Suprizal Tanjung's Surau

Berdoa Bekerja & Berguna untuk Semua

Belum Bergaji Rp 3 Juta, Tak Perlu Urus NPWP

BATAMKOTA (BP) – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batam Selatan menemukan banyak wajib pajak (WP) yang sebenarnya belum perlu memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Inilah yang justru membebani negara.

”Data wajib pajaknya ada tapi dia tak pernah memberikan laporan tahunan. Tercatatnya itu kan berarti potensialnya besar padahal sebenarnya tidak ada,” kata Kepala KPP Pratama Batam Selatan, Gunung Herminto Siswatono, ketika berkunjung ke Kantor Redaksi Batam Pos, Selasa (22/3/2016).

Ini yang membuat target capaian pajak ikut melambung setiap tahunnya. Tahun ini, KPP Pratama Batam Selatan mendapat target sebesar Rp 1,018 triliun. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang sebesar Rp 818 miliar.

”Kemarin capaian kami Rp 688 miliar, masih kurang memang. Tapi tahun ini saya tetap optimis tercapai,” ujarnya.

Banyaknya masyarakat yang mendaftar meski belum perlu itu terjadi lantaran munculnya persyaratan pada saat melamar pekerjaan. Salah satu syarat itu calon pelamar wajib memiliki NPWP.

Padahal, orang yang belum bekerja, sejatinya, tidak perlu membuat NPWP. Sebab, ia belum memiliki penghasilan. Syarat wajib pajak adalah jika penghasilannya di atas Rp 3 juta.

”Nah, demi mendapatkan NPWP itulah, mereka mengisi kolom penghasilan itu dengan nilai di atas Rp 3 juta. Ini yang sulit terpantau oleh kami,” tutur Gunung lagi.

Selain itu, pembukaan rekening di beberapa bank juga mensyaratkan adanya NPWP. Padahal, belum tentu mereka yang hendak membuka rekening berpenghasilan di atas Rp 3 juta.

”Kami sudah menyurati semua bank di Batam ini tapi, ya begitu, masih ada saja yang memunculkan syarat NPWP,” katanya.

Gunung, namun demikian, belum memerinci jumlah wajib pajak yang sebenarnya belum perlu membuat NPWP di wilayah KPP Pratama Batam Selatan. Saat ini, pihaknya tengah melakukan verifikasi.

Jika ditemukan, KPP Pratama Batam Selatan akan mengirimkan surat konfirmasi. Jika memang penghasilannya kurang dari syarat, KPP Pratama Batam akan menutup akunnya.

”Nah, kejadiannya di lapangan, seringkali ketika kami mengirimkan surat konfirmasi, ia datang ke kantor dan menyatakan telah bergaji Rp 5 juta. Yang begini ini yang membuat kami butuh waktu untuk verifikasi,” katanya lagi.

KPP Pratama Batam Selatan memiliki lebih dari 280 ribu wajib pajak. Baik itu dari kategori badan, bendahara, dan orang pribadi. Dua ratus ribu di antaranya merupakan wajib pajak orang pribadi.

”Jumlah wajib pajak yang belum perlu mendaftar NPWP itu masuk di dalam 200 ribu WP orang pribadi tersebut,” ujarnya. (ceu)

March 23, 2016 - Posted by | Minangkabau Pagaruyung Sumbar

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: