Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Barack Obama Cetak Sejarah Baru

HAVANA (BP) – Barack Obama telah menorehkan sejarah dengan menginjakkan kaki di Havana, Kuba. Setelah 88 tahun lamanya, inilah kunjungan resmi Presiden Amerika Serikat ke Kuba.

Obama datang bersama dengan istrinya Michelle serta dua putrinya Malia dan Sasha. Dia juga ditemani oleh 39 anggota Kongres.

Presiden ke 44 Amerika Serikat (AS) ini rencananya akan bertemu dengan Presiden Kuba Raul Castro dalam acara makan malam kepresidenan sebelum membicarakan masalah reformasi politik dan perdagangan.

Ini akan menjadi pertemuan resmi ketiga antara Obama dan Raul Castro. Dalam jadwal kunjungannya, Obama tidak akan bertemu dengan pemimpin revolusi Kuba Fidel Castro. Aura kegembiraan terasa di Kuba bahkan beberapa hari sebelum Obama datang.

Obama sendiri tampaknya berusaha membuat kesan positif dengan membuat warga Kuba tertawa bahkan sebelum dia menginjakkan kaki di negara tersebut. Jumat (17/3/2016) lalu komedian ternama di Kuba Luis Silva membuat sketsa komedi bersama Obama.

Dalam sketsa tersebut, komedian yang memiliki nama panggung Panfilo ini berulang kali berusaha menghubungi Gedung Putih namun gagal.

Panfilo akhirnya menelepon stasiun prakiraan cuaca untuk mengetahui kondisi cuaca untuk hari ini saat pertandingan bisbol antara tim nasional Kuba dan Tampa Bay Rays digelar. Obama sendiri dijadwalkan untuk ambil bagian dalam pertandingan ini. Tidak disangka, telepon tersebut malah menyambung ke Ruang Oval dan dijawab sendiri oleh Obama.

’’Ya Tuhan, saya berbicara dengan Obama,’’ ujar Panfilo. Obama menjawab bahwa dia benar-benar Obama yang asli. Silva pun menimpali bahwa dia juga Panfilo yang asli.

Acara ini sejatinya bakal ditayangkan kemarin (21/3) malam. Namun Gedung Putih telah merilis video tersebut pada Sabtu (19/3) malam. Penduduk Kuba sendiri telah melihat siaran ini di stasiun televisi Venezuela yang diputar di Havana. Kunjungan pertama Obama di Kuba sendiri dimulai dengan mengunjungi kedutaaan besar AS di Havana yang baru dibuka kembali Agustus tahun lalu.

’’Sangat menyenangkan bisa berada di sini. Unutk kali pertama, pesawat Air Force One mendarat di Kuba dan ini adalah pemberhentian pertama kami (sebelum mengunjungi negara-negara Amerika Latin Red),’’ ujar Obama.

Dia lantas berkeliling ke kota tua Havana dengan keluarganya. Rombongan diguyur dengan hujan gerimis sebelum mengunjungi katedral nasional Kuba. Tidak seperti biasanya, pusat kota yang biasanya ramai tampak lengang. Salah seorang penduduk yang meneriakkan agar embargo dicabut dibalas dengan lambaian tangan oleh Obama.

Masalah embargo ini memang menjadi poin penting dalam kunjungan Obama ini. Sebab hingga detik ini AS belum mencabut selurunya embargo terhadap Kuba yang telah berlangsung selama 54 tahun tersebut. Kunjungan Obama ke Kuba sendiri menuai pro dan kontra di AS.

Penduduk AS yang tidak setuju dengan kunjungan ini menilai bahwa pelanggaran HAM masih berlangsung di Kuba. Salah satu yang mengkritik Obama adalah Senator New Jersey Bob Menendez.

’’Dibutuhkan seorang setan untuk membuat kesepakatan dengan setan,’’ ujar Menendez.

Kritikan serupa juga dilontarkan oleh kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump. Taipan AS ini menuding Kuba tidak menghormati AS karena Raul Castro tidak menyambut kedatangan Obama di bandara. Beberapa lainnya menuding Obama hanya sekedar jalan-jalan ke Kuba.

Obama sendiri sebelum kedatangannya menegaskan bahwa dia akan menemui orang-orang yang berseberangan secara politik dengan pemerintah Kuba. Sekitar 200 pengunjuk rasa yang menentang pemerintah ditahan sehari sebelum kedatangan Obama. Orang nomer satu di AS ini sendiri dijadwalkan bertemu dengan mereka hari ini. (Reuters/AFP/BBC/The Guardian/sha)

March 22, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: