Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Ajarkan Mandiri, Sultan Agung Batam Gelar Persami

Pupuk Kebersamaan, Jiwa Sosial dan Ahklak Mulia

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

SEKOLAH Sultan Agung, National Plus Batam mengadakan program Perkemahan Sabtu Minggu, di halaman sekolah ini, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Sabtu (29/9/2013) mulai pukul 14.00 WIB, sampai Minggu (30/9/2013).

Sultan Agung, Su 28 Sept 2013. F Suprizal Tanjung (15) image

Sekolah Sultan Agung di Taman Raya, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Sabtu (29/9/2013). F Suprizal Tanjung

Kepala Sekolah Sultan Agung, Saiful Nashri menyebutkan, Persami ini diikuti ratusan anak didik mulai dari kelas 1-2 Sekolah Dasar (SD), dan kelas 7, 8, dan 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk anak SD, Persami dimulai setiap pukul 08.00-15.00 WIB, mulai Sabtu dan Minggu.

Usai itu mereka pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan untuk siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP, mengikuti Persami secara normal. Siswa SMP benar-benar mengikuti Persami secara penuh. Saat malam tiba, siswa menginap di kelas tertentu.

Persami mempunyai tujuan sangat besar bagi pengembangan intelektual, dan wawasan anak didik.

‘’Di Persami ini, kita ingin mencetak anak didik yang mandiri, bisa bekerja sama, memupuk leadership (kepemimpinan, red), dan akhlak mulia,’’ sebut Saiful saat itu.

Persami ini menjadi salah satu  program unggulan Sultan Agung. Persami adalah program sederhana, murah, namun sangat besar dampaknya untuk mencetak generasi muda yang punya wawasan luas. Sultan Agung tidak hanya mencetak generasi pintar secara intelektual, namun kepribadian, moral, dan kepempinan anak didik juga menjadi bagian penting yang harus ditingkatkan dan disiapkan dari sekarang. Salah satunya didapat dari Persami.

Disebutkan Saiful, Sultan Agung adalah lembaga pendidikan formal yang terbuka untuk semua umat beragama. Sultan Agung mencintai keberagaman baik dari sisi agama, suku, dan golongan.

Sultan Agung menyeimbangkan antara pendidikan rohani dan akademik. Untuk merealiasasikan program tersebut, Sultan Agung memiliki koordinator agama Islam oleh Raehanatul Jannah, S PdI, Kristen oleh Kurnia, dan Budha oleh Gunadi SPdB. Siswa dari bermacan agama ada di Sultan Agung. Sekolah ini adalah milik masyarakat Kepri yang heterogen.

‘’Alhamdulillah, lewat kebersamaan, dukungan, dan doa dari masyarakat luas, Sultan Agung makin dikenal, dan diminati masyarakat. Insya Allah, kita akan konsisten meningkatkan intelektual, moral dan leadership generasi muda di Negeri Melayu ini,’’ papar Syaiful.

Disebutkan Syaiful, Sultan Agung  mengadopsi kurikulum nasional dan internasional. Sekolah ini memiliki beberapa program andal lainnya seperti Go Green, menanam pohon di lingkungan sekolah. Hasil nyata dari program yang dikerjakan siswa-siswi, guru dan staf Sultan Agung tersebut yaitu semakin hijaunya kiri dan kanan jalan utama di sekitar sekolah dan lingkungan sekitarnya. Kini, Sultan Agung sedang menyiapkan program lanjutan dengan mengajak kerja sama instansi terkait untuk menanam pohon pelindung lainnya. Salah satu lembaga yang dibidik adalah Kebun Bibit Rakyat (KBR), Badang Pengusahaan (BP) Batam, Pemko Batam atau dinas terkait lainnya.

Secara akademik, Sultan Agung terus melaksanakan berbagai kegiatan untuk meng-up grade potensi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), serta iman dan takwa (Imtak) para siswanya. Misalnya dengan program peternakan/ perkebunan untuk melatih pem-belajaran sains (IPA). Kunjungan ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana konsep IPA bekerja. Lalu ada ektrakurikuler berupa marching band, futsal, karate, Dance Club, English Club, Science Club, Mathematics Club, Quran Club,  Religion Club, Calistung, dan lainnya. ***

Advertisements

September 30, 2013 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: