Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Tanpa Bekal, Pasukan Raider Mampu Hidup di Hutan Tiga Bulan

MALANG (Realita) – Selama 84 hari (sekitar tiga bulan), pasukan tempur dari Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 503/Mayangkara, harus survival (bertahan hidup) di hutan belantara dan di pesisir pantai ketika latihan untuk menjadi pasukan elit Para Raider.

Meski tanpa dibekali logistik selama beberapa hari dihutan belantara, namun personil TNI AD ini mampu bertahan hidup dengan makanan seadanya. Seperti harus mengkonsumsi hewan liar di hutan Pulau Sempu, namun bagi prajurit Mayangkara, hidup di hutan saat latihan layaknya hidup di daerah peperangan dan menjadi ujian tersendiri harus dijalani.

Komandan Brigif Linud 18 Trisula, Kolonel Infanteri Febriel Buyung Sikumbang menuturkan, materi latihan dibagi dalam 3 tahap. Pertama, tahap basis yang berlangsung selama 8 minggu di Sidodadi, Malang, serta dua kali tahap latihan tempur yang berlangsung di Kompleks Taji dan Pantai Tamban, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

“Materi basis meliputi materi yang mengupas taktik dan teknik pertempuran. Sesi ke dua di medan gunung dan hutan untuk mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari dalam tahap basis. Tahap terakhir yang juga pengaplikasian tahap basis dilakukan di daerah rawa dan pantai,” kata Febriel kepada wartawan di lokasi usai upacara penutupan latihan pembentukan Pasukan Udara (Para) Raider di Pantai Tamban, Minggu (13/9/2015).

Kerasnya latihan tempur itu semata-mata untuk meningkatkan kemampuan operasional personel Yonif Linud 503 Mayangkara. Jika sebelumnya memiliki spesifikasi operasional tempur segala medan dan cuaca, kini batalyon yang bermarkas di Mojokerto itu memiliki kemampuan khusus, yakni penyergapan musuh dan penyelamatan sandera dari tangan pelaku teror.

Sebanyak 285 personel Brigade Infanteri (Brigif) 18 Trisula dilibatkan dalam latihan kali ini sebagai pelatih dan pendukung. Dengan berakhirnya latihan tersebut, maka nama Yonif Linud 503 Mayangkara kini menjadi Yonif Para Raider 503 Mayangkara.

Sementara itu Komandan Yonif Para Raider 503 Mayangkara, Letkol Infanteri Andre Julian yang terlibat langsung saat latihan mengungkapkan, kendala berat yang dialami selama latihan adalah pertahanan fisik terhadap kondisi medan yang tergolong sangat ekstrem.

Selain itu, seluruh peserta juga harus mampu bertahan hidup selama 3 hari di rawa bakau dan hutan belantara tanpa bekal makanan dan minuman sedikit pun.

“Latihan survival itu kemampuan kami untuk bertahan saat tidak bisa keluar untuk mendapatkan makanan. Ada dua lokasi, pertama di hutan dan gunung, yang ke dua di rawa pantai. Jadi kami makan apa adanya di tempat itu,” ungkapnya.

Meski terasa berat, Danyon 503 bersyukur kini kemampuan tempur anggotanya di Yonif Para Raider 503 Mayangkara meningkat.

“Dari segi fisik, taktik, kemampuan kami bertambah. Kami bisa ditugaskan dimana saja di Indonesia dan dalam bentuk tugas apa saja, termasuk melawan terorisme,” ujarnya.

Penutupan latihan pembentukan Yonif Para Raider 503 Mayangkara diakhiri dengan simulasi penyelamatan sandera dari tangan teroris. Batalyon ini merupakan satuan pasukan tempur di bawah Brigif 18 Trisula. Sementara Brigif 18 sendiri di bawah kendali Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Dalam atraksi pamungkasnya, Para Raider mampu menyergap teroris dan menyelamatkan sandera yakni Bupati Pasuruan. Tak hanya itu, Yonif Para Raider dalam waktu dekat bakal berganti baret warna merah maron ini berhasil menghancur markas teroris yang berada di pesisir Pantai Tamban. Hanya hitungan detik, banguan tempat Bupati Pasuruan disekap, berhasil diledakkan dengan bom. (uje)

http://www.realita.co/index.php?news=Pasukan-Para-Raider-Mampu-Bertahan-Hidup-di-Hutan-84-Hari~3b1ca0a43b79bdfd9f9305b81298296222677ddafad982eff1393a634f12d2c0

Advertisements

March 11, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: