Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

HM Sani: Bangun Batam Lebih Maju

Pesan Gubernur Kepri untuk Rudi-Amsakar

TANJUNGPINANG (BP) – Gubernur Provinsi Kepri Muhammad Sani melantik Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam periode 2016-2021, Senin (14/3/2016) siang di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Sani berpesan agar Rudi-Amsakar bekerja keras membangun Batam lebih maju.

”Adinda-adinda mesti selalu berpikir yang terbaik untuk membawa Kota Batam semakin berkembang di waktu hadapan,” kata Sani.

Jabatan, sambung Sani, bukan sesuatu yang sekadar dibangga-banggakan. Melainkan merupakan sarana untuk bekerja, mengabdi terhadap pembangunan negeri.

Sebab itu, kepada Rudi-Amsakar, Sani meminta mereka untuk tidak segan-segan berintrospeksi diri. Tanpa introspeksi, sulit untuk menjadi pejabat yang baik.

”Wewenang menjadi peranan. Ini juga penting agar keberadaan kita bisa berperan dalam setiap jenis pembangunan,” pesan Sani.

Tak lupa pula, Sani mengingatkan agar Rudi maupun Amsakar meningkatkan koordinasi lintas batas, baik itu dengan Pemprov Kepri maupun pemerintah daerah lain. Menurut Sani, koordinasi dan saling komunikasi adalah perangkat yang bisa membentuk kerja sama lebih andal dalam menyongsong pembangunan di masa yang akan datan.

”Dengan berkoordinasi, segala yang pada mulanya terlihat berat, bisa lebih ringan bila dikerjakan bersama-sama,” ucapnya.

Sementara Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berjanji akan menjalankan seluruh amanat yang disampaikan Sani, kemarin. Bersama wakilnya, Amsakar Achmad, dia berkomitmen menjadikan Batam lebih baik dalam berbagai sektornya.

Bagi Rudi, membangun Kota Batam adalah memajukan tiga sektor utama. Pertama, adalah membangun sumber daya manusianya dan birokrasi pemerintahannya. Kedua, membangun infrastrkuktur yang lebih maju sekaligus memadai, terlebih Batam sebagai kota industri.

”Dan ketiga adalah membangun sektor ekonominya. Kalau tiga hal ini bisa selaras dan berjalan baik, saya yakin Batam juga sedang menuju ke arah yang lebih baik,” kata Rudi.

Dalam kurun satu periode masa jabatan, Rudi optimistis segala hal yang dicita-citakannya bisa tercapai. Mengingat, ia turut membahas dan sudah memahami betul Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Batam selama masih menjadi wakil wali kota. ”Sekarang ini tinggal melanjutkan saja. Apa yang sudah tertata dengan baik, diupayakan menjadi lebih baik,” ucapnya.

Jangan Ada Dusta

Disinggung mengenai sistem kerja, Rudi menegaskan dia dan wakilnya, Amsakar Achmad, akan saling melengkapi. Kata dia, wakil wali kota juga memiliki peran yang sama besar dalam proses pengambilan kebijakan untuk kota ini.

”Sistem di Pemko Batam ada perubahan,” kata Rudi saat serah terima jabatan dengan wali kota sebelumnya, Ahmad Dahlan, di Kantor Wali Kota Batam, tadi malam (14/3).

”Ke depan harus sama-sama tahu. Tidak ada dusta,” imbuhnya.

Namun Rudi buru-buru membantah jika pernyataan tersebut untuk menyindir wali kota sebelumnya.

”Bukan berarti sebelumnya tak seperti ini,” katanya, kemudian.

Sehingga ketika Wali Kota ada halangan, wakilnya bisa mengetahui seluruh persoalan pemerintahan.
Dalam kesempatan itu, Rudi mengaku akan langsung bergabung dengan struktur Dewan Kawasan Perdagangn dan Pelabuhan Bebas (DK) Batam. Akan menyampaikan aspirasi serta harapan pemerintah daerah.

”Kita harus tahu perkembangannnya,” ungkap Rudi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, pihaknya akan menyesuikan dengan tipe kepemimpinan Rudi.

”Saya menyukai gaya kepemimpinan Wali Kota (Rudi, red), selalu ada tantangan-tantangan baru,” katanya.

Wakil Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang menyaksikan sertijab tadi malam meminta Rudi-Amsakar bekerja profesional untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, mantan Bupati Karimun ini berpesan kepada keduanya agar tidak begitu saja menerima laporan dari anak buahnya. Harus dicek langsung kebenarannya. ”Jangan menerima laporan di bawah meja. Laporan kadang lain dengan kenyataan,” pesannya. (aya/hgt)

March 15, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: