Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Jemmy Rumengan: Batam Harus Semakin Baik

Pilih Calon Wali Kota 2015-2020 yang Berani dan Inovatif

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

BATAM tidak boleh hanya bergantung kepada pajak restoran, rumah makan, hiburan, hotel. Terlebih pada saat diberlakukannya MEA pada Desember 2015 ini.

Jemmy Rumengan, Sa 13 Mei 2014, F Suprizal Tanjung (7) ok image2

Jemmy Rumengan di Harmoni One, Convention Hotel & Service Apartments, Batam Centre, Selasa (13/5/2014). F Suprizal Tanjung

‘’Kita memerlukan Calon Wali Kota Batam Periode 2014-2020 yang punya keberanian, inovatif, banyak ide untuk mendapatkan pajak dan membangun Batam menjadi lebih baik lagi,’’ papar Pembina Yayasan Griya Husada, Prof Dr Ir Muhammad Jemmy Rumengan SE MM di Nagoya, Batam, Selasa (1/12/2015).

Jemmy Rumengan Koran, 2222

Gutingan koran yang naik di koran Batam Pos, Kamis (3/12/2015).  F Suprizal Tanjung

Pemimpin Batam kedepan lanjut Jemmy, harus pintar, banyak terobosan, dan berani mengambil satu kebijakan untuk membangun kota Batam ini seperti kota-kota besar lain di Indonesia. Retribusi sampah dan parkir misalnya, bila dikelola dengan baik, dicegah dan diantisipasi kebocorannya, akan mendatangkan pemasukan besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dana tadi bisa digunakan untuk membangun apapun, misalnya membangun jalan dua jalur seperti sudah dilaksanakan pemimpin Batam di Jodoh, dan Nagoya saat ini.

Batam yang dekat dengan Singapura, Malaysia, Thailand, merupakan pasar potensial. Pelabuhan di Batam, jika dikelola dengan baik, mudah perizinannya, aman, dan nyaman, akan diminati wisatawan, pengusaha dalam dan luar negeri. Kapal-kapal pun akan menjadikan pelabuhan di Batam sebagai tempat untama untuk berlabuh. Kapal yang berlabuh harus membayar. Anak Buah Kapal (ABK) yang turun ke Batam pasti berbelanja. Dan itu meningkatkan ekonomi Batam.

Daerah ini ujar Jemmy, harus menjadi pusat pusat pengembangan ekonomi perbatasan. Itu telah diawali dengan adanya Mulilateral Cooperation berupa Brunei Indonesia Malaysia Philipphine-East Asian Growth Area (BIMP-EAGA), lalu Indonesia Malaysia Thailande Growth Trianglet (IMT-GT) dan Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT).

Ada juga bilateral cooperation berupa Australia Indonesia Development Area (AIDA) dan Indo-Singapore Framework Agreement (ISFA), dan Malaysia-Indo Cross Border Trade Agreement (MI-CBTA). Kerja sama tadi perlu di-Batam-kan agar bermanfaat bagi daerah ini.

Di samping itu, tugas pemimpin Batam ke depan adalah menjadikan FTZ yang digulirkan sejak 20017 lalu bisa memberikan peluang baru bagi pertumbungan ekonomi. Batam sebagai Meeting Incentive, Conference and Exhitibion MICE City sejak 2006 perlu dibangkitkan lagi dengan memanfaatkan AFTA dan MEA.

‘’Peluang investasi, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan di Batam masih terbuka luas. Itu perlu digerakkan oleh wali kota yang berpengalaman dan tahu kebutuhan masyarakat,’’ ingat Jemmy.

Tugas wali kota kedepan, adalah membuat belanja daerah dan aparatur pemerintah lebih rendah daripada belanja publik. Belanja publik seperti untuk sarana pendidikan, jalan pelabuhan dan lainnya harus lebih besar daripada lainnya. Kemudian menjadikan pelayanan satu atap sistem online lebih efektif. Lalu, menjalankan interkoneksi antar SKPD menjadi cepat dan tepat.

Dualisme kepemimpinan antara BP Batam dan Pemko Batam juga tidak perlu ada. Sehingga penyelesaian legalitas kampung tua, alokasi lahan untuk sekolah, proses perizinan invetasi bisa efektif dan efisien. Semua dalam rangka, mensejahterakan masyarakat.

Sesuai UU Otonomi Daerah, dalam hukum tidak boleh ada lex spesialis, harus equal. Tidak ada lembaga satu lebih tinggi dari lembaga lainnya. Lalu, Batam sangat diminati pendatang. Sayangnya arus migrasi tadi tidak disertai keahlian cukup. Ini perlu diantisipasi dan ditanggulangi, agar tidak menciptakan masalah di tengah masyarakat.

‘’Banyak kekurangan dan kelemahan pemerintah sekarang. Semua ini perlu diubah oleh seorang pemimpin yang punya keberanian untuk mengubah dan memperbaikinya,’’ tegas Jemmy. ***

Batam, Kamis 3 Desember 2015

December 3, 2015 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: