Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

KTP Sejak 2011, berlaku Seumur Hidup

16 Ribu Warga Tunggu KTP

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bintan mencatat, setidaknya ada lebih dari 16 ribu warga yang belum mengantongi Kartu Identitas Penduduk (KTP). Dikarenakan masih banyak warga yang belum melakukan perekaman sidik jari dan foto. Selain itu, dari wajib KTP di Bintan yang berjumlah 104.578 jiwa, hanya 88.420 yang sudah mengantongi kartu identitas ini. Selebihnya masih banyak yang belum dicetak.

”Memang masih ada yang belum dicetak karena belum melakukan perekaman data seperti sidik jari dan foto, sehingga belum bisa dicetak,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bintan, Yudha Inangsa, kemarin.

Pada tahun 2013 silam, tutur Yudha, pemerintah pusat telah mengirimkan sebanyak 66.244 blanko E-KTP untuk warga Bintan yang disalurkan. Namun, karena banyaknya perubahan seperti salah penulisan Kabupaten Bintan menjadi Kabupaten Kepri, pindah alamat, perubahan status perkawinan, dan sebagainya, saat ini hanya 40.383 E-KTP yang masih utuh ditangan warga Bintan.

”Dari data yang kita punya, E-KTP kiriman dari pusat kepada kita sebanyak 66.244 ini data pada 28 Februari 2013, namun karena ada salah nomenklatur, saat hanya sisa 40.383 E-KTP yang tidak berubah,” katanya, Senin (1/2/2016).

Namun demikian, bagi warga yang sudah memiliki KTP Elektronik atau lebih dikenal dengan sebutan E-KTP, namun masa berlakunya telah habis, tak perlu repot-repot lagi mengurus untuk perpanjangan masa berlakunya. Karena Menteri Dalam Negeri (Mendagri), telah mengeluarkan surat edaran dengan Nomor 470/296/SJ tentang perubahan kebijakan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Dalam surat edaran yang berisikan tiga poin yang dikeluarkan pada tanggal 29 Januari 2016, dijelaskan bahwa pemegang E-KTP yang sudah habis masa berlakunya tidak perlu diperpanjang lagi karena setiap KTP yang dikeluarkan sejak tahun 2011, berlaku untuk seumur hidup. (muf)

February 1, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: