Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Gita Indrawan: Pendidikan Agama Harus Diutamakan

Permasalahan Moral Banyak Terjadi di Tengah Remaja

PENDIDIKAN agama sangat penting, karena itu pondasi membentuk karakter dan akhlah generasi muda.

”Bahkan pendidikan agama harus diposisikan di atas pendidikan formal lainnya,” sebut Wakil Rektor Universitas Putera Batam, Dr. Gita Indrawan, ST, MM  saat memberikan materi pada Talk Show, Sempena Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di aula Unrika, Batam, Sabtu (26/12/2015).

Kegiatan ini mengambil Pendidikan Agama Instrumen Membangun Peradaban Indonesia. Acara dihadiri ratusan ibu majelis taklim tersebut berlangsung lancar.

Hal ini kata Gita, karena permasalahan moral yang tidak sesuai dengan etika dan budaya ketimuran di Indonesia, dan itu terjadi di usia remaja.

”50-60 persen pengguna narkoba pelajar dan mahasiswa. 40 persen remaja Indonesia pernah melakukan hubungan seksual di luar pernikahan. Lalu, 45,49 persen penderita HIV AIDS berusia 20-29 tahun,” terangnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut sangat diperlukan penguatan pendidikan agama yang dimulai dari keluarga dan dunia pendidikan. Kualitas pendidikan tidak bisa dilihat dari hasil (output) saja tapi juga diukur saat dimulai dari input dan proses sehingga menghasilkan output.

”Makin tinggi pendidikan, hendaknya diiringi dengan sikap mental dan akhlak yang baik juga,” imbuhnya.

Pendidikan agama sekarang menurut Gita, bersifat normatif saja. Sehingga perlu hal-hal yang bersifat substansi berupa pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga menjadi perhatian dunia pendidikan untuk merubah karakter generasi muda. Selain itu, sangat dibutuhkan pengawasan yang baik dari orang tua.

”Pendidikan agama tidak hanya menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi saja, namun menjadi tanggung jawab keluarga,” katanya.

Kehidupan dalam keluarga dan pergaulan di masyarakat sangat menentukan tingkah laku seseorang. Mengubah perilaku anak, juga dimulai dari orang tua. Orang tua juga perlu menginstrospeksi diri dan meninggalkan hal-hal buruk

Untuk mengubah tatanan kehidupan baik diri sendiri, keluarga, maupun di masyarakat, harus dimulai dengan ilmu agama. Bahkan ilmu agama sangat banyak memiliki manfaat baik di kehidupan dunia serta mampu memberikan pertolongan di akhirat kelak.

”Hanya ilmu agama yang mampu memberikan pertolongan di kehidupan akhirat nanti,” tutupnya.

Hadir narasumber lainnya, Dewan Pimpinan Wilayah Hidayatullah Kepulauan Riau (Kepri), H. Ahmad Hanafi Taher, MA, dan  Ketua Ikatan Persaudaraan Imam Masjid Kota Batam, H. Ahmad Ridho Amir, MA.

Ahmad Taher menyebut peradaban Islam adalah manivestasi iman dan amal saleh. Islam sebagai salah satu agama yang diakui bangsa Indonesia di antara beragam kepercayaan lainnya. Saat ini Indonesia masih menyandang gelar negara mayoritas muslim terbesar di dunia.

”Kebangkitan peradaban Islam tidak hanya dilihat dari segi populasi, tapi juga perkembangan suatu negara. Indonesia dan beberapa negara muslim lainnya terus membuktikan eksistensinya di dunia internasional, agar menjadi negara yang maju di tengah gempuran globalisasi dan doktrin-doktrin barat. Juga menjadikan Islam sebagai peradaban yang ditunggu dunia internasional,” katanya.

Ketua Pelaksana, sekaligus Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Riau Kepulauan, Bosar mengatakan, talk show dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad.

”Pada momen Maulid Nabi ini, kita jadikan sebagai titik tolak perbaikan umat dan bangsa Indonesia. Semangat perjuangan Rasulullah harus menjadi pemicu untuk perubahan bangsa menjadi lebih baik,” katanya. ***

December 29, 2015 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: