Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Bandara Hang Nadim Ditutup

Alat Bantu Navigasi Disambar Petir, 13 Penerbangan Dibatalkan

Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengeluarkan kebijakan menutup bandara atau tidak melayani penerbangan pada Minggu (7/2/2016) malam. Penutupan bandara dimulai pukul 18.00 WIB hingga Senin (8/2) pagi tadi sekitar pukul 06.18 WIB.

Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan penutupan bandara tersebut akibat kerusakan pada alat bantu navigasi penerbangan (ILS dan VOR) di bandara. Alat tersebut mengalami kerusakan akibat disambar petir.

“Alat bantu navigasi penerbangan rusak dan terpaksa bandara kami tutup,” ujar Suwarso.

Ia menjelaskan alat bantu navigasi penerbangan itu berguna bagi pilot utuk memberikan informasi jarak dan membaca arah dan lokasi pendaratan. Oleh karena itu, penutupan bandara dikhusukan pada pesawat yang akan landing di Bandara Hang Nadim Batam.

“Penutupan sebenarnya hanya pada kedatangan. Tapi berhubung pesawat yang berangkat itu dari pesawat yang datang, otomatis tidak ada penerbangan selanjutnya,” tuturnya.

Menurutnya, saat penutupan bandara tadi malam. seluruh penerbangan dari berbagai kota dengan tujuan Batam secara otomatis dibatalkan.

Selain itu pesawat yang tengah mengudara dialihkan ke bandara lainnya.

“Kita batalkan semua penerbangan menuju Batam. Dan yang berangkat tidak ada,” tegas Suwarso.

Suwarso mengklaim, kebijakan menutup sementara bandara ini tidak berdampak serius pada para calon penumpang yang akan berangkat dari Hang Nadim. Sebab pihaknya sudah memberikan penjelasan dan pengertian sebelumnya. Akibat penutupan bandara ini, sedikitnya 13 penerbangan dibatalkan.

Terdiri dari delapan jadwal kedatangan dan lima jadwal keberangkatan. Di antara maskapai yang terganggu jadwal penerbangannya adalah Lion Air, Nam Air, dan Citilink Indonesia.

Adapun delapan jadwal kedatangan yang dibatalkan adalah penerbangan dari Padang, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Palembang, dan Semarang. Sementara lima jadwal keberangkatan yang dibatalkan adalah penerbangan rute Batam-Pangkalpinang, dua penerbangan Batam-Jakarta, Batam-Jambi, dan Batam-Palembang.

Suwarso mengatakan, akibat kondisi ini pihaknya merugi sekitar Rp 23 juta. Kerugian ini dihitung dari biaya jasa pendaratan (landing), tarif Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U), dan biaya-biaya lainnya. Namun Suwarso memastikan, kondisi ini akan kembali normal mulai hari ini.

“Tidak ada masalah, besok (hari ini, red) sudah normal lagi. Untuk calon penumpang sudah diberi kompensasi oleh masing-masing maskapai,” katanya. ***

 

February 8, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: