Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Trans Batam Harus Diperkuat

Perbaikan Transportasi Umum Dapat Kurangi Kemacetan

BATAMKOTA (BP) –  Perbaikan dan penataan moda transportasi umum dipercaya dapat mengurangi angka kemacetan di jalan raya. Untuk itu, angkutan seperti Trans Batam perlu perkuat dan diperbanyak armadanya.

”(Trans Batam) tempat duduk nyaman, ada AC (air conditioner), serta asuransi keselamatan penumpang,” kata Kasi Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Andri Kurniawan kepada Batam Pos, Rabu (16/3/2016).

Andri menyebutkan, Trans Batam lebih teratur dan terjadwal dibandingkan angkutan lain. Berada di pangkalan atau halte setiap 15 hingga 30 menit sekali.

”Tak sembarangan mengangkut atau menurunkan penumpang, hanya di halte saja,” ujar pria yang kini menempuh S2 Transportasi Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur.

Karena itu, kata dia, keberadaannya tak perlu dipermasalahkan oleh pengusaha atau sopir angkutan lainnya karena sasarannya beda. Menurutnya, keberadaan Trans Batam harus dioptimalkan agar masyarakat sebagai pengguna transportasi umum memiliki pilihan.

”Angkutan yang ada bisa berkompetisi menuju angkutan yang lebih baik. Sehingga masyarakat diuntungkan,” tuturnya.  

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Djoko Mulyono meminta Dinas Perhubungan (Dishub) menata sistem transportasi di Kota Batam. Bukan hanya Trans Batam saja yang dilakukan pembenahan, angkutan yang lain juga dibenahi. Sehingga tertata dengan baik.

Izin maupun trayeknya diperiksa ulang, apakah memenuhi persyaratan atau tidak. Diatur jeda waktu angkut serta jumlah setiap jurusan.

”Angkutan yang lain bisa seperti Trans Batam, terjadwal, nyaman, serta aman,” sebut Djoko.
Dapat 45 Bus Baru

Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menerima 45 bus lagi dari pemerintah pusat. Namun bus hibah tersebut bersyarat karena Pemko Batam harus mampu menyediakan dana pendamping yang akan digunakan sebagai biaya operasional.

”Mei nanti, 15 bus besar akan datang,” kata Kepala Dishub Kota Batam, Zulhendri di Kantor Wali Kota Batam, kemarin (16/3).

Dia menyebutkan, satu unit bus besar yang akan datang Mei nanti ditaksir harganya Rp 1,2 miliar. Kedatangannya diperkirakan akan mampu memenuhi ekspektasi masyarakat Batam untuk mendapatkan fasilitas transportasi massal yang diidam-idamkan sejak lama.

Sayangnya, Pemko Batam kelihatannya belum akan mengoperasikan semuanya.

”(Biaya) Operasionalnya besar, sehingga tak semuanya bisa beroperasi dulu,” ujar Zulhendri.
Selain dapat bus baru, Dishub Batam membuka rute baru, yakni Tanjungpiayu-Batamcenter dan Batamcenter-Jodoh dengan jam operasional mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

”Rute Tanjungpiayu-Batamcenter akan mulai sekitar Mei nanti,” ujarnya lagi. (hgt/leo)

March 17, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: