Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Murid SMP IT Nurul Muhajirin Batam Perkuat Karakter Islam

Pesantren Kilat Diselingi Bantuan ke Duafa

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

MURID Sekolah Menengah Pertama Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Nurul Muhajirin (NM) mengikuti Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadan 1433 Hjiriah, di SMP IT NM, pada Senin (16/7/2012) sampai Jumat (20/70210), mulai pukul 09.00 sampai salat Zuhur.

Event tahunan ini diikuti 147 murid dan dilaksanakan di sekolah ini Jalan Tiban Indah, Komplek Masjid Al Muhajirin Batam, telepon -0778-3264-86.

Adapun narasumber dalam sanlat ini yaitu ustaz Lalu Munawir SPdI yang juga Ketua Panitia Sanlat dan guru senior di SMP IT NM, ustaz Zainal Setiawan Lc, Ustaz Khairuddin.

Kepala SMP IT NM Masykur Usman Piri SPd menyebutkan, kegiatan ini merupakan upaya nyata untuk membekali calon pemimpin bangsa dan agama dengan berbagai ilmu pengetahuan Islam. Di sanlat ini para murid diajarkan cara berwudu, praktek salat 5 waktu yang baik dan benar, salat duha (siang), tadarus (membaca) Alquran, dan tausiah (ceramah) ramadan. Hal ini sesuai dengan tema acara yaitu Pembentukan Akhlak dan Karakter Siswa Melalui Pesantren Ramadan.

Masykur mengakui, banyak hal positif disiapkan dan diberikan pada murid, terutama tentang peningkatan ketauhidan. Jika dalam diri seorang murid tercipta hubungan baik dengan zat Yang Maha Kuasa,  tentu segala perbuatannya akan terjaga. Untuk itu pendalaman ketauhidan bagi murid SMP IT NM sangat penting dan merupakan keharusan. Melalui sanlat inilah, mereka dikenalkan dengan moral-moral Islam.

Lewat event ini papar Masykur, murid dikembangkan kepribadiannya. Kepribadian yang utuh hanya bisa dibentuk melalui pengaruh lingkungan positif, khususnya pendidikan. Adapun sasaran yang dituju dalam pembentukan mental ini adalah kepribadian yang memiliki akhlak mulia. Pencapaian akhlak mulia itu sendiri merupakan tujuan puncak pembentukan kepribadian muslim.

Ustaz Lalu Munawir menambahkan, hal lain yang dibidik adalah ketrampilan bersosialisasi (berkawan, bermasyarakat). Murid yang mempunyai kemampuan bersosialisasi tinggi, akan bisa memilih teman bergaul yang baik, dan tidak menjerumuskan dia ke dalam hal-hal negatif. Ini tentu sangat menunjang murid mencapai cita-citanya, sehingga bisa membanggakan dan berguna bagi keluarga, lingkungan, bangsa, dan negara.

Ustaz Zainal Setiawan Lc dan ustaz Khairuddin melanjutkan, umat Islam memiliki kewajiban menuntut ilmu. Begitu pula, kegiatan Sanlat Ramadan ini dimaksudkan selain sebagai moment  menyebarkan syiar Islam juga dimaksudkan untuk membentuk insan yang khoirunnas anfauhumnas (sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain). Harapan, semoga dengan sanlat Ramadhan ini bisa membawa perubahan sikap dan prilaku murid menjadi lebih baik.

Sanlat bukan hanya diisi materi bernuansa intelektual, tapi juga sosial. Murid diajar  untuk peka, peduli, dan tahu kesulitan orang lain. Ini direalisasikan dengan mengunjungi Panti Asuhan Darul Islah, pimpinan ustaz Shihabuddin, di Tiban Indah Sekupang, Kamis (19/7/2012). Dalam kunjungan sosial ini, keluarga besar SMP IT NM memberikan bantuan kepada anak-anak Panti Asuhan Darul Islah.

Puncak terakhir Sanlat Ramadhan ini ditutup dengan acara buka puasa bersama  di aula SMP IT NM, pada Jumat (20/7/2012). ***

Advertisements

July 28, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: