Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Sembilan Sekolah Siap Gelar UN Online

Diselenggarakan April 2016

MULAI tahun 2016 ini, sembilan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Batam akan melaksanakan ujian nasional (UN) online. UN online ini, akan berlangsung bersamaan ujian nasional biasa yang akan diselenggarakan pada April mendatang.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam optimis bisa melaksanakan UN online pada tahun ini, dengan melihat berbagai kesiapan yang telah dilakukan kesembilan sekolah tersebut.

”Semula UN online dicanangkan akan dilaksanakan pada tahun 2015 lalu. Namun karena keterbatasan peralatan, sehingga UN online ini tak jadi diselenggarakan. Tapi sekarang kita opitimis bisa melaksanakannya,” kata Kabid Pendidikan Menengan Disdik Kota Batam, Andi Agung kepada Batam Pos, Selasa (12/1/2016).

Andi Agung menyebutkan, sembilan sekolah yang sudah siap melaksanakan UN online, yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 4, SMK Negeri 5, SMK Kartini, SMK MHS (Multi High School), dan SMK real.

Menurut dia, banyak kemudahan dan manfaat dari UN online ini. Salah satunya mengurangi tindak kecurangan, lalu cepat mengetahui hasil ujian.

”Hasilnya bisa diketahui tak lama setelah ujian digelar,” katanya.

Adapun persiapan yang telah dilakukan sekolah-sekolah tersebut untuk menyelenggarakan UN online ini, yakni komputer, jaringan internet, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Kepala SMA Negeri I Batam, Chaidir, mengatakan sekolahnya yang menjadi salah satu dari sembilan sekolah yang akan melaksanakan UN online sudah siap.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang melakukan pemesanan terhadap 40 unit komputer lagi. Maka, nantinya SMA 1 Batam memiliki sebanyak 120 unit komputer.

”Ujian nasional online ini, mengharuskan kami memiliki komputer setidaknya sepertiga dari jumlah siswa yang ada. Ada sebanyak 308 orang siswa yang akan mengikuti UN. Jadi harus memiliki 103 komputer, tapi saat ini baru kami miliki 80 unit saja,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya terus melaksanakan berbagai persiapan menghadapi ujian nasional online ini. ”Komputer yang kami miliki sedang diverifikasi, layak atau tidaknya,” tuturnya. (ska)

January 13, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: