Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Pelamar Ribuan Orang di Batam, Lowongan Cuma 20

SEIBEDUK (BP) – Ribuan pencari kerja (pencaker) kembali berjibaku untuk memperebutkan kuota tenaga kerja yang dibutuhkan PT Sumitomo Wiring System, Batamindo Industrial Park (BIP) Mukakuning, Selasa (9/2/2016).

Sebelumnya, ribuan pekerja antre untuk memasukkan lamaran ke perusahaan tersebut. Tapi kali ini manajemen perusahaan memilih Pujasera Batamindo Industrial Park untuk tempat seleksi awal sekaligus menerima berkas lamaran kerja.

Sejatinya, penerimaan kali ini merupakan penerimaan lanjutan yang dilakukan Jumat (5/2) lalu, dan lowongan hanya dikhususkan untuk pencaker pria. Mereka pun was-was karena banyaknya pelamar yang mengajukan permohonan kerja. Terlihat para pencaker berbaris menunggu antrean sambil memegang map berwarna merah berisikan lamaran pekerjaan. Di luar area juga dipenuhi kendaraan sepeda motor milik pencaker sejak pagi hari.

Selain itu, dalam penerimaan kali ini juga mendapat kawalan ketat dari kepolisian untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Di lokasi panitia terlihat memeriksa tinggi badan calon pekerja, tinggi minimal dipatok yakni 160 centimeter . Jika tinggi tak memenuhi syarat tidak akan diterima. Seperti yang dirasakan pencaker asal Tanjungbuntung, Abdul. Alumni SMK Hang Tuah Batam Jurusan IT  tahun 2015 itu, harus menelan kekecewaan lantaran tingginya hanya mencapai 156 centimeter.

”Tinggi kurang, padahal berharap lamaran diterima dulu. Sejak lulus belum bekerja saya,” kata Abdul.

Namun Abdul tak patah semangat, jika ada perusahaan yang membuka lowongan lagi dia akan tetap melamar. Dia berharap pihak perusahaan dapat memprioritaskan calon pekerja lokal seperti dirinya.

”Maunya kita yang di sini (lokal), kalau dari daerah lain (rekrut) yang diambil mau kemana kita,” kata pria yang sejak SD hingga SMK bersekolah di Batam ini.

Berbeda dengan Abdul, surat lamaran pencaker lain yakni Supriyono alias Ujang diterima pihak perusahaan untuk diverifikasi lantaran tingginya melebihi 160 centimeter, selanjutnya dia akan menunggu panggilan.

”Sangat berharap (dipanggil),” ujarnya singkat.

Utamakan Pekerja Lokal

Sementara itu, manajemen PT Sumitomo Wiring Systems Batam Indonesia memastikan dalam perekrutan tenaga kerja baru akan lebih mengutamakan pekerja lokal dari pada pekerja luar daerah.
Senior General Manager PT Sumitomo Wiring Systems Batam Indonesia, Djoko Adiprabowo mengatakan saat ini pihaknya kembali melakukan penerimaan lamaran sesi kedua untuk pria, setelah sebelumnya sudah menyeleksi 60 lamaran untuk wanita dari ribuan pelamar yang memberikan lamaran, Jumat (5/2) lalu.

”Kemarin (Jumat, 5/2) sudah untuk wanita, saat ini kita lakukan tahap kedua untuk penerimaan pria sebanyak 20 orang, tapi kita akan lebihkan lagi, melihat jumlah pelamar membludak seperti ini,” ujar Djoko kepada Batam Pos kemarin.

Menurut Djoko banyaknya jumlah pengangguran di Kota Batam ini, merupakan permasalahan serius yang harus segera diselesaikan. Sebab nantinya akan menimbulkan ekses yang berpengaruh pada kehidupan sosial, dimana jumlah tindak kriminal akan semakin bertambah banyak.

”Pengangguran makin banyak, pasti kejahatan akan bertambah, tak kerja, terpaksa lah nyuri, atau bisa jadi yang lainnya,” sebutnya.

Djoko mengaku sangat miris melihat banyaknya jumlah pencaker di kota industri ini. Seharusnya pemerintah atau instansi terkait, terutama Disnaker bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Batam ini.

Djoko menyebutkan secara keseluruhan saat ini PT Sumitomo memiliki 1.400 karyawan. Sementara itu, pihaknya menargetkan sampai akhir tahun 2016 akan menambah sebanyak 1.100 karyawan lagi. Dengan total keseluruhan menjadi 2.500 karyawan. (cr13/cr20)

February 10, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: