Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Belum Rampung, Jembatan 1 Dompak~Tanjungpinang Sudah Ambruk

Nilai Kontrak Rp 312 Miliar

PEMBANGUNAN lanjutan Jembatan I Dompak yang dikerjakan PT Wijaya Karya (WIKA) dengan nilai kontrak Rp 312 miliar berujung petaka. Memasuki akhir kontrak, jembatan tersebut ambruk, Jumat (2/10/2015) sore sekitar pukul 16.40 WIB.

“Kejadian ini adalah musibah bagi kami. Karena memang di luar perkiraan kami,” ujar Pimpro Jembatan I Dompak, Adi Prayitno, kepada sejumlah wartawan tadi malam, Jumat (2/10/2015).

Diakuinya, kejadian tersebut membuat semua target PT WIKA kacau balau. Karena pihaknya menargetkan jembatan tersebut sudah rampung dan akan tersambung dengan jembatan dari sisi Tanjungpinang pada November mendatang.

Meskipun demikian, pihaknya tetap berkomitmen untuk menyelesaikan tanggungjawab sesuai dengan kontrak kerja. Bahkan pihaknya juga siap dengan konsekuensi atas kejadian ini. Ditanya apakah yang menyebabkan ambruknya jembatan tersebut, Adi mengatakan pihaknya tidak bisa berandai-andai dan tidak berani berspekulasi.

“Jadi untuk kepastian penyebabnya, kami masih menunggu kajian dari tim ahli. Baik itu dari Manajemen Konstruksi (MK) maupun ahli-ahli engineering lainnya,” tegas Adi.

Adi menceritakan, sebelum kejadian di P 7 tersebut, aktivitas pengecoran sudah selesai dilakukan. Sebelumnya ada 35 pekerja yang berada di lokasi tersebut. Pengecoran selesai dilakukan pada pukul 16.30 WIB. Karena sudah selesai, sebagian besar pekerja pulang dan tersisa tiga pekerja yang bertugas melakukan finishing. Namun sekitar pukul 16.40 WIB, tiba-tiba jembatan ambruk.

Akibat kejadian itu, tiga orang pekerja tersebut terpaksa terjun ke laut. Beruntung, tidak terjadi korban jiwa. Menurut Adi, kedalaman laut di tempat kejadian sekitar 6 meter. Pihaknya juga langsung melakukan evakuasi.

“Salah satu pekerja hanya mengalami terkilir,” ungkap Adi.

Adi juga mengatakan, ambruknya sebagian jembatan tersebut bukan karena ditabrak kapal seperti dugaan masyarakat. Dia juga memastikan jembatan itu ambruk bukan karena beban yang terlalu berat.

Sebab pengecoran dilakukan secara bertahap. Dan bebannya juga disamakan dengan segmen lainnya. Adi menduga, hujan deras yang melanda wilayah Tanjungpinang pada Kamis (1/10) malam diduga turut memicu musibah tersebut.

“Apa yang sangat kami sesalkan adalah, jembatan akan tersambung dalam sebulan ke depan. Memang, kejadian ini membuat pikiran kami terusik,” keluh Adi.

Pada kesempatan itu, Adi juga mengatakan seharusnya progres pekerjaan yang sudah mereka lakukan adalah 80 persen. Bahkan pekerjaan yang harus diselesaikan tinggal 280 meter lagi. Dia menyebut, akibat insiden ini jembatan mengalami kerusakan berat sepanjang 35 meter.

“Kami juga tidak bisa memprediksi, berapa lama waktu yang kami butuhkan untuk perbaikan,” jelasnya.

Dijelaskan, ambruknya jembatan tersebut tidak mempengaruhi fondasi jembatan. Akan tetapi tetap saja perlu dilakukan pengujian-pengujian ketahanan kembali. Karena dalam pekerjaan, pihaknya tetap memperhatikan standar operasional, sehingga kualitas bangunan maksimal.

“Pekerjaan yang sudah kami lakukan selalu terukur. Sehingga kejadian ini di luar prediksi kami,” bebernya.

Sementara itu, Penjabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri, Rodi Antari, mengatakan menyiasati kondisi yang terjadi, pihaknya meminta kontraktor untuk menggesa pekerjaan dari sisi Tanjungpinang. Karena memang, untuk lokasi yang bermasalah, harus diselesaikan melalui investigasi dari tim ahli.

“Besok (hari ini, red) tim-tim ahli akan datang untuk melakukan investigasi,” ujar Rodi.

Ditegaskannya, selagi belum adanya serah terima proyek, tanggungjawab pekerjaan jembatan masih di tangan kontraktor. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kepri. (jpg)

October 4, 2015 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: