Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Tinggi, Animo Sayembara Cerpen Jembia

BATAMKOTA (BP) – Sejak dibuka hari Minggu (13/3/2016) lalu, animo masyarakat mengikuti Sayembara Cerpen “Rajawali Terbang Tinggi” apresiatif sekali. Yayasan Jembia Emas, selaku penyelenggara, tak menyangka minat publik sastra demikian tinggi.

Hingga siang kemarin, kata Ketua Yayasan Jembia, Ramon Damora, sudah 17 naskah cerita pendek yang masuk. Pengirimnya beragam, mulai mahasiswa, pegawai dinas kebudayaan di salah satu kabupaten di Kepri, wiraswasta, dan ragam profesi lainnya.

”Periode lomba masih panjang. Tapi catatan kami untuk belasan naskah yang sudah masuk, walau sayembara baru dibuka, adalah target pertama lomba ini tercapai, yakni meningkatkan gairah literasi masyarakat. Terimakasih sekali lagi pada Bang Yudi Saputra dari Garda Nusantara,” ujar Deputi Riau Pos Grup (RPG) Divre Batam ini, Kamis (17/3/2016).

Ramon menambahkan, inti dari sayembara ini adalah merangsang akal-budi masyarakat untuk urun-rembung memberi solusi terhadap dinamika kotanya melalui literasi. Literasi adalah menulis dan membaca, karya-karya sastra.

Tak banyak orang yang peduli menempuh jalur kultural demi menyelesaikan problematika perkotaan. Semua pihak ramai-ramai menawarkan “kekerasan”, dalam berbagai dimensi, ya politik, ya kekuasaan, dan seterusnya. Seolah hanya cara-cara seperti ini yang dapat mewujudkan kenyamanan sebuah kota.

Nah, saat krisis literasi ini sudah seperti puncak gunung es, kata Ramon, ada organisasi yang tak dijemput-undang, malah menawarkan diri membantu Yayasan Jembia menyemarakkan semangat literasi ini. Garda Nusantara, nama organisasi itu. Nakhodanya Yudi Saputra, anak watan Kepri yang selama ini dikenal luas sebagai profil tokoh pemuda yang peduli peradaban negeri.

”Cuma perbincangan singkat antara saya dan beliau, namun kepedulian yang sama memperlancar segalanya. Dari diskusi ini pula, kami sepakat, sayembara literasi menulis prosa ini kami hajatkan sebagai infak pemikiran di sela polemik hangat yang sedang terjadi di tubuh BP Batam. Semoga berdaya guna,” papar sastrawan yang baru pulang dari perjalanan budaya ke Perancis dan Belanda ini.

Di tempat terpisah, Ketua DPD Garda Nusantara Kepri, Yudi Saputra, mengatakan, suatu kehormatan bagi dirinya diajak Yayasan Jembia Emas dalam kemitraan seni dan budaya. Tak ada alasan, tegas Yudi, menolak jemputan menyelenggarakan semua kegiatan berorientasi budaya. Apalagi si empunya hajatan adalah Yayasan Jembia Emas, yayasan kebudayaan milik Riau Pos Grup Divisi Batam.

”Pembina Jembia adalah Ayahanda Datuk Sri Lela Budaya Rida K Liamsi. Orangtua kita, anak-anak muda Melayu seperti saya. Ketua yayasannya Ramon Damora yang sudah seperti adik sendiri, Batam Pos Grup merupakan sejarah, pancang marwah Kepri, harus disupport,” urai mantan anggota DPRD Batam ini. Sayembara Cerpen “Rajawali Terbang Tinggi”

Syarat Sayembara

Sayembara cerpen “Rajawali Terbang Tinggi” terbuka untuk umum dan memperebutkan total hadiah belasan juta rupiah. Adapun tema cerpen “Rajawali Terbang Tinggi”. Cerpen yang diikutkan lomba merupakan karya asli penulis, bukan terjemahan, bukan saduran dan belum pernah dipublikasikan serta diikutsertakan dalam lomba sejenis.

Peserta sayembara cerpen dapat mengirimkan karya lebih dari satu, dan karya paling lambat diterima oleh panitia pada 18 Juli 2016 cap pos. Jembia akan menerbitkan karya-karya yang dinilai layak, setiap minggunya di halaman Jembia Batam Pos, mulai 20 Maret 2016 mendatang.

Jadi, bagi peserta yang ingin karyanya dimuat, sesegera mungkin mengirimkan cerpen sesuai tema ke email: jembia@batampos.co.id.

”Jembia juga akan membukukan karya yang dianggap menarik, dan masing-masing penulis yang karyanya dibukukan akan mendapatkan dua eksamplar buku tersebut,” ungkap Ramon. (mta)

March 18, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: