Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Keluarga Tanah Datar di Batam Silaturahmi Akbar

Ratu Sikumbang Obati Kerinduan Perantau Pagaruyung

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

WARGA Kota Batam asal Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan melaksanakan silaturahmi akbar di Kompleks Wisata Golden City, Golden Prawn, Bengkong Laut, Minggu (23/9/2012) pukul 09.30 WIB sampai selesai.

jalfriman-20-september-2012-kamis-f-suprizal-tanjung image

Jalfriman Chaniago SH MH di Batamkota, Batam, Kamis (20/9/2012). F Suprizal Tanjung

Ketua Panitia Silaturahmi Akbar Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Batam Jalfriman Chaniago SH MH menyebutkan, akan  hadir di acara tersebut Gubernur Kepri HM Sani, Wakil Gubernur Kepri HM Soerya Respationo, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam Rudi, Danlanal Batam, Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Ahmad Rizal Ramdhani, Poltabes Barelang.

iktd-tanah-datar-silaturahmi-ratu-sikumbang-22-september-2012-sabtu-f-suprizal-tanjung-3 image

Baliho IKTD Gelar Silaturahmi di Batuampar, Batam, Sabtu (22/9//2012).  F Suprizal Tanjung

Juga hadir Ketua Ikatan Keluarga Sumatera Barat (ISB) H Erwin Ismail, Ketua Bundo Kanduang Batam Hj Betty Asmery, para anggota DPRD Batam/ Kepri asal Minang seperti Sukri Farial Suwandi, Riky Indrakari, Aris Hardi Halim.

Juga hadir Letkol (Purn) Abdul Azis, Iskandar Yacoeb, H Jaliyus, Pembina Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) Batam H Gusnawawi dan Hendry Minit, 12 pengurus Ikatan Keluarga (IK) Sumbar di Batam, 14 Camat se Tanah Datar, Wali Nagari se Tanah Datar.

’’Dari ranah asal kerajaan Pagaruyung ini hadir Bupati Tanah Datar Ir M Shadiq Pasadigoe SH MH, Wakil Bupati Tanah Datar H Hendri Arnis BSBA, Ketua DPRD Tanah Datar Zuldavri Darma,’’ ujar Jalfriman yang juga pegawai Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam tersebut, di Batam Centre, Kamis (20/9/2012).

Sekretaris Panitia Jasirwan SAg dan Wakil Sekretaris IKTD Ilham Khatib menambahkan, acara ini dimeriahkan  penyanyi Minang yang sedang naik daun yaitu Ratu Sikumbang, An Roys, serta Rinto.

‘’Kita juga memberikan kesempatan berfoto bersama si cantik Ratu Sikumbang, An Roys. Sesi itu akan kita atur biar tertib dan semua dapat berfoto dengan sang artis,’’ papar Jasirwan.

Ditambahkan, kegiatan ini akan dihadiri ratusan warga Batam asal Tanah Datar Minang dan Sumbar pada umumnya. Diharap warga Minang bisa menghadiri acara tahunan  ini.

Silaturahmi ini sebagai moment melanjutkan budaya berkomunikasi, berkumpul, saling memberi informasi positif antar keluarga IKTD. Silaturahmi ini sekaligus menjadi pengobat kerinduan keluarga Tanah Datar terhadap ranah Pagaruyung.

Pada kesempatan tersebut dia mengingatkan kepada warga Tanah Datar untuk selalu mengutamakan pembauran dengan siapapun. Sebagai keluarga asal Luak Nan Tuo, warga IKTD diminta terus menciptakan keamanan, bekerja sama pemerintah membangun Batam, dan saling membantu dengan warga Batam yang heterogen.

Untuk warga Tanah Datar yang belum terdata dalam buku besar IKTD paparnya, agar bisa datang ke Sekretariat IKTD di PT Safa Marwa, Ruko Citra Indah Blok A 6 nomor 5-6 Batam Centre.

Hal ini perlu dilakukan karena potensi keluarga Tanah Datar di Batam relatif besar. Semua pekerjaan, mulai dari PNS, TNI, Polisi, politisi, pengusaha, tokoh agama, dan berbagai pekerjaan lainnya ada orang Tanah Datar. IKTD perlu mengetahui siapa dan dimana tempat keluarganya. Ini sangat penting untuk menyatukan visi, misi, dan kebersamaan untuk membangun Batam.

Untuk informasi, di Minangkabau terdapat tiga Luak (Luhak) Nan Tuo. Luak adalah adalah wilayah konfederasi dari beberapa nagari di Minangkabau yang terletak di pedalaman Sumatera Barat.

Wilayah ini merupakan wilayah pemukiman awal penduduk Minangkabau yang dikenal dengan istilah Darek (darat) untuk membedakannya dengan wilayah rantau Minangkabau, baik Rantau Pasisie di sepanjang pantai barat Sumatera maupun Rantau Hilia di wilayah Riau dan bagian barat Jambi. Dalam Tambo Alam Minangkabau luak memiliki makna kurang atau berkurang.

Terdapat tiga luak di Minangkabau, yaitu:

1.    Luak Tanah Data yang meliputi kabupaten Tanah Datar, kabupaten Solok, kabupaten Sijunjung, kota Solok, kota Padang Panjang, dan kota Sawahlunto sekarang.
2.    Luak Agam yang meliputi kabupaten Agam sekarang
3.    Luak Limopuluah yang meliputi kabupaten Lima Puluh Kota sekarang
Ketiga luak tersebut juga dijuluki dengan luak nan tigo (luak yang tiga).  Luak terdiri dari beberapa nagari, dimana setiap nagari yang ada di dalam suatu luak dipimpin oleh para penghulu dan mempunyai adat yang sama, sedangkan adat di suatu luak dengan adat di luak yang lain tidak sama. ***

September 21, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: