Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Palindo Marine Bangun Lima Kapal Kemenhub

Anggaran Rp 618 M, Dikerjakan 22 Bulan

BATAM (BP) – Industri galangan kapal Batam kembali dipercaya untuk pembuatan kapal operasional pemerintah. Kali ini PT Palindo Marine di Seilekop, Sagulung, Batam yang mendapatkan proyek lima kapal navigasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Proyek pembangunan lima kapal itu terbagi dalam dua paket. Yakni paket A terdiri dari tiga unit kapal dan paket B untuk dua unit lainnya. Proyek ini menelan anggaran sebesar Rp 618,25 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub, Umar Aris, mengatakan kontrak kerja sama pembangunan proyek kapal kenavigasian itu telah disepakati di Jakarta pada tanggal 22 Februari lalu. Kemudian kontrak kerja sama ini ditindaklanjuti dengan peletakan lunas (Keel Laying) pembangunan kapal-kapal tersebut di PT Palindo Marine, Jumat (18/3/2016).

”Langkah awal ditandai mulainya pembangunan untuk penyelesaian fisik kapal-kapal proyek ini,” ujar Umar di kawasan PT Palindo Marine, kemarin.

Umar mengatakan, proyek pengadaan kapal dari Kemenhub tahun anggaran 2016/2017 ini menggunakan alokasi dana APBN.

Lima kapal tersebut rencananya akan memperkuat sistem pengawasan kenavigasian di wilayah perairan Indonesia.

Saat ini kapal kenavigasian di Indonesia baru 63 unit dari target ideal 120 unit. Itupun, 63 unit itu, ada yang usianya sudah mencapai 40 tahun. Untuk itu, tahun 2016/2017 ini Kemenhub berencana menambah 20 kapal navigasi.

”Lima unit (tahap III) diantaranya dibangun di sini (PT Palindo Marine, red),” kata Umar.

Lima unit kapal yang dibangun PT Palindo Marine ini, rencananya akan ditempatkan di perairan Palembang, Merauke, Ambon, Surabaya, dan Benoa. ”Umumnya akan ditempatkan di wilayah Timur, karena di sana masih kurang,” jelasnya.

Kapal ini memiliki peran yang penting sebab selain mendukung keselamatan pelayaran di Indonesia juga melaksanakan fungsi distribusi ke seluruh wilayah perairan Indonesia.

Sehingga Umar sangat berharap agar pihak Palindo Batam mengerjakan kapal-kapal tersebut sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati bersama. ”Jangan sampai kapal pengawas ini malah diawasi nantinya (karena kualitas dan hasilnya kurang bagus),” tegas Umar.

Umar juga berharap agar proyek pengerjaan kapal tersebut bisa diselesaikan tepat waktu sesuai dengan perjanjian kontrak selama 22 bulan. ”Kami berharap agar proyek ini tepat mutu, tepat waktu dan tepat kualitas.”

Sementara itu Direktur PT Palindo Marine, Charles, menjamin kualitas kapal yang dikerjakan PT Palindo sesuai spesifikasi yang ditentukan.

Spesifikasi kapal-kapal yang dikerjakan itu diantaranya memiliki panjang 60 meter, lebar 12 meter, panjang perpendicular 54 meter, tinggi 3,5 meter, sarat max 3,5 meter, Vs 100 persen MCR 15 knot dengan jarak jelajah kapal 4.000 nautical mile.

”Waktu pengerjaannya 22 bulan,” kata Charles.

PT Palindo sendiri, lanjut Charlses, berkomitmen untuk melakukan yang terbaik atas kepercayaan pemerintah tersebut.

”Sudah banyak (kapal) pesanan pemerintah yang sudah kami kerjakan dan semuanya berjalan dengan baik,” ujar Charles.

Charles berharap pemerintah terus percaya dengan Palindo Marine sebagai perusahaan galangan kapal lokal untuk proyek pengadaan kapal serupa.

Turut hadir dalam acara Keel Laying tersebut, direktur utama PT Palindo Marine, Harmanto, Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno, Kadishub Kepri Muramis, Kabiro Perencanaan Kemenhub, Kabiro Keuangan Kemenhub, Kabiro Hukum Kemenhub, dan tamu undangan lainnya. (eja)

March 20, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: