Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Alhamdulillah Masih Diberi Umur Panjang untuk Salat (Asar)

Salat Itu Mau Pamer atau Kewajiban ?

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

JUDUL di atas, bukan untuk pamer, atau membanggakan diri. Apa mau unjuk eksistensi diri? Tak perlu itu. Sebab, salat Asar itu memang kewajiban kita sebagai umat Islam.

sholat 2

Mau pamer? Apa yang didapat dengan pamer ini? Dapat harta, naik pangkat? Apa dengan tulisan ini, mendadak saya jadi Bupati, Wali Kota, Gubernur, atau Menteri?

Atau dengan alasan ingin dipuji kawan-kawan, tetangga, mertua, orang tua, biar dikatakan alim, taat beribadah? Tidak. Tulisan di atas semata-mata ingin mengajak berbuat baik, dan benar.

Lalu apa hebat dan menariknya? Ya menarik dan hebat lah. Saya masih sehat, dan masih bisa salat.

Baik. Kembali ke pokok persoalan. Seringkali, karena kesibukan diri, membuat kita lupa mengerjakan salat lima waktu. Terutama sekali salat Asar. Kenapa salat Asar? Ya karena, tulisan ini dibuat pas selesai salat Asar. Asar hanya mewakili empat salat lainnya.

Seringkali, karena kesibukan diri, membuat kita lupa mengerjakan salat lima waktu. Terutama sekali salat Asar. Kenapa salat Asar?

Sebab, pada waktu Asar, aktivitas kerja sangat padat, saat orang-orang dituntut untuk menyelesaikan puncak kewajibannya (pekerjaannya) sebagai mahasiswa, guru, dosen, ustaz, wali kota, bupati, gubernur, menteri, bahkan predisen sekalipun.

Ketika itulah, kita dituntut menetapkan dua pilihan. Memilih Allah, atau memilih pekerjaan duniawi. Jawabannya apa?

Nabi Muhammad pernah bersabda: “Siapa saja yang tidak melaksanakan shalat Ashar, maka amal perbuatannya akan hilang sia-sia,” (HR Bukhari).

Allah Ta’ala berfirman,

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

“Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.” [QS. Al-Baqarah [2]: 238]

Menurut pendapat yang paling tepat, yang dimaksud dengan “shalat wustha” dalam ayat di atas adalah shalat ashar. Hal ini berdasarkan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika terjadi perang Ahzab,

شَغَلُونَا عَنِ الصَّلَاةِ الْوُسْطَى، صَلَاةِ الْعَصْرِ

“Mereka (kaum kafir Quraisy) telah menyibukkan kita dari shalat wustha, (yaitu) shalat ashar.”

Dalam ayat di atas, setelah Allah Ta’ala memerintahkan untuk menjaga semua shalat wajib secara umum (termasuk di dalamnya yaitu shalat ashar), maka Allah Ta’ala kemudian menyebutkan perintah untuk menjaga shalat ashar secara khusus.

Apabila seseorang dapat menjaga shalat wajibnya, maka dia akan mampu untuk menjaga seluruh bentuk ibadahnya kepada Allah Ta’ala. Insya Allah.

Mengajak salat bukan hanya di mulut. Tapi juga dengan perbuatan.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ (2) كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ (3)

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (QS. Ash Shaff: 2-3).

Ajakan untk mengerjakan salat bisa dikatans sebagai satu dakwah. Dakwah merupakan pilar-pilar Islam yang menjadikan bangunan Islam itu dapat berdiri kokoh dan menyebar kemana-mana. Setiap Rasul yang diutus oleh Allah Ta’aala mempunyai misi dakwah yang sama yaitu mengajak manusia kepada kalimat tauhid yaitu “Laailaaha Illallah”.

Dakwah merupakan perintah Allah, sebagaimana firman-Nya:

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (An-Nahl:125)

Nabi dan Allah telah banyak mengimbau kita melakukan salat. Bersyukurlah kita masih diberi umur panjang, nikmat kesehatan, dan keselamatan. Sehingga pada detik ini, kita masih bisa melakukan kewajiban salat Asar, dan emapat salat lainnya. ***
.
.
.
Batam, Minggu 20 Desember 2015
.
.
.

https://muslim.or.id/19792-jangan-remehkan-shalat-ashar.html
https://www.islampos.com/masya-allah-inilah-manfaat-shalat-ashar-101971/

December 20, 2015 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: