Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

41 Ribu Warga Kepri Pakai Narkoba

BATAM (BP) – Kasus penyalahgunaan narkoba di Kepri kian menghawatirkan. Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri mencatat, setidaknya ada 41 ribu warga di provinsi ini yang pernah mengonsumsi barang haram tersebut.

Benny setiawan Kepala BNNP Kepri -F Cecep Image

Benny Setiawan. F Cecep

Kepala BNN Provinsi Kepri, Benny Setiawan menjelaskan, sekitar 68 persen dari 41 ribu pengguna narkoba di Kepri merupakan pria yang bekerja di sektor formal. Hal tersebut mengancam kualitas sumber daya manusia (SDM) Kepri dan berimbas pada pembangunan di Provinsi Kepri.

Untuk itu Benny mengajak seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk berkomitmen meningkatkan ketahanan dalam menangkal penyalahgunaan narkoba.

Benny juga mengajak seluruh SKPD Kepri untuk mewujudkan rencana aksi daerah yang melibatkan seluruh jajaran SKPD untuk melakukan penyuluhan, sosialisasi, dan edukasi di kalangan pelajar, pekerja dan pegawai serta masyarakat umum.

Dia mengingatkan ancaman dari bandar narkoba yang kini tidak segan melakukan perlawanan terhadap aparat penegak hukum seperti yang telah terjadi di Jakarta dan Aceh. Untuk itu Benny mengajak seluruh SKPD untuk ikut mewaspadai kemungkinan munculnya ancaman serupa di Provinsi Kepri.

“Cikal bakal kampung narkoba di Provinsi Kepri harus diwaspadai. Contohnya Kampung Aceh di Batam,” kata Benny.

Benny menambahkan kampung Aceh telah menjadi daerah transaksi narkoba. Hal tersebut berdasarkan penyelidikan intelejen BNN Kepri dan Polda Kepri.

Untuk itu, Benny mengajak pemerintah daerah untuk mengidentifikasi anggota masyarakat Kampung Aceh. Hal ini sangat penting untuk menertibkan dan mendata ulang warga kampung tersebut, karena sebagian besar adalah pemukim liar tanpa hak mengelola atau memiliki kampung tersebut dan bahkan ada kemungkinan telah disusupi oleh bandar narkoba.

“Bila diperlukan, ada baiknya bila Kampung Aceh direlokasi, sehingga di Provinsi Kepri tidak ada kampung narkoba,” katanya.

Selain pengguna aktif, BNN Kepri mencatat sedikitnya ada 11.478 warga Kepri yang pernah coba-coba mengonsumsi narkotika. Yang lebih mencengangkan lagi, sebagian dari pengguna narkoba itu berasal dari kalangan pelajar. Sisanya merupakan pekerja dengan kesibukan tinggi. Namun dari 11.478 pengguna narkoba ini masih dalam kategori coba pakai.

“Narkoba bersifat stimulan, sehingga dapat merangsang syaraf untuk bekerja ektra tanpa merasa lelah” tutur Benny, dalam acara penyuluhan anti-narkoba bersama pengelola kawasan industri di Hotel Zest, Jodoh, Batam, Selasa (2/2/2016).

Meski masih dalam kategori coba pakai, penyalahgunaan narkoba oleh pekerja ini dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Karena bekerja di bawah pengaruh narkoba dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Untuk itu, Benny mengajak seluruh pelaku dan pengelola kawasan industri untuk melakukan pencegahan di wilayahnya masing masing.

“Saat ini SDM kami masih sangat terbatas. Karena itu kami memerlukan dukungan dari masyarakat, dalam hal ini para pemegang kebijakan di perusahaan “ ungkap Benny.

Sementara Bukti Rantau mewakili Dinas Tenaga Kerja Kota Batam mengajak komitmen perusahaan untuk berintegrasi dalam penanggulangan penyalahgunaan narkotika. Mengutip Permenakertrans nomor 11 tahun 2005 dan Perda Kota Batam nomor 5 tahun 2010, Bukti menyampaikan bahwa setiap perusahaan dan badan usaha berkewajiban untuk mengawasi lingkungan kerjanya dari penyalahgunaan narkotika, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Minimal dengan memasang informasi larangan penyalahgunaan narkoba juga logo stop narkoba,” imbau Bukti.

Perusahaan juga diimbau untuk melakukan tes urine narkoba secara mandiri dan berkala untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing masing. Terutama saat penerimaan karyawan baru. (cr17)

February 3, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: