Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Asman Abnur Bangun Batam Tourism Polytechnic

Kerja Sama dengan Piza University Italia dan Culinary Institute of America

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

KELUARGA besar Yayasan Vitka melakukan doa dan syukuran atas peresmian Batam Tourism Polytechnic (BTP) di Kompleks Tiban Ayu (di belakang masjid Jabal Arahmah, atau SDN 11 Tiban), Batam, Sabtu (14/6/2014).

Asman Abnur, Mu 21 Juli 2013. F Suprizal Tanjung (3) image

H. Asman Abnur, S.E., M.Si, di Masjid Jabal Arafah, Batam, Minggu (21/7/2013). F Suprizal Tanjung

‘’BTP akan menjadi lembaga pendidikan pariwisata berlevel internasional dan diterima di pasar wisata dunia,‘’ ujar Ketua Pembina Yayasan Vitka, H Asman Abnur SE MSi saat itu.

BTP kampus, Minggu 8 Feb 2015 F Suprizal Tanjung (2) image3

Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) berdiri megah di Kompleks Tiban Ayu (di belakang masjid Jabal Arahmah, atau SDN 11 Tiban), Batam, Minggu (8/2/2015).

Saat syukuran tersebut, keluarga besar Yayasan Vitka (yang menaungi BTP), dan keluarga besar Asman Abnur memberikan santunan untuk puluhan anak yatim piatu.

BTP kampus, Minggu 8 Feb 2015 F Suprizal Tanjung (1) image3

Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) berdiri megah di Kompleks Tiban Ayu (di belakang masjid Jabal Arahmah, atau SDN 11 Tiban), Batam, Minggu (8/2/2015).

Pada rapat kerja (raker) di DPR RI papar Asman, salah satu tokoh yang mendukung didirikannya BTP adalah Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Indonesia, Mari Elka Pangestu.

Lewat dialog dengan Mari, papar Asman, didapat kesimpulan, perkembangan usaha di bidang pariwisata sangat luar biasa. Ditambah lagi, golongan ekonomi menengah ke atas tumbuh sangat cepat. Wisnu dan wisman semakin bertambah tahun 2014-2015. Tahun 2015, wisatawan nusantara (wisnu) diprediksi mencapai angka 400 juta orang. Wisatawan mancanegara (wisman) mencapai angka 12-15 juta orang. Ini membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) andal. Sementara, SDM di bidang hospitality relatif kurang. Semakin relevan, kebutuhan Malaysia Singapura terhadap SDM andal di bidang pariwisata tidak sedikit. Ini peluang bagi swasta dan pemerintah melahirkan SDM andal dari Kepri. Fenomena inilah salah satu dasar dibangunnya BTP untuk mendukung lahirnya SDM pariwisata pintar di Indonesia.

Asman melanjutkan, di belakang SPBU Vitka (juga milik Asman di Tiban) ada lahan seluas 3,5 hektare belum dimanfaatkan sejak lima tahun lalu (sejak 2008-2009). Awalnya dia bingung, mau digunakan untuk apa lahan tersebut. Saran, dialog, dan masukan dari Mari Elka Pangestu, dari sesama anggota DPR RI, juga dari kawan-kawan di Kepri, memantapkan keinginan mendirikan BTP yang memiliki moto Passion for Excellence. BTP telah memiliki izin pendirian: Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan RI nomor: 92/E/O/2014.

Asman yang sempat ‘’menghilang’’ pascapemilu legislatif Rabu, 9 April 2014, karena mengurus berbagai persiapan adminustrasi, legalitas, dan pembangunan BTP itu menambahkan, BTP bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung (Bandung Institute of Tourism), dulunya bernama NHI Bandung. Untuk meraih taraf internasional, BTP akan bekerja sama dengan Pizza University di Milan, Italia, serta Culinary Institute of America (CIA). Malaysia dan Singapura sangat beruntung dengan kehadiran BTP. Apalagi jarak Batam Singapura hanya 45 menit menggunakan kapal feri. Tenaga perhotelan dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura ingin training membuat pizza, bisa belajar di BTP. Biaya di BTP lebih murah dibandingkan Singapura Malaysia. Mahasiswa/ peserta akan diberikan sertifikat berstandar internasional.

BPT kata Asman, mempunyai link baik dengan Singapura. Setelah teori, mahasiswa BTP akan praktek Marina Sands Singapore, Sentosa Island Singapore, dan tempat lainnya. Singapura  menyambut baik BTP, sebab mereka kekurangan tenaga kerja andal. Ke depan, Indonesia tak lagi mengirim pembantu. Singapura Malaysia tidak akan lagi penuh dengan orang bermodal nekat (tanpa skil). Kepi akan mengirim tenaga andal, sarjana diploma I. II, III, dan IV bidang Majajemen Perhotelan, Tata Hidang, Culinary Art, Divisi Kamar, dan lainnya.  BTP akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan di sektor perhotelan/ pariwisata internasional.

‘’Jadi kalau mau sekolah jadi ahli masak profesional atau chef terkenal dan memiliki gaji ratusan juta rupiah, sekarang bisa di BTP. Tidak usah jauh-jauh ke luar negeri,’’ kata Asman.

Ketua STP Bandung, Anang Sutono CHE menyebutkan, BPT berdiri dari silaturahmi saat berada di Masjid Jabal Arafah yang dibangun Asman Abnur. ‘’Melihat kemegahan masjid, dengan melihat kesungguhan Pak Asman membangun Islam saya sangat senang. Saat itu saya langsung mengucapkan, Isnya Allah, saya akan bantu bangun, dan besarkan BTP,’’ sebut Anang.

Direktur BTP, Drs Tatang Rukhyat MSc menyebutkan, BTP mengusung konsep green campus (kampus hijau). Kampus di atas bukit ini didesain semaksimal mungkin untuk menunjang perkuliahan dan praktikum dengan atmosfir seperti hotel bertaraf bintang lima. BTP dilengkapi fasilitas penunjang praktikum seperti kamar hotel berkelas (suite room), dapur utama (main kitchen), dapur dingin, dapur panas, partycery, bakery, restoran, bar, lounge, serta fasilitas penunjang lainnya. BTP disiapkan menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional dan tekemuka di Asia Tenggara. Hampir setiap bulan orang Malaysia belajar ke Indonesia. Kini mereka tidak perlu jauh lagi belajar jauh-jauh. Cukup di belajar di BTP.

BTP membuka pendaftaran untuk jenjang Diploma IV Manajemen Perhotelan, Diploma III Hotel Konsentrasi Tata Hidang, konsentrasi Tata Boga, Konsentrasi Divisi Kamar dan DIII Culinary Art. Pendaftaran ke kampus BTP dapat diakses melalui http://www.btp.ac.id dan dibuka mulai 23 Juni sampai 28 Agustus 2014. Kuliah dimulai 22 September 2014.

Untuk informasi, H. Asman Abnur, S.E., M.Si (lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat, 2 Maret 1961; umur 53 tahun) adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia merupakan mantan Wali Kota Batam, dan anggota DPR RI dari Kepulauan Riau. ***

Advertisements

June 16, 2014 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: