Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

PGN Bangun 4.000 Sambungan Gas Gratis di Batam

BATAM (BP) – Perusahaan Gas Negara (PGN) akan menambah 4.000 sambungan gas rumah tangga secara gratis untuk warga  Batam sepanjang 2016 ini. Pembangunan jaringan gas (jargas) tersebut merupakan bagian dari rencana menjadikan Batam sebagai kota gas (Batam City of Gas).

”Iya, kami sedang persiapan untuk memasang 4.000 sambungan di wilayah Sagulung dan Batuaji,” kata Head Area Sales PGN Batam, Saiful Hadi, Senin (1/3/2016).

Pihaknya juga menyatakan tengah melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk menerapkan program pemasangan empat ribu sambungan gas rumah tangga itu. Pasalnya, selain belum banyak warga yang tahu, penerapan program itu juga mesti diiringi dengan kewaspadaaan oleh masyarakat secara umum.

”Karena ini menyangkut energi,” kata dia.

Adapun, sambungan yang digratiskan yakni pemasangan sambungan dari jalur pipa cabang menuju ke rumah-rumah warga yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat itu.

”Yang gratis itu, satu rumah ada satu titik kalep instalasi,” katanya.

Saiful juga menyatakan sambungan gas itu aman asalkan sesuai dengan prosedur dan standar keamanan yang ditetapkan oleh perusahaan pelat merah tersebut.

”Karena tekanan (gas) yang masuk ke rumah-rumah sudah diturunkan jadi sekitar 30 mili bar,” jelas dia.

Tak hanya 4.000 sambungan itu saja, PGN Batam juga mengklaim masih melanjutkan program sambungan gas rumah tangga secara komersil. Tahun lalu, PGN menargetkan 1.000 sambungan namun baru tercapai sekitar 50 persen.

”Tahun ini targetnya ditambah jadi 500 sambungan lagi,” katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag)- ESDM Kota Batam menjelaskan alasan dipilihnya wilayah Sagulung dan Batuaji sebagai lokasi pemasangan sambungan gratis. Di antaranya, karena wilayah itu berdekatan dengan jalur pipa gas di Panaran, Tembesi, Sagulung.

”Karena salah satu syarat memang harus dekat dengan jalur pipa gas, dan di sana itu sudah dibangun oleh PGN dan konsorsium PLN,” papar Plt Kepala Disperindag-ESDM Kota Batam, Rudi Sakyakirti, kemarin.

Tak hanya itu, warga yang mendapat jatah itu juga dipilih yang masuk kategori tak mampu namun ingin menikmati sambungan pipa gas rumah tangga itu.

”Selasa mendatang akan sosialisasi dan presentasi nama-nama penerima siapa saja dan (alamatnya) dimana saja,” terang dia.

Jika program ini berhasil, Kepala Dinas katakan jaringan gas rumah tangga ini akan melengkapi target 8.000 sambungan terkoneksi di Batam dalam beberapa waktu ke depan. Hanya saja, 4.000 sambungan sisanya dilempar ke masyarakat secara komersil.

”PGN sendiri sepertinya memasng jaringan hingga ke Batuampar dan Nagoya,” imbuh dia.

Terpisah, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemko Batam, Gintoyono Batong mengatakan penggunaan sambungan gas untuk rumah tangga itu bakal menghemat anggaran pengeluaran rumah tangga. Dibanding penggunaan gas LPG, sambungan gas rumah tangga ini diklaim lebih hemat.

”Lebih hemat antara 30-40 persen,” kata dia.

Gintoyono yang mengaku baru kembali dari Jakarta mewakili Wali Kota Batam menerima proyek Pembangunan Jargas Bumi Batam untuk tahun 2016 itu mengatakan untuk tahun ini memang baru akan diwujudkan 4.000 sambungan. Namun, tak menutup kemungkinan pemerintah pusat akan menggelontorkan bantuan serupa untuk tahun-tahun mendatang.

”Batam butuh lebih kurang 267.000 sambungan, jadi yang proyek 2016 ini baru sekitar satu koma sekian persennya,” katanya. (rna)

March 2, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: