Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Sungai Carang Bakal Mandi Cahaya

FSC Jadi Ikon Sail Karimata 2016

Oleh SOCRATES, Batam

FESTIVAL Sungai Carang (FSC) yang ketiga, akan menjadi ikon dan bagian dari Sail Karimata  2016 yang merupakan event nasional. Selain mempromosikan Kepri sebagai tujuan wisata nasional dan internasional, juga sebagai poros maritim dunia serta akan dilayari kapal layar (yacht) dari berbagai negara.

socrates-selasa-23-april-2013-suprizal-tanjung-8 image

Socrates di Graha Pena, Batam Kota, Batam, Selasa (23/4/2013). F Suprizal Tanjung

”Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang, yang sudah bersedia melanjutkan gagasan Batam Pos Grup, menjadikan Festival Sungai Carang sebagai kalender tahunan event wisata, budaya, dan sejarah mengingat Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu,” kata Rida K Liamsi, Chairman Riau Pos Grup, Minggu (8/11/20156).

Gagasan FSC, kata Rida K Liamsi, selain menjadi kegiatan kolosal yang bernuansa sejarah, budaya dan wisata, akan tetap jadi ingatan, Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu serta mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan di Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepri.

Rapat pembahasan dijadikannya Festival Sungai Carang sebagai ikon dan agenda Sail Karimata 2016 dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pemprov Kepri Drs H Arifin Nasir, Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri Guntur Sakti S.Sos Msi, Kepala Dinas Pariwisata Pemko Tanjungpinang HM Juramadi Esram, Deputy COO Batam Pos Grup Socrates, General Manager Batam Pos Candra Ibrahim, General Manager Percetakan Bintana Suhairi, Wakil GM Batam Televisi Andra S Kelana, Koordinator Keuangan dan Administrasi Divre Batam Arga Permadi, manajer keuangan Batam Pos Roslina
Yanti dan manajer keuangan Bintana Wanda Sari Dewi.

Menurut Arifin Nasir, gaung Festival Sungai Carang yang digagas Chairman Riau Pos Grup Rida K Liamsi sungguh luar biasa.

‘’Event sejarah, budaya dan wisata ini harus dilaksanakan berkelanjutan. Kami mendukung penuh kegiatan Dinas Pariwisata yang menjadikan FSC sebagai agenda kegiatan nasional,’’ ujar Arifin Nasir.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri Guntur Sakti mengatakan, puncak acara Sail Karimata akan dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat dan Festival Bahari bakal dilaksanakan di Tanjungpinang, Kepri pada September–Oktober 2016. Sail sudah dilaksanakan delapan kali sejak Sail Bunaken, Sail Wakatobi, hingga Sail Raja Ampat dan Sail Boalemo. Sedangkan festival yang sudah dilaksanakan antara lain festival Derawan, Danau Sentani, Boalemo dan keempat Festival Bahari Kepri.

‘’Kegiatan ini akan jadi momentum menjadikan Kepri sebagai pintu gerbang wisata bahari Indonesia,’’ ujar Guntur Sakti, optimis.

Berbagai acara sudah dipersiapkan.  Antara lain, launching Festival Bahari Kepri, Eco Heroes yakni bersih-bersih Pulau Penyengat sebagai kawasan wisata sejarah dan budaya serta Indonesia Yacht Festival.

‘’Ini rangkaian acara pra event yang digelar mulai September 2016,’’ papar Guntur Sakti.

Rangkaian acara utama, bakal digelar Wonderful Kepri Art and Culinary, Kepri Star, modern sport, Kepri Expo, panggung seniman serta Kepri Carnival. Selain itu, acara yang bakal seru dan membetot perhatian publik yakni Dragon Boat Race, Parade Kapal Sungai Carang dan Tanjungpinang Skylantern.

‘’Sungai Carang akan bermandikan cahaya dari kapal-kapal hias yang akan melayari sungai yang menjadi titik awal sejarah Riau itu. Ribuan lentera juga akan diterbangkan ke angkasa,’’ ujar Guntur Sakti seraya menyebutkan, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang serta mengundang dari kabupaten/kota seperti Batam, Bintan, Karimun, Natuna, Anambas, Lingga ikut serta dalam parade kapal itu.

Berbagai lomba permainan tradisional, juga akan digelar di Pulau Penyengat dan Tepi Laut. Antara lain, lomba Jong, lomba sampan kolek, lomba renang Penyengat-Tanjungpinang, lomba panjat pinang, lomba pukul bantal, lomba tangkap itik dan lomba gasing.

Kepala Dinas Pariwisata Pemko Tanjungpinang Juramadi Esram juga menyatakan dukungannya terhadap Festival Sungai Carang , yang akan dijadikan acara tahunan di Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepri.

‘’Kami berharap, Festival Sungai Carang bisa disejalankan dengan Festival Tanjungpinang, yang menjadi agenda tetap Pemko Tanjungpinang,’’ katanya.

Arifin Nasir, Guntur Sakti dan Juramadi Esram berharap, Batam Pos Grup tetap ambil bagian dalam event tahunan seperti Festival Sungai Carang, yang memiliki gaung secara luas karena pengaruh kelompok grup media ini secara nasional. Selain itu, dukungan media lain seperti TVRI dan Majalah SWA, dan media lainnya.

Festival Sungai Carang pertama kali digelar tahun 2014 memperingati hari jadi Kota Tanjungpinang yang ke 230 tahun. Peserta aktif mulai dari pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa serta masyarakat umum, tercatat sebanyak 4.800 orang. Sedangkan pada FSC kedua tahun 2015 digelar bertepatan dengan Kepri menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional dan jumlah peserta meningkat menjadi sebanyak 7.600 orang. ***

November 9, 2015 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: