Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Santri dan Guru TPQ Batuaji Pawai Taaruf

Dari Masjid ke Masjid Minggu Ini

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

KETUA Badan Musyawarah Guru Taman Pendidikan Alquran (BMG TPQ) Batuaji Safari Ramadhan menyebutkan, dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1433 Hijriah, BMG TPQ Kecamatan Batuaji mengadakan Pawai Taaruf. Pawai Taaruf dari masjid ke masjid di Batuaji ini digelar, Minggu (27/11/2011)  pukul 07.30 WIB sampai selesai.

iktd-safari-ramadan-fs-suprizal-tanjung-1 image

Safari Ramadan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya Minangkabau di Kepri Mall, Batam, Minggu (24/4/2011). F Suprizal Tanjung

Safari Ramadan yang juga juga anggota Mubaligh Muda Kota Batam ini menambahkan, event ini dimulai dari Masjid Baitul A’la Aviary Pratama dan berakhir di Masjid Al Kautsar Pemda II.

Disebutkan Safari, kegiatan ini merupakan agenda rutin BMG TPQ setiap tahunnya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pawai Ta’aruf ini akan diikuti ribuan santri dan satriwati, serta para guru TPQ se-Batuaji.

Untuk meramaikan acara ini, lanjut Safari, BMG TPQ menggelar berbagai perlombaan saat Pawai Taaruf ini. Di event ini, BMG TPQ memberikan kesempatan kepada santri dan santriwati mengikuti lomba pakaian muslim, lomba kompang, lomba rebana, dan pakaian manasik haji.

BMG TPQ sebut Safari memberikan kesempatan lebih besar kepada peserta pawai untuk berkreasi dan menampilkan kegiatan yang bernuansa Islami.

Bagi para pemenang, kata Safari, BMG TPQ akan memberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala bergilir, dan piala tetap.

Dari tahun ke tahun, papar lelaki muda yang gemar berorganisasi ini, jumlah peserta pawai semakin bertambah. Menariknya lagi, kualitas peserta pawai dalam mengikuti berbagai kegiatan di event ini juga mengalami peningkatan. Hubungan silaturahmi antara orang tua santri dan santriwati dengan guru yang tergabung dalam BMG TPQ makin meningkat. Banyak hal positif lainnya yang diperoleh dari Pawai Ta’aruf ini.

”Kita sebagai pengurus dan anggota BMG TPQ sangat berbahagia, karena santri santriwati, anak-anak TPQ mengikuti Pawai Ta’aruf ini dengan hati gembira. Perasaan senang ini secara langsung telah meningkatkan kreativitas dan kesungguhan hati mereka dalam mengikuti berbagai event Pawai Taaruf,’’ kata Safari.

Lebih dari itu, Safari mengakui, dengan kegiatan Pawai Taaruf ini, mereka berharap agar anak-anak TPQ semakin tahu dengan Islam, budaya Islam, serta pakaian Islam. Pada tahapan selanjutnya, BMG TPQ menargetkan, santri santriwati, anak-anak TPQ semakin cinta dengan Islam. Dari rasa cinta tadi, akan lahir sikap, semangat untuk mengamalkan nilai-nilai, perilaku Islami dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Kegiatan tahunan ini, kata Safari, semakin meriah karena bapak, ibu, dan keluarga santri dan santriwati ikut dalam Pawai Ta’aruf ini. Akibatnya, sudah bisa dipastikan, Pawai Ta’aruf yang digelar BMG TPQ Batuaji  ini semakin meriah. Jalan-jalan penuh dan sesak. Orang tua  yang melihat pawai ini pun jadi semangat untuk memasukkan anak-anak mereka di TPQ di Batuaji.

”Alhamdulillah. Pawai Taaruf ini tidak sekedar kegiatan tahunan semata. Dampak dari pawai ini cukup besar bagi pengembangan dan pembagunan umat Islam. Orang tua semakin tertarik memasukkan anak mereka masuk di TPQ  yang ada di kota Batam, terutama di Kecamatan Batuaji,” ujar Safari. ***

November 13, 2012 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: