Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Darmawi: APKLI Tanjungpinang Didominasi Kaum Muda

Diusulkan ke DPP untuk Mendapat SK Defenitif

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

KETUA Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Kali Lima Indoensia (APKLI) Provinsi  Kepri Darmawi Chaniago menyebutkan, mereka telah menerima daftar usulan struktur pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APKLI Kota Tanjungpinang, di Batam, Senin (23/4/2012).

Ketua DPW APKLI KEPRI Darmawi Chaniago (kedua dari kiri) menerima Usulan Struktur Pengurus DPD APKLI Kota Tanjung Pinang dari Ketua Yanharman (jaket hitam), Sekretaris Wendri Yepis, SE serta Penasehat Syaiful SE.  F Istimewa

DPW langsung mengusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APKLI di Jakarta untuk mengeluarkan SK Defenitif APKLI Tanjungpinang.

‘’DPW APKLI Kepri sendiri telah terbentuk dan sedang persiapan pelantikan pada akhir Mei 2012,’’ sebut Darmawi didampingi Sekretaris APKLI Kepri Hipa Usrar atau Imam di Batam Centre, Senin (23/4/2012).

Pinang sebut Darmawi, yang sedang berkembang pesat perekonomiannya, memiliki Pedagang Kaki Lima (PK5) yang sangat banyak, dan tersebar hampir di seluruh pelosok Kota. Keberadaan PK5 ini akan semakin meningkatkan perekonomian ibukota Provinsi Kepri ini. Terlebih dengan mendominasinya kaum muda di APKLI Tanjungpinang. Pemuda tadi adalah orang-orang energik dan cukup berpengalaman di bidang organisasi dan kemasyarakatan.

Sebelumnya, ujar Darmawi, setelah melalui proses verifikasi dari struktur yang ada, DPW APKLI Kepri cukup puas dengan tokoh dan intelektual yang bergabung dengan DPD APKLI Tanjung Pinang. Adapun pengurus APKLI Pinang yaitu, Ketua Yanharman, Sekretaris Wendri Yepis SE, dan pengurus lainnya Syaiful SE.

APKLI Tanjungpinang diharap bisa lebih memberdayakan PK5 di daerahnya, serta membangun kemitraan dan kerjasama dengan pihak terkait, baik pemerintahan, BUMN, dan pihak swasta lainnya.

Tugas APKLI Pinang lainnya, lanjut Darmawi, mendukung program kerja Pemko Tanjungpinang yang dipimpin Suryatatik A Manan, sekaligus membina, menata, dan memberdayakan PK5. Pembangunan Pinang cukup sukses, terbukti dengan banyaknya penghargaan diraih secara nasional, salah satunya Piala Adipura. Tentunya pengurus APKLI Pinang akan ikut mengutamakan kebersihan, ketertiban, dan keamanan daeran ini.

Darmawi menjelaskan, APKLI berdiri sejak tahun 1993 di Yogyakarta. Ketua DPP APKLI sekarang dipegang dr Ali Mahsun M Biomed. Ali telah menginstruksikan DPW dan DPD se Indonesia untuk memberdayakan APKLI secara profesional dengan mengajak tokoh intelektual, pengusaha yang memiliki rasa kepedulian pada PK5 dengan tujuan dapat mengelola organisasi ini menjadi lebih  baik.

Imam menambahkan, di samping mengoptimalkan tata kelola dan kerja organisasi, ada hal penting lainnya yang harus dicermati dan dilaksanakan DPD APKLI se Kepri. DPD harus membentuk Primer Nasional Koperasi (Primnaskop) Bintang Lima Indonesia di kota/ kabupaten. Menteri Negara Koperasi & UKM Syarifuddin menjadi pelindung lembaga ini.

‘’Dengan koperasi ini, akan memberikan peran optimal meningkatkan kesejahteraan PK5 di Kepri,’’ tegas Imam. ***

Advertisements

May 21, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: