu tidak mudah. Perlu strategi dan trik khusus. Semua ini akan saya jelaskan secara terperinci dan panjang lebar dalam seminar nanti,’’ papar lelaki kelahiran Jakarta 4 Februari 1987 tersebut.

Rangga kerap tampil dan diudang sebagai pembicara marketing tingkat nasional ini menyebutkan, seminar skala nasional ini diprediksi akan dihadiri 500 peserta dari berbagai kota/kabupaten se Kepri, dan juga dari kota lain di Indonesia.

Hingga saat ini, panitia sudah mencatat banyak peserta. Namun demikian, kesempatan bagi karyawan, pedagang, wiraswasta, pengusaha, atau siapapun untuk mendapatkan ‘’kursi panas’’ masih terbuka lebar.

Seminar Marketing Terdahsyat, kata Rangga, selalu mendapat respon besar dan positif dari marketer se Indonesia. Banyak wiraswasta, pedagang, pengusaha berhasil dan makin maju setelah ikut seminar ini. Khusus Batam, acara  ini didukung oleh Batam FM, Pertamax Plus (SPBU Provinsi Kepri), Kue Bingka Batam Nay@dam, dan Toko Buku Karisma.

Rangga menyebutkan, dalam marketing ada satu sikap yang harus ditanam dalam hati dan pikiran.

‘’Tidak peduli siapapun, kapanpun, dimanapun kita berada. Kita diharuskan bisa memarketing diri, orang lain, produk maupun jasa yang tersedia,’’ tegas Rangga. ***

May 20, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: