Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

SBY, Presiden RI Paling Sering ke Ranah Minang

Datang Ketika Suka dan Duka

PADANG –Kunjungan seorang presiden ke satu daerah tentu akan membawa arti tersendiri bagi daerah itu. Bagi Sumatera Barat hal itu terasa sekali. Khususnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Belum pernah tercatat dalam sejarah kepemimpinan di negeri ini, seorang presiden dalam kurun lima tahun sampai sepuluh kali mengunjungi ranah Minang yang permai ini. Presiden itu adalah Susilo Bambang Yudhoyono.

SBY dan Nyonya SBY Diberi Gelar Datuk Minang

Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono memakai pakaian adat Minang saat menerima gelar adat Sangsako Minangkabau dari Masyarakat Tanjung Alam dan Pewaris Kerajaan Pagaruyung di Istano Basa Pagaruyung, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat 22 September 2006.

Presiden RI lainnya, tidak bisa menandingi rekor kunjungan Presiden SBY ke Sumatera Barat. Rindu  dan takjub akan keindahan alam  dan panorama Minangkabau, betah karena kenyamanan dan keamanan terjamin, senang dengan keramahtamahan masyarakatnya, salut  dan bangga akan SDM-nya yang cepat beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan tanpa meninggalkan akar budaya.

Menghormati keregiliusan umatnya.“Perkenalan” pertama SBY dengan Ranah Minang dimulai ketika menjabat Menteri Koordinator Polkam semasa Kabinet Megawati Soekarnoputri 2004. Saat itu ia menghadiri seminar Tungku Tigo Sajarangan yang diselenggarakan di Padang. Pada masa kampanye Pilpres 2004, SBY kembali datang ke Sumatera Barat.

Ini kedatangan yang merupakan kunjungan ujian. Apakah ia akan dapat diterima di hati masyarakat Sumatra Barat atau tidak? Apalagi untuk menjadi presiden ia hanya diusung Partai Demokrat yang dalam Pemilu 2004 tidak berhasil mengumpulkan suara yang signifikan. Tapi akhirnya Allah sudah menakdirkan, SBY terpilih dan iapun menjadi Presiden RI berikutnya menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Kunjungan ketiga SBY terlaksana setelah menjadi Presiden RI. Ini kunjungan pertamanya sebagai Presiden ke Sumatera Barat. Itu terjadi pada April tahun 2005 ketika meletusnya  Gunung Talang Solok. Ketika itu Gamawan Fauzi masih menjadi Bupati di Kabupaten Solok.

Presiden menyatakan keprihatinan yang mendalam setelah melihat para pengungsi di kecamatan Lembah Gumanti. Dalam tahun itu juga, yakni pada 15 Agustus 2005, Gamawan Fauzi dilantik menjadi gubernur pilihan rakyat yang pertama pasca otonomi daerah.

Berselang sepuluh hari setelah pelantikan Gamawan itu, Presiden SBY datang lagi. Kali ini untuk meresmikan Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM) di Ketaping Padang Pariaman. Enam bulan berikutnya bersama Ibu Negara  Ibu Ani Yudhoyono, SBY berkunjung lagi yaitu tanggal 11 Januari 2006. Ini adalah kunjungan yang terlama. Sampai empat hari SBY di kampung awak ini. Bersama kunjungan Presiden ke Bukittinggi ini juga sekaligus berkunjung Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi.

Saat itu diselenggarakan pertemuan bilateral Indonesia-Malaysia yang kemudian diikuti pertemuan B to B oleh kalangan usahawan Indonesia maupun usahawan Sumatra Barat dengan mitranya dari Malaysia. Dalam kunjungan ke Bukittinggi itu, selain menyempatkan diri berjalan-jalan ke pasar Bukittinggi, SBY bertemu dengan para veteran, ninik mamak dan para wartawan Sumatra Barat.

Gelar adat

Dalam tahun yang  sama tanggal 21 – 23 September presiden yang murah seyum ini, kembali lagi ke sini dalam rangkaian berbagai kegiatan utamanya antara lain menerima gelar kehormatan Yang Dipatuan Maharajo Pamuncak Sari Alam untuk SBY dan Puan Puti Ambun Suri untuk bundo Ani Yudhoyono.

Universitas Andalas juga menganugerahkan Doctor Honoris Causa kepada SBY ketika itu. Ini adalah masa paling panjang seorang Presiden ‘tinggal’ di daerah. Masih di tahun itu, persisnya pada 18 Desember 2006, Presiden SBY datang lagi ke Sumbar. Saat itu adalah dalam rangka peringatan Hari Nusantara yang dipusatkan di Pelabuhan Bungus Padang.

Selain itu, Presiden juga meresmikan Embarkasi dan Debarkasi Haji Padang.Tak hanya dalam suka, dalam duka pun Presiden SBY datang. Seperti ketika mengunjungi masyarakat yang terkena dampak meletusnya gunung Talang 2005, maka pada 17-18 September 2007 Presiden datang menyejukkan hati para korban gempa dahsyat yang mengguncang Sumbar dan Bengkulu.

Kali ini Presiden melakukan perjalanan darat yang panjang dari Muko-Muko Bengkulu ke Padang. Sedianya Presiden akan naik helikopter dari Muko-muko, tetapi cuaca yang tidak menguntungkan, Presiden memilih jalan darat sambil melihat masyarakat sepanjang jalan di Lintas Barat Sumatra itu.Pada 12-13 September 2007 itu Sumatra diguncang gempa dahsyat bersumber dari  laut Bengkulu.

Gempa itu bertepatan dengan umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa hari pertama. Lalu 4 hari pascagempa itu Presiden datang berkunjung.Kunjungan Presiden SBY ke Sumbar berikutnya 13 Desember 2008  dengan agenda utama meresmikan megaproyek bendungan Batanghari di  kabupaten Dharmasraya. Ini juga merupakan perjalanan darat yang panjang dilakukan Presiden RI, dari Padang ke Dharmasraya di perbatasan Sumbar-Jambi.

Perjalanan pulang pergi itu menempuh jarak sekitar 500 Km. Sepulang dari Dharmasraya, Presiden bersama tokoh masyarakat mengadakan acara syukuran atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk Perdana Menteri RI pertama Mohammad Natsir. Acara itu digelar di PT Semen Padang.

Untuk menggenapi sepuluh kali kunjungannya ke Sumatra Barat, maka pada 29 Maret 2009, SBY dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat kembali berkunjung. Tapi ini hanya kunjungan dengan waktu tersingkat hanya empat jam saja untuk menyampaikan pidato kampanye di Lapangan Imam Bonjol Padang. ***

http://lintasdunia.wordpress.com/2009/05/24/sby-presiden-paling-sering-ke-ranah-minang/

Advertisements

November 27, 2014 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: