Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

SMP IT Nurul Muhajirin Batam Kembangkan Kemampuan

Gelar Outbound Training di Palm Spring Nongsa

Oleh SUPRIZAL TANJUNG, Batam

SEKOLAH Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Nurul Muhajirin melaksanakan Outbound Training di Palm Spring Nongsa, Batam, Sabtu (12/3/2016) mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Kegiatan bertema Building Islamic Leadership Character Through a Solid Teamwork itu diikuti 326 peserta.

‘’Mereka terdiri dari seluruh siswa, guru, pengurus yayasan, komite sekolah,’’ sebut Ketua Panitia, Andi Indra SE,  dan Noftiana SPd.I, Minggu di Batamkota (13/3/2016).

Kepala SMP IT Nurul Muhajirin, Masykur Usman Piri menambahkan, outbound training  adalah bentuk pembelajaran prilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka. Siswa dikembangkan kemampuannya.

Semua dilakukan dengan pendekatan unik dan sederhana tetapi efektif. Pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada hal-hal mendasar dalam kehidupan sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan, serta sikap proaktif dan komunikatif.

Masykur menyebutkan, adapun jenis kegiatan antara lain: sarung berantai, dragon ball, rel kereta api, merayap di atas tali, belalang, jembatan titian, menjinakkan bom, tali kusut, jaring laba-laba, jebakan ranjau, estapet karet, pesan berantai, karapan sapi, dan air  bridge.

Disebutkan Masykur, alam yang kaya menyediakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis digali. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya. Alam juga menjadi tempat bermain mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Outbound kata Masykur, merupakan program tahunan SMP IT Nurul Muhajirin. Itu  merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Siswa yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental.

Hal ini akan terus membekas dan menjadi pengalaman siswa dalam menghadapi tantangan lebih nyata. Utamanya dalam persaingan di tengah masyarakat.

Masykur mengatakan, outbound ini bertujuan menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung serta memotivasi dalam sebuah kelompok. Juga mengembangkan kemampuan apresiasi atau kraetivitas, serta penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok.

Peserta dipupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empatinya. Hal itu  merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Semua itu diterjemahkan melalui simulasi permainan dan akan memberikan pengalaman langsung kepada peserta pelatihan. ***

March 14, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: