Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Klinik Kesehatan di Sudut Gedung Pemko Batam

Pernah Rawat Paspampres hingga Pengungsi Timur Tengah

Sepuluh tahun sudah Klinik Kesehatan Pemko Batam beroperasi. Sejumlah kalangan sudah pernah mendapatkan pelayanan medis dari klinik ini. Mulai dari PNS, warga biasa, hingga Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) RI.

ALFIAN, Batam

Dari luar, ruangan di lantai satu Pemko Batam ini tak terlihat seperti sebuah klinik kesehatan. Di pintu masuk ke ruangan itu, tidak ada penanda. Hanya pintu dengan sebuah handle besi. Jaraknya hanya sekitar 20 meter dari ruang bagian Humas Pemko Batam.

Begitu pintu dibuka, sebuah tempat tidur langsung menyambut di sebelah kanan ruangan. Sementara di sebelah kiri ada wastafel. Sebuah handuk kecil tergantung di dekat kran. Di meja di sudut ruangan sudah ada seorang wanita berpakaian dinas PNS. Dia seorang perawat di klinik itu. Saat itu ia sedang berbincang dengan seorang pasien, juga berpakaian dinas PNS.

”Ada keluhan Bu,” kata Melda Sari, perawat di klinik tersebut, Senin (7/3/2016).

”Tidak ada bu, mau cek tensi saja,” kata pasien itu menjawab.

Melda Sari kemudian mengambil sphygmomanometer atau yang juga disebut tensimeter yang tergeletak di atas meja. Dipasang ke lengan sebelah kanan pasien.

“Tahan nafasnya bu. Rileks saja,” katanya.

Hanya hitungan menit, pasien itu kemudian meninggalkan ruangan setelah mengetahui tekanan darahnya normal.

Setelah itu, ada beberapa PNS juga yang datang untuk memeriksakan tekanan darah. Seperti yang sebelumnya, hanya hitungan menit selesai.

“Seperti inilah kerjaan kami setiap hari. Selalu di atas 10 pasien atau bahkan sampai 30 pasien setiap hari,” kata Melda.

Lulusan Sarjana Keperawatan tersebut mengatakan, kebanyakan pasiennya adalah PNS pemko Batam. Meski memang kerap warga biasa juga menjadi pasiennya.

“Pegawai Pemko yang paling banyak. Tetapi banyak juga warga ruli (rumah liar, red) yang datang ke sini untuk berobat,” katanya.

Warga biasa, hanya dengan membawa BPJS Kesehatan bisa berobat  di sana.

“Sudah banyak yang tahu mengenai klinik ini kok,” katanya.

Selain itu, di ruangan berukuran 4×6 meter itu juga sudah pernah merawat pasien yang kecelakaan di Jalan Engku Putri. Termasuk juga para kalangan pendemo yang terlibat ricuh.
M Rois, Assisten Apoteker menambahkan keberadaan klinik kesehatan itu sudah sangat membantu masyarakat. Bukan hanya PNS, dan warga miskin yang sudah merasakan pelayanan di sana.

“Pengungsi dari Timur Tengah sudah banyak yang kami rawat. Kami cek kesehatannya,” katanya.

Pengungsi yang Rois maksud adalah para pencari suaka yang beberapa waktu terakhir banyak berdatangan ke Batam. Mereka banyak yang tinggal di Taman Aspirasi yang berlokadi di seberang Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Batamcenter. Umumnya mereka berasal dari negara-negara yang di kawasan Timur Tengah sedang berkonflik.

Kemudian beberapa tahun lalu, Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) juga sudah datang ke sana. Itu ketika presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke Batam.

“Kalau Pak Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Batam), dan anggota dewan sudah sering ke sini untuk cek kesehatan,” katanya.

Rois mengatakan, fasilitas di sana berupa perlengkapan dan obat-obatan lengkap di sana.

“Jadi apa obat yang ada di Puskesmas, di sini juga ada,” tambah Rois.

Menurut Rois, kebanyakan warga yang datang berobat ke sana adalah untuk cek darah, cek tensi, kolesterol, dan gangguan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

“Kami tidak pernah menolak warga yang hendak berobat ke sini. Silahkan saja datang ke sini. Kami pasti akan melayani,” katanya. ***

March 8, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: