Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Gusti Raizal: Ekonomi Kuat Bila Didukung Semua Pihak

Wajib Gunakan Rupiah dalam Setiap Transaksi

TRANSFORMASI ekonomi memerlukan topangan kuat dari bidang lain, seperti politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, penegakan hukum, dan penghargaan pada hak azasi manusia.

Gusti Raizal Eka Putra_Dalil 1 image

Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra di Kantor BI Kepri, Batamkota, Batam, Minggu (2/3/2014). F Dalil

‘’Tanpa sinergi dan bantuan, tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara tidak akan kokoh,’’ sebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra saat seminar ekonomi dengan tema ‘Penggunaan Mata Uang Rupiah dan Dampaknya Bagi Pertumbuhan Ekonomi di Kepulauan Riau’ di Kampus Politeknik Negeri Batam, Sabtu (20/2/2016).

Seminar ini digagas Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis (HMMB) Politeknik Negeri Batam bersama Focus Group Discussion (FGD) Nusantara, dan Lembaga Study Kawasan Perbatasan dan Pembangunan Kepulauan Riau.

Narasumber lainnya yaitu Kadin Batam Dr. Mohamad Gita Indrawan, ST., MM,  H. Muhammad Zaenuddin, M.Sc serta Kanit Idik II Satreskrim Polresta Barelang, Kahardani, SH.

Upaya menguatkan nilai rupiah kata Gusti, BI menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang kewajiban menggunakan rupiah di wilayah NKRI dalam transaksi apapun terkecuali untuk transaksi tertentu. PBI berdasarkan tiga landasan yakni hukum, ekonomi dan kebangsaan. BI terus berupaya menjaga kestabilan nilai rupiah.

Gusti mengatakan bahwa UU Nomor 7 Tahun 2011, yang mengatur tentang penggunaan mata uang rupiah belum berjalan dengan efektif. Akan hal itu maka BI mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 17/3/PBI/2015, tentang kewajiban menggunakan uang rupiah.
‘’Peraturan Bank Indonesia nomor 17 tahun 2015, menopang UU Nomor 7 Tahun 2011. PBI tersebut mengatur tentang penggunaan Rupiah dalam transaksi tunai dan non tunai,’’ katanya.

Lebih lanjut, Gusti Raizal mengatakan bahwa landasan hukum UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang dan UU nomor 23 tahun 2009 tentang BI dan perubahan yang mengikutinya tetap berlaku diwilayah FTZ. Jika melanggar terancam pidana 1 tahun, dengan demikian BI terus berupaya untuk mencapai tujuan BI yakni memelihara kestabilan nilai Rupiah.

‘’BI terus berupaya menjaga kestabilan nilai rupiah. Pekerjaan kita yang masih banyak kedepannya adalah agar dapat terus bersinergi untuk terus menopang dan meningkatkan perekonomian Negara melalui penguatan rupiah,’’ katanya.

Terkait penggunaan mata uang rupiah di daerah perbatasan juga mendapatkan sorotan Gusti. Ia mengharapkan semua elemen masyarakat dapat mensosialisasikan mata uang rupiah sebagai bentuk penguatan kedaulatan negara.

‘Kita tidak ingin kasus Simpadan Ligitan terulang, dimana masyarakat disana lebih mengenal mata uang ringgit dibandingkan rupiah, bahkan dalam transaksi perekonomiannya, mereka menggunakan Ringgit Malaysia,” sebutnya.

Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam, Ari Wibowo mengapresiasi seminar ekonomi itu. Ia berharap mahasiswa dapat memotret kondisi pembangunan ekonomi di Batam dan Kepri umumnya.

Mohamad Gita Indrawan menyebutkan, tahun 2016 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kepri akan bertambah seiring semakin banyaknya PMA yang hengkang dari Batam. Untuk itu, diharap semua pihak untuk menjaga iklim investasi di Batam.

‘’Tingkat pengangguran akan semakin tinggi, karena investor banyak yang hengkang dari Batam. Pada tahun 2014, terdapat 37 perusahaan tutup dengan jumlah PHK 616 orang. Lalu,  tahun 2015 terdapat 41 perusahaan yang tutup dengan jumlah PHK 1.304 orang. Dipastikan ini akan bertambah,’’ katanya.

Gita mengharapkan semua pihak untuk menjaga iklim investasi yang ada di Batam. Ia memprediksi inflasi di Kepri tahun 2016 berkisar  4,5 persen – 5 persen. Hitungan ini, berbeda dengan BI yang memprediski inflasi berkisar diangka 4 persen. ***

February 24, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: