Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

PKBM Mawar Batam Gratiskan Pendidikan Paket B

HUT ke-5 dan Sebagai Terima Kasih kepada Masyarakat

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

PUSAT Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mawar Batam memberikan kesempatan anak-anak di Kepri untuk mendapatkan pendidikan Paket B gratis. Paket B Gratis (setara tingkat SMP) ini berlaku mulai, Jumat (11/10/2013) sampai (11/11/2013) mendatang.

Pembina PKBM Mawar, Mifthakhudin SPd menyebutkan, Paket B Gratis ini diberikan sebagai bentuk terima kasih dan pengabdian kepada masyarakat Kepri. PKMB Mawar sendiri telah memiliki izin dari Dinas Pendidikan Kota Batam nomor: 431.LK/424.1/PLS/VII/2008.

‘’Murid yang berhak mendapatkan pendidikan gratis ini  adalah anak-anak duafa (kurang mampu), anak panti asuhan, anak-anak hinterland (pesisir pantai). Anak tadi harus berada dalam usia sekolah,’’ sebut Mifthakhudin yang akrab dipanggil Udin tersebut, di Town House Puriloka Blok A 30, Seipanas, Batam, Jumat (11/10/2013).

Program pendidik untuk pengabdian kepada masyarakat ini ujar Udin, diselenggarakan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 PKBM Mawar. Tidak tanggung-tanggung, pendidikan Paket B Gratis ini diberikan mulai saat masuk hingga lulus pendidikan.

Program pendidikan gratis ini ujar Udin, ingin mewujudkan nonprofit. Lembaga ini tidak hanya berpikir bisnis semata, tapi juga sangat penduli dengan pendidikan masyarakat kurang mampu. PKBM semakin dikenal, jumlah muridnya semakin bertambah dari waktu ke waktu, terutama sejak didirikan pada tahun 2008 lalu di Belakang Padang.

Murid PKBM juga sangat beragam, mulai dari masyarakat umum, pengusaha, hingga politisi. Dan sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada masyarakat, pemerintah, kepada negara, makanya program Paket B gratis ini dijalankan.

Udin yang juga Candidat Master (S2) di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat (Sumbar) ini melanjutkan, PKBM Mawar adalah wadah yang direkomendasikan Dinas Pendidikan Kota Batam untuk pendidikan nonformal. Beberapa pendidikan yang diselenggarakan lembaga ini yaitu home schooling ini untuk anak usia sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Home schooling adalah pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus.

PKBM Mawar sebut Udin, juga menyelenggarakan Pendidikan Kesetaraan berupa Paket A setara tingkat SD, Paket B setara tingkat SMP, dan Paket C setara tingkat SMA. Pendidikan Kesetaraan ini cocok bagi anak usia sekolah atau masyarakat umum yang tidak ada waktu, karena faktor usia, fahtor waktu, dan berbagai faktor lainnya, sehingga belum mendapatkan ijazah SD, SMP, dan SMA.

Selain itu PKBM Mawar juga menjadi tempat untuk mendapakan Bimbingan Belajar tingkat SD, SMP, SMA, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Mulai tahun 2008 lalu ujar Udin, PKBM Mawar telah meluluskan ratusan anak didik. Saat ini, pada Pendidikan Kesetaraan berupa Paket A telah memiliki sebanyak 75 murid. Pendidikan Kesetaraan berupa Paket B memiliki 200 murid. Dan Pendidikan Kesetaraan berupa Paket C memiliki sebanyak 250 pelajar. Siswa tadi berasal dari berbagai kota kabupaten se Kepri.

Guna memberikan pendidikan berkualitas dan kompetitif papar Udin, PKBM Mawar menyediakan fasilitas pendidikan gedung permanen, ada AC, toilet. Untuk tenaga pengajar, saat  ini telah ada 15 instruktur dengan berbagai berbagai spefifikasi dan memiliki pendidikan minimal sarjana (S1).

Untuk informasi lebih lanjut tentang Home Schooling, Pendidikan Kesetaraan, dan Bimbingan Belajar, Anda bisa datang ke PKBM Mawar di Town House Puriloka Blok A 30 Seipanas, Batam. Serta PKBM Mawar di Kaveling Seroja Blok E nomor 205-207 Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Batam. ***

October 11, 2013 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: