Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

PP Batuampar Khitan Anak Tanjungsengkuang

Kerja sama dengan Masjid Nurul Jama’ah

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam 

PENGURUS Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Batuampar dan Ranting PP Tanjungsengkuang melaksanakan Khitanan Massal, di Masjid Nurul Jama’ah, Blok E RT 01 RW 11, Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar, Minggu (22/ 12/ 2013) pukul 08.00-1200 WIB.

PP Batuampar, Suwandy, Mu 18 Mei 2014, F Suprizal Tanjung image3

Suwandy (Asun) di Jodoh, Batuampar, Minggu (18/5/2014) F Suprizal Tanjung

Khitanan yang diikuti 47 anak duafa  ini bekerja sama dengan pengurus Masjid Nurul Jama’ah Tanjungsengkuang. ‘’Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama, dan cerdik pandai yang ada di Tanjungsengkuang,’’ papar Ketua PAC PP Batumpar, Suwandy atau akrab dipanggil Asun, ketika itu.

Hadir di acara ini, Ketua Masjid Nurul Jama’ah Puji Widakdo, Ketua RW 11 Amran, Ketua Bidang Agama PP Kepri ustaz Muhammad Basir. Juga hadir pengurus Ranting PP Batumerah, Kampung Seraya, dan Seijodoh seperti Muhammad Joni Siregar, Mulyadi, Buhari, dan lainnya.

Asun menyebutkan, khitanan ini adalah bentuk dari pengabdian PP kepada masyarakat. PP adalah bagian dari masyarakat. Tidak salah bila pikiran, tenaga, dan apapun yang ada pada PP diberikan kepada masyarakat. Salah satunya, dengan melaksanakan khitanan massal.

Khitanan ini sebut Asun, sekaligus menjadi bentuk rasa terima kasih PP kepada masyarakat. PP semakin menyatu dengan masyarakat. Sebelumnya, PP telah banyak membantu, melakukan berbagai program seperti donor darah, gerakan kebersihan, dan lainnya. Semua merupakan wujud penyatuan dengan masyarakat. Hal ini akan terus dilakukan PP sampai kapanpun.

Melalui khitanan ini ujar Asun, bukan hanya kebersihan dan kesehatan saja yang akan diperoleh. Acara ini semakin mengentalkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat, terutama umat Islam di daerah ini. Hal ini terlihat, menjelang dan saat khitanan, para bapak dan ibu di daerah ini telah menyiapkan minuman, makanan, untuk para tamu, undangan, dan juga anak-anak yang dikhitan. Orang tua dan keluarga makin meramaikan acara sekali seumur hidup bagi anak yang dikhitan tersebut.

Ustaz Basir dalam ceramahnya menyebutkan, khitanan ini, sangat penting bagi umat Islam. Anak lelaki, sejak kecil sudah diajarkan untuk hidup bersih (dikhitan, red), mengeluarkan darah, tidak loyo, berani melihat darah. Khitanan ini adalah  pendidikan awal bagi umat Islam untuk berani, tidak cengeng, kompak, patuh kepada orang tua, patuh kepada guru, dan orang yang dituakan.

Puji Widakdo dan Amran menambahkan, mereka berterima kasih  kepada PP Batuampar. Berkat kerja sama ini, proses khitan untuk 47 anak tersebut berlangsung sukses. Ke depan, mereka berharap, PP Batuampar akan datang lagi ke Masjid Nurul Jama’ah.

‘’’Silaturahmi dan kerja sama ini kiranya tidak berhenti sampai di sini saja. Masih banyak anak-anak di Tanjungsengkung yang belum dikhitan. Kita sangat mendukung kehadiran PP Batuampar di sini,’’ papar Puji Widakdo.

Khitanan ini mendapat bantuan dari tim medis yang diketuai mantri Triyoso dan tujuh orang personel medis lainnya. Khitanan berlangsung cepat, karena panitia menyediakan lima tempat tidur sebagai tempat untuk mengkhitan.  ***

December 22, 2013 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: