Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Iuran BPJS Naik Rp 80 Ribu

JAKARTA (BP) – Pemerintah akan menaikkan iuran peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai 1 April mendatang. Kenaikan ini berlaku untuk peserta dari pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja.

Rinciannya, iuran peserta mandiri dengan pelayanan kelas III naik dari Rp 25.500 menjadi Rp 30.000 per orang/bulan. Sedang peserta kelas II harus membayar Rp 8.500 lebih besar dari iuran sebelumnya, yakni dari Rp 42.500 menjadi Rp 51.000 per orang/bulan.

Berbeda dengan dua kelas lainnya, kenaikan iuran untuk peserta mandiri dengan pelayanan kelas I jauh lebih mahal. Peserta harus membayar sebesar Rp 80.000 per orang/bulan dari iuran sebelumnya Rp 59.500 per orang/bulan. Perubahan ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Kedua Atas Perpres nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

”Selain peserta mandiri, besaran iuran PBI (penerima bantuan iuran) juga naik menjadi Rp 23.000 per orang/bulan. Sudah berlaku sejak Januari,” tutur Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Irfan Humaidi, Jumat (11/3/2016).

Selain perubahan besaran iuran peserta mandiri dan PBI, dalam Perpres yang diundangkan pada 1 Maret 2016 ini juga memuat adanya perubahan komposisi iuran bagi peserta pekerja penerima upah (PPU), yang meliputi aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, serta pegawai pemerintah non-ASN.

Hal itu tercantum dalam pasal 16B ayat 2. Iuran mereka dibayarkan dengan komposisi 2 persen oleh pekerja dan 3 persen oleh pengusaha. Sebelumnya, komposisi pembayaran 1:4, untuk 1 persen pekerja dan 4 persen pemberi kerja.

”Non PNS komposisi masih sama, 1 persen pekerja dan sisanya pemberi kerja,” papar Irfan. (mia/agm/jpgrup)

March 13, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: