Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Alat Navigasi Bandara Hang Nadim Kembali Normal

Bandara Hang Nadim Beroperasi Lagi

YOFI YUHENDRI, Nongsa

OTORITAS Bandara Internasional Hang Nadim kembali melayani aktivitas penerbangan baik take off maupun landing pada Senin (8/2) pagi, sekitar pukul 06.30 WIB. Sebelumnya, pihak bandara menutup aktivitas selama 12 jam akibat kerusakan pada alat bantu navigasi penerbangan (ILS dan VOR).

Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso mengatakan aktivitas di bandara kembali normal setelah alat bantu navigasi diperbaiki para teknisi. Sehingga, penerbangan domestik dan internasional kembali dibuka.

”Teknisi sudah memperbaiki alat itu, dan aktivitas di bandara kembali normal,” ujar Suwarso, Senin (8/2/2016) pagi.

Dia menjelaskan setelah dinyatakan dibuka, pihak bandara langsung menerima penerbangan rute Jakarta-Batam dengan maskapai Lion Air dan Citilink pada pukul 07.00 WIB. Selanjutnya, penerbangan rute Batam-Palembang dan Pangkal Pinang pada pukul 07.25 WIB.

”Pagi ini (kemarin) kita langsung menerima kedatangan dan keberangkatan pesawat dari seluruh tujuan,”  terangnya.

Menurut dia, seluruh calon penumpang sudah mendapat penjelasan dari pihak bandara maupun maskapai penerbangan yang akan digunakan terkait tutupnya pelayanan penerbangan. Selain itu, para penumpang langsung mendapatkan kompensasi dari masing-masing maskapai.

”Malam itu pas penutupan bandara, saya, petugas, dan pihak maskapai yang langsung menemui penumpang untuk memberikan penjelasan di ruang tunggu,” tegasnya.

Suwarso menambahkan dengan tutupnya bandara tersebut, pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp 23 juta. Hal itu dihitung dari pendapatan dari 600 calon penumpang serta biaya pelayanan jasa pendaratan, penempatan, dan penyimpanan pesawat udara (PJP4U) Garbarata (pelayanan untuk keselamatan pendaratan, tinggal landas, dan penyimpanan pesawat).

”Asumsi untuk kerugian berkisar Rp 23 juta,” tuturnya.

Pantauan Batam Pos, aktivitas di bandara kembali normal seperti biasanya. Para calon penumpang terlihat memadari pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengeluarkan kebijakan menutup atau tidak melayani penerbangan pada Minggu (7/2) malam. Penutupan bandara dimulai pukul 18.00 WIB hingga Senin (8/2) pagi sekitar pukul 06.18 WIB.

Penutupan bandara tersebut akibat kerusakan pada alat bantu navigasi penerbangan (ILS dan VOR) di bandara. Alat tersebut mengalami kerusakan akibat disambar petir.

Alat bantu navigasi penerbangan itu berguna bagi pilot utuk memberikan informasi jarak, membaca arah, dan lokasi pendaratan. Oleh karena itu, penutupan bandara dikhusukan pada pesawat yang akan landing atau tujuan Batam. ***

February 9, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: