Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Pemuda sebagai Pemersatu Bangsa

PMII Kota Batam Menggelar Dialog Pemuda dan Mahasiswa

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

RATUSAN mahasiswa yang terhimpun dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Batam menggelar Dialog Pemuda dan Mahasiswa di Aula Kampus Ibnu Sina, Pelita, Batam, Selasa (29/10/2013).

Ibnu Sina Batam, Sa 18 Juni 2013. F Suprizal Tanjung image

Kampus Ibnu Sina Batam, di Jalan Teuku Umar RT 002 RW 04, Kelurahan Kampung Pelita, Kecamatan Lubukbaja, Batam, Selasa (18/6/2013). F Suprizal Tanjung

Nasa sumber dalam acara ini yaitu Dosen Politeknik Negeri Batam Muhammad Zaenuddin MSc.

Kegiatan yang dihadiri 150 peserta ini digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Senin (28/10/13) itu, mengambil tema Pemuda sebagai Garda Terdepan dalam Menangkal Pengaruh Demokrasi Liberal di Indonesia.

Ketua PMII Batam Riski Firmanda dalam dialognya mengatakan, peranan pemuda dan mahasiswa dirasa sangat kecil sekali.

‘’Pemuda harus bisa mengilhami gerakan para pendahulu untuk bisa mewujudkan peran dan entitasnya,” ujar Riski sambil mengajak rekan-rekannya menyerukan isi Sumpah Pemuda.

Zaenuddin atau akrab dipanggil Zain menyampaikan, peran pemuda sangat dibutuhkan dalam perjalanan sebuah negara. Tidak bisa diabaikan, pemuda merupakan sentral dari sebuah perubahan.

Zaen yang juga candidate doktor di Universitas Indonesia  itu menambahkan, perjuangan harus konsisten. Seseorang, ketika masih mahasiswa, dia adalah aktivis dan sangat idealis serta memperjuangkan hak rakyat. Tapi, ketika diberikan amanah jabatan, idealisme yang tertanam pada saat memperjuangkan hak bangsa jadi memudar.

Zain menilai, krisis keteladanan mulai terjadi dan konsistensi mulai memudar saat ini. Jika idealisme dan konsistensi masih dimiliki, meskipun seseorang telah mendapat jabatan tinggi, maka dia pantas diberikan peringkat tertinggi karena mampu menjaganya.

Ditambahkan, kesadaran diri adalah paling utama secara kolektif. Keragaman dan kemajemukan bangsa yang melahirkan Indonesia bukan tanpa proses singkat.

Fakta sejarah, peran pemuda sangat besar bagi negara. Namun saat ini sangat miris sekali. Berdasarkan survei dari harian sebuah Koran nasional, pemuda yang tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebanyak 73 persen. Peran pemuda dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan jawaban survey sebanyak 63 persen.

Namun menurutnya, pasca reformasi terjadi klimaks, tidak sedikit pula pemuda saat ini berperan dalam politik. Mengenai Batam, saat ini telah hilang kepercayaan, mudah terprovokasi dari luar. Sehingga sebagai kelompok pemuda seharusnya memberikan contoh menjadi pilar dalam membangun bangsa seperti tujuan awal perjuangan pemuda Indonesia.

Indonesia bukanlah tujuan, Indonesia merupakan suatu proses menjadi dalam mencapai kesejahteraan dari kemajemukan. Ini adalah fakta sejarah yang tidak boleh kita lupakan.

PMII Kota Batam beralamat di Ruko Citra Mas  Kota Batam, Blok A1 nomor 05, Batam Centre. Dekat perumahan Greenland, Batam Centre.  ***

October 30, 2013 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: