Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Pemuda Kepri Siapkan Diri Hadapi MEA

Penguasaan Bahasa Asing Sangat Penting

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

GENERASI muda sebagai penerus bangsa wajib persiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016.

‘’Globalisasi saat ini, mengharuskan pemuda lebih kreatif dan inofatif,’’ sebut Kasi Pemuda Kanpora Kota Batam, Arif Hanasyam, SE dalam Diskusi Panel Kebangsaan, Membangun Kreativitas Pemuda dalam Pembangunan Daerah yang digagas Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ibnu Sina Batam di kampus Ibnu Sina, Pelita, Batam, Kamis (18/2/2016).

Kualitas diri pemuda katanya, perlu ditempa mulai dari saat ini. Peningkatan wawasan pengetahuan, dan penguasaan teknologi mutlak dilakukan. Daya saing yang tinggi, sudah di depan mata. Dalam menghadapi era MEA, pemuda Indonesia akan banyak  bersaing dan berkomunikasi dengan warga negara lain, sehingga penguasaan bahasa asing menjadi sangat penting.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam, Kadarisman, dan Ketua Bidang Pembinaan Anggota HMI Batam, Adri Wislawawan.

Kadarisman mengatakan pemuda harus aktif bersosialisasi dan berorganisasi agar dapat mengembangkan potensi dirinya, baik dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan relasi.

Saat ini peran pemuda mendapat tantangan dari berbagai macam bentuk. Pemuda saat ini ditantang dengan kondisi zaman yang semakin bebas dan tidak terkendali. Sehingga pengaruh lingkungan mampu mengarahkan pemuda ke arah tidak produktif.

‘’Globalisasi yang semakin bebas saat ini membuat para pemuda terbuai untuk menikmatinya ke dalam aktivitas yang membuang-buang waktu. Hal ini sangat merugikan untuk perkembangan kemampuan diri,’’ katanya.

Kadarisman menambahkan, semangat kewirausahaannya (entrepeneur skill) perlu ditanamkan dan dikembangkan dalam jiwa pemuda Indonesia. Tujuannya, agar pemuda Indonesia mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia dimasa depan, terutama dalam menjalani MEA 2016. Beban masa depan daerah, dan bangsa ada di pundak pemuda. Pemuda Indonesia dengan gerakan kepemudaan merupakan sosok penting memperjuangkan hak dan cita-cita bangsa. ***

February 23, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: