Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Wawako Batam Jamin e-KTP Bebas Pungli

Hari Pertama Pengurusan e-KTP di Kecamatan

TIM BATAM POS, Lubukbaja

Pemerintah Kota (Pemko) Batam resmi meluncurkan pengurusan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) satu jam selesai di kantor Kecamatan Lubukbaja, Kamis (18/2) pagi. Namun, pada hari pertama itu, belum semua kecamatan dapat melayani masyarakat yang ingin mengurus e-KTP maupun kartu keluarga (KK).

Misalnya, di Kecamatan Batuaji, Sagulung, Bengkong, dan Batamkota. Empat kecamatan ini belum menerapkannya dengan berbagai kendala, seperti  belum adanya operator cetak. Di Kecamatan Batuaji satu perangkat komputer serta satu unit alat cetak telah sampai Rabu (17/2/2016) siang lalu, namun operator cetak dari Disduk Capil belum ada yang ditempatkan.

”Belum ada operator cetak,” kata Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Batuaji, Safrianto kepada Batam Pos.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kecamatan Sagulung.

”Petugas yang cetak belum ada dari Disduk, kalau peralatan sudah ada,” ucap seorang petugas di Kecamatan Sagulung.

Ironisnya, pegawai tersebut mengaku tak mengetahui jenis kepengurusan yang mana yang akan diprioritaskan selesai dalam waktu satu jam.

”e-KTP yang jenis apa yang satu jam itu saja gak tahu kita,” tambahnya.

Dia juga mengatakan kebijakan baru tersebut belum tahu kapan akan efektif. ”Kita tunggu keputusan pimpinan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kadisduk Capil Kota Batam, Mardanis mengklaim tujuh kecamatan di daerah mainland sudah bisa melaksanakan pencetakan e-KTP, kecuali Kecamatan Bengkong dan Batuaji.

”Bengkong dan Batuaji belum. Bengkong itu karena pejabat fungsional dipindahkan ke Lubukbaja, tapi akan segera kita cari pengantinya. Besok (hari ini) sudah ready semua. Sedangkan Batuaji server masih terkoneksi,” katanya kepada Batam Pos kemarin.

Mardanis menegaskan untuk permasalahan server, pihaknya akan melakukan langkah cepat.

”Kami akan laksanakan proses by pass saja, jadi servernya nanti bisa terkoneksi cepat,” ungkapnya.

Mardanis mengungkapkan akan menerapkan pengawasan langsung. Ia berjanji bila ditemukan adanya penyelewengan di lapangan, dirinya tak segan-segan untuk menindak.

”Saya akan beri sanksi,” ucapnya.

Menangani calo-calo e-KTP, Mardanis telah meminta anggotanya di lapangan agar tak melayani mereka.

”Saya sudah tekankan harus face to face. Pengurusan e-KTP harus orangnya langsung. Selain itu, memperlakukan setiap warga Batam sama, mau dia pejabat atau apalah. Perlakuannya harus sama semuanya,” terangnya.

Sementara itu, pelayanan e-KTP di Kecamatan Batamkota juga masih seperti biasa. Pantauan Batam Pos, terlihat warga yang mengurus e-KTP baik yang memperpanjang, mengganti KTP siak ke e-KTP, KTP rusak, perpindahan penduduk, dan perubahan data masih mendapat pelayanan seperti biasa.

Salah satu warga Legenda, Handoko yang mengurus perpanjangan e-KTP mengatakan ia sudah datang dari pukul 09.00 WIB dan harus menunggu sampai pukul 13.00 WIB untuk proses perekaman e-KTP.

”Masih seperti dulu, belum berubah,” ujarnya kepada Batam Pos.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Camat Batamkota, Chitra Widya mengatakan pengurusan e-KTP masih berjalan seperti biasa. ”Alat cetak dan blanko memang sudah ada, tapi petugas dari Disduk masih belum ada,” ujar Chitra.

Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Nongsa. Salah satu warga Batubesar, Galih yang mengurus perpindahan kependudukan dari Batamkota ke Nongsa. ”Berkas sudah saya kasih ke kecamatan, tinggal nunggu jadinya,” ujarnya.

Camat Nongsa, Syamsuri memberikan penjelasannya terkait hal tersebut. Ia mengatakan untuk mengurus e-KTP diperlukan waktu 21 hari kerja atau paling lambat sebulan untuk jadi. Di Kecamatan Nongsa sendiri juga sudah ada alat cetak dan blangko, namun petugas dari Disduk belum ada.

”Pihak kecamatan kan cuma menerima berkas, petugas dari Disduk yang mencetak. Kalau petugasnya saja belum ada, ya belum bisa,” ujarnya.

Syamsuri mengatakan bila petugas dari Disduk sudah ada, ia optimis pelayanan e-KTP selama satu jam selesai bisa terlaksana. (ska/cr13/cr16/cr17)

February 19, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: