Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Ramon Damora Pimpin PWI Kepri

Marjunis Zen dan Yon Erison Ikut Bertarung

Oleh DEDY ARMAN dan SUPRIZAL TANJUNG, Batam

LEWAT pertarungan yang cukup sengit, Ramon Damora terpilih menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Kepri periode 2008-2013 dalam Konferensi Cabang (Konfercab) II PWI Kepri di Hotel Godway, Ahad (21/12/2008).

Dalam penghitungan suara, Ramon memperoleh 34 suara menyisihkan Marjunis Zen dapat 27 suara dan Yon Erison (wartawan Sijori Mandiri/ Haluan Kepri) dari 61 peserta.

Di awal sampai pertengahan penghitungan, persaingan ketat perolehan suara terjadi antara Ramon dan Marjunis. Pendukung Ramon yang awalnya sempat terkejut melihat perolehan suara Marjunis, mulai tenang setelah jagoannya duluan mencapai angka 20 suara.

Suara Pemimpin Redaksi Posmetro itu tak terkejar hingga memperoleh 34 suara. Marjunis harus puas dengan 27 suara. Di luar dugaan, Yon Erison yang diyakini mampu bersaing, tak mendapatkan satu suara pun. Pendukungnya mengalihkan suara ke Marjunis yang tergolong sesepuh di PWI Kepri itu. Namun, meski bergabung tak bisa mengejar perolehan suara Ramon.

Di tahap pencalonan ketua, muncul lima nama. Selain Ramon, Marjunis, Yon Erison, ada M Syahdan dan Arifuddin Jalil. Setiap calon ketua, wajib mendapat dukungan lima suara. Arjal mengundurkan diri dan memberikan dukungannya pada Ramon. Syahdan tak memenuhi syarat karena belum tiga tahun menjadi anggota PWI.

Selain karena alasan itu, ia mundur karena menilai belum layak memimpin PWI Kepri. Sebelum dilakukan pemilihan, panitia Konfercab melakukan penjaringan nama bakal calon (balon) dari 61 anggota PWI yang mempunyai hak suara. Dari penjaringan ini, muncul 8 balon, yaitu Ramon Damora mendapat 18 suara, Yon Erizon 8 suara, Arifuddin Jalil 10 suara, Amri mendapat dua suara, H Marjunis Zein 14 suara, M Syahdan lima suara, Candra Ibrahim dua suara, dan Dedy Suhada mendapat satu suara.

Balon ini disaring lagi menjadi menjadi calon ketua, dengan syarat oleh lima suara. Akhirnya, muncullah sebanyak lima calon yaitu, Ramon Damora, Yon Erizon, H Marjunis Zein, M Syahdan, dan Arifuddin Jalil.

M Syahdan dinyatakan gugur dari pencalonan karena tidak memenuhi kriteria setelah dilakukan verifikasi. Sementara Arifudin Jalil menyatakan mundur setelah menyampaikan visi misi.

Koordinator tim pemenangan Ramon Damora, Andra S Kelana mengaku, kunci kemenangan mereka adalah solidnya dukungan yang digalang sejak awal. Pihaknya juga sukses mendulang dukungan dari anggota PWI Perwakilan Karimun.

“Teman-teman kompak. Sejak awal hingga penghitungan suara, selalu solid,” kata Andra.

Acara penutupan konfercab ditandai dengan penyerahan pataka PWI kepada ketua terpilih Ramon Damora oleh Atal S Depari yang mewakili Ketua Umum PWI. Selain Atal, juga hadir Ketua PWI cabang Sumut HA Muchyan AA. Ketua terpilih juga ditugaskan sebagai ketua tim formatur dalam menyusun kepengurusan PWI cabang Kepri.

Untuk informasi, Ramon Damora lahir di Muaramahat, Kampar, Provinsi Riau, 2 April 1978.  Dia adalah alumnus Perbandingan Mazhab dan Hukum Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska),  Pekanbaru, Riau. ***

September 27, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: