Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Pelantikan Bupati, Wali Kota serentak 17 Februari

Ditatar di Jakarta

JAKARTA (BP) – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan wali kota dan bupati beserta wakilnya akan dilakukan serentak pada 17 Februari 2016 di provinsi masing-masing.

”Pelantikan bupati, wali kota dilakukan serentak pada 17 Februari di provinsi masing-masing, kecuali untuk Kalimantan Tengah yang melantik Mendagri karena pejabat gubernurnya masih Plt,” kata Tjahjo Kumolo di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Tjahjo mengatakan pelantikan bupati dan wali kota beserta para wakilnya ini dilakukan setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur seluruh Indonesia dilakukan pada 12 Februari 2016 di Istana Negara.

”Setelah dilantik para wali kota dan bupati akan kami undang ke Jakarta, mendengarkan arahan Presiden, Menko terkait, KPK, BIN dan lain sebagainya supaya pola pikirnya komprehensif, lalu mereka akan mengikuti diklat di Lemhanas,” ujar Tjahjo.

Sementara itu bagi para kepala daerah yang masih menjalani sidang sengketa, baru akan dilakukan pelantikan secara serentak pada Maret 2016.

Untuk kepala daerah terpilih yang ditetapkan sebagai tersangka dan terindikasi melakukan praktik korupsi, politik uang hingga ijazah palsu, tetap akan dilantik, dan apabila yang bersangkutan ditetapkan sebagai terdakwa maka jabatannya akan langsung dicabut.

Sebelumnya, Wali Kota Batam terpilih, Muhammad Rudi mengatakan, usai dilantik nanti pihaknya akan mengadakan syukuran untuk masyarakat Batam dengan mengundang artis Malaysia, Siti Nurhaliza. Tak hanya itu, masyarakat juga akan dimanjakan dengan sajian aneka gerobak makanan dari Usaha Kecil Menengah (UKM) di Batam. Hanya, ia pastikan kegiatan itu tak akan menggunakan uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Ini syukuran pribadi kita, tapi memang ditujukan untuk masyarakat, pestanya masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Batam tersebut.

Sedangkan terkait anggaran senilai Rp 1 miliar yang dianggarkan dalam APBD 2016, kata Rudi, akan banyak digunakan untuk rangkaian acara pisah sambut.

“Kalau itu kan nanti untuk perpisahan Wali Kota lama (Ahmad Dahlan) dengan pegawai dan staf serta dengan Muspida, tentu juga untuk menyambut saya juga, namanya pisah-sambut,” kata dia. (rna/ant)

February 7, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: