Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

LDII Kepri Cari Pemimpin Suka Tantangan

Muswil DPW LDII Kepri III Tahun 2015

DEWAN Pimpinan Wilayah (DPW),  Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Provinsi Kepri, menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) III tahun 2015 di Ball Room Hotel Allium, Nagoya Batam.

Abdul Chan Karikatur

Abdul Manaf Chaniago

Kegiatan bertema Membangun Sumber Daya Manusia, Profesional, Religius Menuju Provinsi Kepri Lebih Sejahtera, Aman, Berdaya Saing Global dan Berkeadilan dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia ini digelar selama dua hari, Sabtu (21/11/2015) sampai Minggu (22/11/2015).

Sebanyak 230 peserta hadir dalam kegiatan tersebut, yang terdiri dari Ketum DPP LDII KH. Abdullah Syam,  Ketua DPW LDII Provinsi Kepri, H . Abdul Manaf Chan, Ketua DPD Kota Batam, selaku Ketua Panitia Muswil H. Heryadi Slamet, perwakilan Gubernur bertugas membuka Muswil, Karo Kesra Provinsi Kepri,  Tarmidi,  Ketua MUI Prov Kepri KH. Karim Ahmad, sebagai pembaca doa, dan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII dari Kabupaten dan Kota se Kepri.

Sedangkan narasumber, dari staf Binmas Islam Kota Batam Resdin Efendi Pasaribu dan Direktur Binmas Polda Kepri, Kombes Sunarwan Sumirat, dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, H. Asman Abnur, S.E. M.Si.

Ketua DPD LDII Provinsi Kepulauan Riau, Abdul Manaf Chan, menyampaikan kegiatan Muswil ini memiliki arti yang sangat panting dalam upaya meningkatkan kiprah dan kinerja organisasi LDII di masyarakat. Seperti diketahui bangsa Indonesia dan umat Islam saat ini tengah dihadapkan berbagai masalah, seperti pengangguran, ancaman radikalisme, rawannya kestabilitasan keamanan, dampak negatif dari kemajuan teknologi, dan nantinya akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Untuk itu saatnya umat Islam sebagai pendukung yang mayoritas di Indonesia ikut andil dan berpertisipasi membantu pemerintah, secara bersama-sama,” ujar Chan.

Chan mengatakan, sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga LDII, Muswil adalah agenda rutin setiap lima tahun sekali. Dalam kesempatan ini sangat strategis dilaksanakan untuk melakukan perubahan, perbaikan sesuai aspek kehidupan dalam masyarakat, seperti regenerasi kepemimpinan dan mengakomodir perubahan dalam masyarakat menjadi program kerja menuju yang lebih baik.

“Saya berharap agar forum Muswilda ini betul-betul dapat dimanfaatkan sebagai wahana konsolidasi yang mampu menghasilkan kebijakan, menerima masukan yang berkembang di tengah masyarakat, juga dapat memilih nakhoda organisasi untuk menjabat lima tahun ke depan yang lebih profesional, religius serta mampu menghadapi tantangan masa depan yang lebih kompleks,” kata Chan.

Kepada anggota LDII dimana saja berada, khususnya di Provinsi Kepri, Chan menghimbau supaya terus memperketat dan mensosialisasikan enam karakter luhur dalam kehidupan bermasyarakat, agar bisa bekerja sama dengan baik, bisa rukun dan kompak, bersikap jujur, amanah, saling menghormati dan memperhatikan, serta hidup sederhana tidak berlebihan.

“Kalau enam karakter itu jalan, kehadiran LDII di tengah masyarakat dapat menjadi penengah pemersatu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” terang Chan.

Sementara itu Ketua Umum DPP LDII, Prof DR Ir KH Abdullah Syam MSc mengatakan, Muswil merupakan keputusan tertinggi dalam organisasi untuk level Provinsi.

“Jika tidak ada Muswil maka semua tanda-tangan yang ditandatangani oleh pengurus bisa batal. Itu sudah menjadi ketentuan hukum,” ujar Syam.

Muswil ini sekaligus untuk menyusun program kerja ke depan. Dalam penyusunan tersebut diharapakan agar program yang dirancang bisa bermafaat bagi masyarakat.

“Progaram jangan terlalu tinggi-tinggi, simpel bisa membumi, tapi manfaatnya dapat dirasakan masyarakat,” kata Syam.

Syam mengatakan, DPP terus mengakomodir program dan misi-misi di daerah, baik tingkat provinsi dan juga tingkat Kabupaten/Kota.

“Kita terus bersatu sinergi dalam program sehingga bisa bermanfaat. (cr14)

November 22, 2015 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: